Sejarah fakultas

Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan didirikan berdasarkan SK Rektor Universitas Halu Oleo No. 675/UN/SK/KP/2012 Tanggal 7 Desember 2012. Pendirian Fakultas Kehutanan didasarkan pada kebutuhan Sarjana Kehutanan di Provinsi Sulawesi Tenggara yang sejalan dengan upaya-upaya pemerintah dalam melestarikan sumberdaya hutan. Fakultas Kehutanan pada awalnya merupakan bagian dari Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo berupa Program Studi Manajemen Hutan yang berdiri pada Tahun 2004 berdasarkan SK Dirjen DIKTI Nomor: 3011/D/T/2004, sekaligus merupakan embrio dari Fakultas Kehutanan Universitas Halu Oleo. Pada Tahun 2007 Program Studi Manajemen Hutan Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo terakreditasi C, melalui SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor: 017/BAN-PT/Ak-X/S1/2007. Program Studi Manajemen Hutan berkembang menjadi Jurusan Kehutanan Internal berdasarkan SK Rektor  tertanggal 22 Januari 2009 No: 06/H29/SK/PP/2009. Terbentuknya Jurusan Kehutanan pada saat itu diikuti dengan pembukaan 4 (empat) konsentrasi yaitu konsentrasi Manajemen Hutan, Budidaya Hutan, Konservasi Sumberdaya Hutan, dan Teknologi Hasil Hutan.

Pada tanggal 1 Agustus 2013 dibentuk Program Studi Ilmu Lingkungan sesuai dengan SK Rektor Nomor 907/UN29/SK/KP/2013 sebagai salah satu prodi di Jurusan Kehutanan Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan.

Sampai dengan saat ini, Fakultas Kehutanan mempunyai 2 (dua) Jurusan yaitu Jurusan Kehutanan dan Jurusan Ilmu Lingkungan. Jurusan Kehutanan memiliki 1 (satu) program studi yaitu Program Studi Manajemen Hutan dan tiga (3) konsentrasi yaitu konsentrasi Manajemen Hutan, Konsentrasi Budidaya Hutan/Silvikultur, dan Konsentrasi Teknologi Hasil Hutan. Jurusan Ilmu Lingkungan memiliki satu Program Studi yaitu Program Studi Ilmu Lingkungan.

Sejak awal berdirinya, Program Studi Manajemen Hutan dan Jurusan Kehutanan telah mengalami beberapa kali pergantian pimpinan Jurusan dan Program Studi. Jurusan Ilmu Lingkungan sebagai jurusan baru belum pernah mengalami pergantian pimpinan  dimana Ketua Jurusan masih merangkap sebagai Koordinator Program Studi