HI Gelar Seminar Internasional Asia Timur

HI

Jurusan Ilmu Komunikasi, konsentrasi Ilmu Hubungan Internasional, FISIP, UHO kembali menggelar kegiatan tahunan yaitu seminar dengan tema Hubungan Internasional Asia Timur di Hotel Horison,Kendari (Sabtu 23, September 2017).

Seminar tersebut menghadirkan pembicara yaitu Tonny Dian Effendi dari Center for East Asia Studies (CEAS ) Universitas Muhammadiyah Malang, dan Yaudu Salam Adjo, Ketua Komisi IV DPRD Prov. Sulawesi Tenggara.

Pembicara pertama dibawakan oleh Yaudo Salam Adjo membahas mengenai potensi Ekonomi Sulawesi Tenggara khususnya mengenai pertambangan, perikanan, dan pariwisata. Selain itu juga dipaparkan tentang masalah dan tantangan yang hadir seperti daya saing SDM, regulasi yang tumpang tindih, dan perlunya kemitraan yang baik antar dunia Pendidikan Tinggi dalam hal ini Universitas dan Pemerintah Daerah.

Sedangkan pembicara kedua dalam materinya membahas tentang konflik dan kerjasama yang berlangsung antara negara-negara di Asia Timur. Pembicara yang pernah menjadi Ketua Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional (AIHII) Indonesia ini menekankan ketika membahas  Hubungan Internasional di Asia Timur tidak cukup pada aspek menjelaskan (explaining) melaluii perspektif realis maupun liberal, namun juga memahami ( understanding ) melalui konstruktivis. Membahas konflik Laut China Selatan tidak hanya dijelaskan melalui perspektfi realis ataupun liberalis,namun perlu juga memahami Tiongkok sebagai suatu peradaban yang utuh melalui perspektif konstruktivis dengan melihat identitas Tiongkok. Selain itu pembicara juga memberikan informasi mengenai peluang dan prospek bagi mahasiswa Hubungan Internasional baik di bidang Ekonomi, Pendidikan, Sosial dan  kebudayaan di negara-negara Asia Timur.

Seminar ini juga dimeriahkan penampilan atraktif kebudayaan Asia Timur dari mahasiswa Hubungan Internasional. Ketua Koordinator Konsentrasi Ilmu Hubungan Internasional pun mengharapkan agar setiap tahunnya kegiatan – kegiatan seperti ini tetap berlangsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *