Visi dan Misi

VISI

“Studi Kepemerintahan Menjadi Program Studi unggulan, modern, profesional dan berbudaya yang berkomitmen mewujudkan good governance dalam pengembangan benua maritim pada tahun 2026”

Unggulan adalah memiliki kualitas dalam pemahaman tentang studi kepemerintahan baik itu pada aspek teori maupun pada aspek praksis sehingga menjadi program studi yang diprioritaskan dan mampu bersaing dengan program studi sebidang baik pada taraf nasional maupun internasional

Modern adalah pengembangan kajian kepemerintahan selalu menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan informasi dan tidak menutup diri dari globalisasi tanpa menghilangkan nilai-nilai kearifan lokal

Profesional adalah selalu berupaya meningkatkan kemampuan, menjunjung tinggi kode etik, memiliki tanggung jawab serta integritas yang tinggi dalam mendorong pengembangan keilmuan dan pengabdian kepada bangsa dan negara.

Berbudaya adalah memiliki kapabilitas tinggi dalam interaksi dan adaptasi sosial, serta menjujung tinggi nilai-nilai luhur yang terkandung dalam budaya bangsa.

MISI

  1. Mengembangkan pendidikan dan pengajaran studi yang fokus pada kajian pemerintahan daerah, nilai-nilai kearifan lokal, demokratisasi dan good governance.
  2. Menyelenggarakan penelitian, riset dan kajian Ilmu Pemerintahan guna menjadi mitra pemerintah dalam mendukung terwujudnya good governance.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk mewujudkan demokratisasi dan pemberdayaan masyarakat sipil (civil society).
  4. Membangun jaringan dan kemitraan dengn lembaga pemerintahan dan swasta yang berbasis teknologi komunikasi dan informasi (TCI) sehingga secara tidak langsung menjadi pendorong terlaksananya electronic government.
  5. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi keilmuan dan keterampilan pemerintahan yang berakhlak mulia dan peduli terhadap nilai-nilai kearifan lokal.

TUJUAN

Tujuan penyelenggaran Studi Kepemerintahan pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo adalah membina dan mempersiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang mampu berperan dan berkontribusi pada peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan yang memiliki kualifikasi:

  1. Memahami dan Menguasai dasar-dasar ilmiah dan dasar-dasar keterampilan di bidang Pemerintahan.
  2. Mampu menganalisa dan memahami perkembangan wacana terkait masalah pemerintahan yang terjadi baik pada level lokal, nasional dan internasional secara komprehensif, akurat dan berpijak pada nilai-nilai ilmiah
  3. Mampu mengidentifikasi permasalahan di bidang Pemerintahan dan Politik
  4. Menjadi sosok yang adaptif terhadap perkembangan pemerintahan dan solutif terhadap masalah-masalah pemerintahan yang terjadi.
  5. Mewujudkan kehidupan berdemokrasi melalui pemberdayaan masyarakat sipil (civil society).
  6. Memiliki kepekaan dan tanggung jawab etik dalam mengemban amanah sebagai ilmuawan dan praktisi Ilmu Pemerintahan.
  7. Memilki kesiapan dan keberanian untuk terlibat secara langsung dan menjadi aktor-aktor politik dan pemerintahan baik pada tingkat daerah sampai pada tingkat pusat.

SASARAN

Sasaran Prodi Studi Kepemerintahan FISIP UHO secara umum adalah sebagai berikut:

Tercapainya standar penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas.

  • Peningkatan IPK Lulusan ≥ 3.50
  • Meningkatkan kemampuan Dosen dan mengembangkan atmosfer akademik yang mendorong kualitas dosen melalui studi S3.

Terwujudnya manajemen Program Studi yang modern dan profesional.2. Tercapainya standar penyelenggaraan penelitian yang berkualitas.

  • Peningkatan Penelitian
  • Peningkatan publikasi hasil penelitian
  • Jumlah publikasi ilmiah pada jurnal nasional

Peningkatan peran serta Program Studi dalam pengabdian pada masyarakat

Terwujudnya kerjasama yang berkesinambungan dalam rangka pengembangan jejaring kerja.

 STRATEGI PENCAPAIAN SASARAN

Upaya yang ditempuh prodi Studi Kepemerintahan dalam mewujudkan tujuan yang hendak dicapai adalah dengan merumuskan kurikulum dan metode perkuliahan yang sinergi dan terfokus dengan tujuan yang ditunjang dengan saran dan prasarana yang memadai. Adapun strategi yang dilakukan adalah sebagai berikut:

Penyelenggaraan layanan akademik Prodi yang bermutu dan berdaya saing. Dalam rangka penyelenggaraan layanan akademik yang bermutu dan berdaya saing maka diupayakan strategi sebagai berikut:

  1. Penyediaan Sarana dan Prasarana penunjang kegiatan akademik yang modern, nyaman dan efisien;
  2. Pengoptimalan penjaminan mutu pelaksanaan perkuliahan yang dapat ditempuh dengan penulisan bahan ajar (perkuliahan) berbasis teknologi, penulisan buku-buku referensi rujukan yang mendukung perkuliahan dan menyiapkan sarana perpustakaan baik itu buku bacaan fisik maupun yang berbentuk digital/ebook.
  3. Pengembangan model-model perkuliahan inovatif yang memperkuat mutu penyelenggaraan perkuliahan dan menerapkan pola pembelajaran yang seimbang antara kemampuan akademik (hard skill) dan kemampuan soft skill
  4. Melibatkan pihak-pihak yang berkompeten, ahli dan berpengalaman dalam penerapan ilmu pemerintahan (praktisi) dalam perkuliahan.
  5. Peningkatan Kapasitas dosen dan tenaga kependidikan bermutu dengan melakukan pemetaan kebutuhan tenaga dosen untuk jangka panjang dan penambahan tenaga dosen baru secara bertahap agar rasio ideal dosen-mahasiswa serta proses alih generasi terjaga secara baik.
  6. Penguatan kompetensi, kualitas dan produktivitas dosen dalam penelitian dan penulisan karya ilmiah dengan melibatkan tenaga pengajar dalam setiap pelatihan atau seminar yang berkaitan dengan kajian studi kepemerintahan dan keikutsertaan pada asosiasi/organisasi kelompok dosen pada kajian studi kepemerintahanan dalam skala regional maupun nasional.

Penyelenggaraan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang Mendukung Inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh tenaga pengajar dengan melibatkan mahasiswa tanpa mengganggu aktivitas perkuliahan dan bekerja sama dengan berbagai pihak baik itu instansi pemerintah, swasta dan organisasi masyarakat.

Membentuk pusat kajian pemerintahan yang secara berkala mampu melaksanakan kegiatan-kegiatan ilmiah dan menjadi mitra pemerintah dalam melakukan analisa dan kajian terhadap wacana dan isu-isu terkait pemerintahan.

Menciptakan atmosfir akademik yang mendukung penguatan kultur akademik yang sehat atas dasar prinsip-prinsip dialogis, komunikatif, egalitarian dan humanis antar dosen dan mahasiswa.

Mendukung aktivitas mahasiswa dalam berbagai kegiatan akademik dan organisasi baik intra maupun ekstra kampus yang mampu membentuk dan memperkuat nilai-nilai keilmuan dan menodorong peran mahasiswa sebagai aktor perubahan sosial.

Melaksanakan praktek lapang/magang pada instansi pemerintahan sehingga mahasiswa mampu mengaplikasikan teori yang didapatkan dalam proses perkuliahan dan memahami secara nyata kondisi pemerintahan yang terjadi.

Membangun jejaring kemitraan yang baik dengan pemerintah pusat dan daerah, pihak swasta dan masyarakat sebagai upaya untuk meningkatkan eksistensi dan kualitas prodi Studi Kepemerintahan FISIP UHO.

Menyusun dan menerapkan Standard Operational Procedure (SOP) dan Manual Operational Procedure (MOP) dalam pelaksanaan program studi sehingga dapat dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap efektivitas, efisiensi, dan kinerja program studi sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.