Prodi Ilmu Pemerintahan

Visi :

Studi Kepemerintahan Menjadi Program Studi unggulan, modern, profesional dan berbudaya yang berkomitmen mewujudkan good governance dalam pengembangan benua maritim pada tahun 2026.

Unggulan adalah memiliki kualitas dalam pemahaman tentang studi kepemerintahan baik itu pada aspek teori maupun pada aspek praksis sehingga menjadi program studi yang diprioritaskan dan mampu bersaing dengan program studi sebidang baik pada taraf nasional maupun internasional

Modern adalah pengembangan kajian kepemerintahan selalu menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan informasi dan tidak menutup diri dari globalisasi tanpa menghilangkan nilai-nilai kearifan lokal

Profesional adalah selalu berupaya meningkatkan kemampuan, menjunjung tinggi kode etik, memiliki tanggung jawab serta integritas yang tinggi dalam mendorong pengembangan keilmuan dan pengabdian kepada bangsa dan negara.

Berbudaya adalah memiliki kapabilitas tinggi dalam interaksi dan adaptasi sosial, serta menjujung tinggi nilai-nilai luhur yang terkandung dalam budaya bangsa.

Misi :

  1. Mengembangkan pendidikan dan pengajaran studi yang fokus pada kajian pemerintahan daerah, nilai-nilai kearifan lokal, demokratisasi dan good governance.
  2. Menyelenggarakan penelitian, riset dan kajian Ilmu Pemerintahan guna menjadi mitra pemerintah dalam mendukung terwujudnya good governance.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk mewujudkan demokratisasi dan pemberdayaan masyarakat sipil (civil society).
  4. Membangun jaringan dan kemitraan dengn lembaga pemerintahan dan swasta yang berbasis teknologi komunikasi dan informasi (TCI) sehingga secara tidak langsung menjadi pendorong terlaksananya electronic government.
  5. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi keilmuan dan keterampilan pemerintahan yang berakhlak mulia dan peduli terhadap nilai-nilai kearifan lokal.

Tujuan :

  1. Memahami dan Menguasai dasar-dasar ilmiah dan dasar-dasar keterampilan di bidang Pemerintahan.
  2. Mampu menganalisa dan memahami perkembangan wacana terkait masalah pemerintahan yang terjadi baik pada level lokal, nasional dan internasional secara komprehensif, akurat dan berpijak pada nilai-nilai ilmiah
  3. Mampu mengidentifikasi permasalahan di bidang Pemerintahan dan Politik
  4. Menjadi sosok yang adaptif terhadap perkembangan pemerintahan dan solutif terhadap masalah-masalah pemerintahan yang terjadi.
  5. Mewujudkan kehidupan berdemokrasi melalui pemberdayaan masyarakat sipil (civil society).
  6. Memiliki kepekaan dan tanggung jawab etik dalam mengemban amanah sebagai ilmuawan dan praktisi Ilmu Pemerintahan.
  7. Memilki kesiapan dan keberanian untuk terlibat secara langsung dan menjadi aktor-aktor politik dan pemerintahan baik pada tingkat daerah sampai pada tingkat pusat.