Visi dan Misi

Visi

Tahun 2020 menjadi program studi Ilmu Hubungan Internasional yang unggul, berdaya saing global dalam kajian regionalisme, globalisasi, dan maritim demi menghasilkan sumber daya manusia yang responsif, analitis, dan  kompetitif  bagi pembangunan masyarakat maritim.

Misi

  1. Menyelanggarakan pendidikan yang membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang didasarkan pada kajian regionalisme, globalisasi, dan maritim dalam Ilmu Hubungan Internasional.
  2. Melaksanakan penelitian guna menopang pendidikan dan kemajuan ilmu Hubungan Internasional.
  3. Melaksanakan tata kelola program studi melalui sistem manajemen terbuka (open management system) dan akuntabel dalam rangka pelaksanaan kerja yang baik, berkinerja tinggi, efisien dan efektif dalam memberikan layanan prima;
  4. Menjalin kemitraan secara berkesinambungan dengan menerapkan prinsip kesetaraan dan saling percaya.
  5. Menjadi institusi keilmuan yang mampu mengidentifikasi, merumuskan masalah, dan alternatif pemecahan masalah kajian regionalisme, globalisasi, dan maritim
  6. Mengembangkan penelitian berbasis keilmuan hubungan internasional terutama mengenai kajian regionalisme, globalisasi, dan maritim

Tujuan

  1. Mampu mengidentifikasi dan menaganalisis serta memecahkan masalah-masalah internasional terutama berkaitan dengan isu-isu regionalisme, globalisasi, dan maritim
  2. Mampu melaksanakan penelitian dengan menggunakan/menerapkan teori dan metodologi hubungan internasional
  3. Mampu melakukan komunikasi, negosiasi, dan diplomasi termasuk pemahaman proses pembuatan keputusan dalam merundingkan dan membuat kesepakatan serta memiliki kemampuan organisasional dan kepemimpinan.
  4. Memiliki kemampuan manajerial dan kemapuan berwirausaha melalui inovasi, kemandirian dan kreatifitas.

Sasaran

  1. Pengembangan Kurikulum yang inovatif sesuai kebutuhan ilmu dan kerja
  2. Melaksanakan proses pembelajaran untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dibidang Hubungan Internasional terutama pada kajian regionalism, globalisasi, dan maritim
  3. Melaksanakan penelitian ilmiah yang diorientasikan untuk mendukung peningkatan kualitas pembelajaran dalam rangka menghasilkan lulusan memiliki kompetensi dibidang hubungan internasional.
  4. Menyelenggarakan penelitian di bawah topik besar program studi (regionalisme, globalisasi dan maritim) yang dilakukan/diapresiasi/oleh dosen dengan pelibatan mahasiswa guna membentuk dan memperkuat karakter keilmuwan/kompetensi.
  5. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berdaya guna dalam membangun karakter mahasiswa yang memiliki kompetensi dibidang hubungan internasional.
  6. Melaksanakan praktek kerja lapang secara profesional bagi mahasiswa agar mampu membangun kesadaran bersama agar mahasiswa memiliki kompetensi di bidang hubungan internasional.
  7. Menyelenggarakan dan mengikuti seminar regional, nasional, internasional secara rutin bagi dosen dan mahasiswa sebagai pendukung kompetensi di bidang hubungan internasional.
  8. Menyelenggarakan kerjasama baik ditingkat lokal, regional dan internasional dalam rangka memperkokoh/memperkuat kompetensi hubungan internasional.

Strategi

  1. Melalui pendidikan, pengajaran, penelitian ilmiah dan praktek yang profesional sesuai konsentrasi masing-masing.
  2. Melalui tugas penulisan karya ilmiah pada setiap semester dan tugas akhir studi berupa skripsi
  3. Melalui praktik kerja lapang secara profesional baik di dalam negeri maupun di luar negeri.
  4. Melalui kajian-kajian ilmiah yang dipublikasikan dalam skala nasional.
  5. Melalui pelibatan mahasiswa dalam seminar internasional
  6. Memiliki jaringan kerjasama dengan berbagai institusi ditingkat lokal, nasional, regional dan internasional
  7. Melakukan pertukaran mahasiswa dan dosen pada tingkat internasional
  8. Mengirimkan mahasiswa dan dosen untuk mengikuti seminar internasional.