Fakultas Hukum Universitas Halu Oleo

Sejarah

Untitled-3

Pengembangan Fakultas Hukum telah dirintis sejak penegerian Universitas Halu Oleo. Hal ini terbukti dengan dituangkannya konsep pengembangan Fakultas Hukum dalam Rencana Induk Pengembangan (RIP) Universitas Halu Oleo serta penerimaan/pengangkatan tenaga pengajar yang berkualifikasi pendidikan Sarjana Hukum. Kemudian rencana tersebut dituangkan ke dalam Rumusan Statuta Universitas Halu Oleo yang telah disahkan oieh Menteri Pendidikan dan kebudayaan pada tahun 1992, tentang Pengembangan dan Pembukaan Program Studi, Jurusan dan Fakultas yang Relevan dan sesuai dengan tuntutan kebutuhan masyarakat dan lapangan kerja.

Berdasarkan Rancangan Induk Pengembangan dan Statuta tersebut maka pada tanggal 19 Agustus 1999 Rektor Universitas Haluoleo mengajukan proposal permohonan (usulan) pendirian/pembukaan Program Studi S1 Ilmu Hukum kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta.

Sebagai tindak lanjut dan permohonan tersebut pada tanggal 27 Maret 2000 Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasonal Republik Indonesia menerbitkan Surat Keputusan Nomor 73/DIKTI/KEP/2000, tentang pembentukan Program Studi S1 Ilmu Hukum di Universitas Haluoleo.

Berdasarkan Surat Keputusan DIKTI Nomor 73/DIKTI/KEP/2000, maka Program Ilmu Hukum ditempatkan pada Fakultas Ilmu Sosial di Jurusan Sosiologi sebagai penyelenggara pada Tahun Ajaran 2000/2001 telah menerima mahasiswa sebanyak 153 orang melalui seleksi Penerimaan Lokal. Selanjutnya melalui UMPTN, berturut-turut pada Tahun Ajaran 2001/2002 menerima mahasiswa sebanyak 85 orang dan Tahun Ajaran 2002/2003 sebanyak 87 orang.

Setelah penyelenggaraan Program Studi Ilmu Hukum yang berada di bawah naungan Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo sebagai embrio pembentukan/pendirian Fakultas Hukum Universitas Haluoleo, dievaluasi perkembangannya, akhirnya dipandang layak dan memenuhi syarat untuk ditingkatkan statusnya menjadi Fakultas Hukum.

Atas persetujuan Senat Universitas, maka Program Studi Ilmu Hukum ditingkatkan statusnya menjadi Fakultas Hukum Universitas Haluoleo melalui Surat Keputusan Rektor Universitas Haluoleo Nomor 5/SK/J29/KP/2003, tentang pembentukan Fakultas Hukum Universitas Haluoleo, yang ditetapkan di Kendari pada tanggal 2 Januari 2003.

Pada tahap selanjutnya Fakultas Hukum Universitas Haluoleo telah memperoleh status definitif berdasarkan Surat Keputusan Persetujuan Dirjen Dikti Depdiknas No. 762/D/T/2006 Tentang Pembentukan Fakultas Hukum Definitif yang ditetapkan di Jakarta tertanggal 16 Februari 2006.

Setelah perolehan status definitif Fakultas Hukum Unhalu, maka hingga kini Fakultas Hukum UHO telah menampung mahasiswa sebanyak 1377 orang (angkatan yang masih tertampung). Dan alumni sampai saat ini berjumlah kurang lebih 2646 orang. Dan saat ini Fakultas Hukum berstatus Akreditasi B berdasarkan SK BAN PT Nomor 44/SK/BAN-PT/AKred/S/xi/2014.