Sosialisasi Prodi Pendidikan Profesi Guru (PPG)

PPG adalah suatu program pemerintah yang telah disiapkan sejak lama dan rencananya akan direalisasikan mulai tahun 2017 ini. PPG ini berpola semacam pra-jabatan, pesertanya adalah sarjana S1 baik dari jurusan pendidikan maupun non-kependidikan yang relevan dengan kebutuhan sekolah.

Penyelenggara PPG adalah LPTK, yang mana di Universitas Halu Oleo (UHO) diselenggarakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Sistem perkuliahannya berbasis kinerja, bukan semata belajar di kelas. Kompetensi yang diharapkan dapat diperoleh oleh setiap lulusan PPG adalah kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian.

Pada semester pertama berisi kuliah untuk mencapai kompetensi paedagogik dan pendalaman materi keilmuan. Bentuknya adalah workshop, peer teaching dan lokakarya pedagogik, praktikum baik di laboratorium maupun di lapangan. PPG ini akan berlangsung selama satu tahun, satu semester di kampus dan satu semester praktek mengajar (PPL/PTK) di sekolah. Struktur kuriulumnya ada dua yang dibedakan untuk masukan yang kependidikan dan non-kependidikan. Perbedaan antara keduanya adalah pada konteks pedagogik, yang kependidikan ada 4 SKS, yang non-kependidikan 10 SKS. Kelulusan didasarkan berdasarkan nilai kinerja, ujian tulis dan uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikat pendidik.

Jika dianalogikan, PPG ini semacam program koas pada mahasiswa kedokteran.