Sosialisasi Prodi Pendidikan Profesi Guru (PPG)

PPG adalah suatu program pemerintah yang telah disiapkan sejak lama dan rencananya akan direalisasikan mulai tahun 2017 ini. PPG ini berpola semacam pra-jabatan, pesertanya adalah sarjana S1 baik dari jurusan pendidikan maupun non-kependidikan yang relevan dengan kebutuhan sekolah.

Penyelenggara PPG adalah LPTK, yang mana di Universitas Halu Oleo (UHO) diselenggarakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Sistem perkuliahannya berbasis kinerja, bukan semata belajar di kelas. Kompetensi yang diharapkan dapat diperoleh oleh setiap lulusan PPG adalah kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian.

Pada semester pertama berisi kuliah untuk mencapai kompetensi paedagogik dan pendalaman materi keilmuan. Bentuknya adalah workshop, peer teaching dan lokakarya pedagogik, praktikum baik di laboratorium maupun di lapangan. PPG ini akan berlangsung selama satu tahun, satu semester di kampus dan satu semester praktek mengajar (PPL/PTK) di sekolah. Struktur kuriulumnya ada dua yang dibedakan untuk masukan yang kependidikan dan non-kependidikan. Perbedaan antara keduanya adalah pada konteks pedagogik, yang kependidikan ada 4 SKS, yang non-kependidikan 10 SKS. Kelulusan didasarkan berdasarkan nilai kinerja, ujian tulis dan uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikat pendidik.

Jika dianalogikan, PPG ini semacam program koas pada mahasiswa kedokteran.

Pertemuan Sela Forkom Pimpinan FKIP Negeri Se-Indonesia di Unmus

14639822_1491815140835756_3231582666307020538_n

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Halu Oleo (UHO), diwakili oleh Dekan, Wakil Dekan 1 dan 2,  turut serta berpartisipasi dalam Pertemuan Sela Forum Komunikasi Pimpinan FKIP Negeri Se-Indonesia di Universitas Musamus (Unmus) Merauke. Pertemuan tersebut dihadiri oleh 30 orang dekan FKIP dan dibuka oleh bapak Prof. Dr. Sofendi, M.A., Ph.D., yang merupakan Dekan FKIP Universitas Sriwijaya Palembang.

Agenda utama pertemuan sela ini adalah membahas hasil pertemuan di Lombok pada bulan Mei 2016, membicarakan AD/ART Forum Komunikasi (forkom) Dekan ini, pelaksanaan PPG/PLPG dan sayembara logo untuk forum tersebut. Hasil keputusan forkom di Lombok sendiri tadi adalah:

  1. Semua dekan (atau yang mewakili) wajib membawakan kuliah umum sesuai bidangnya di FKIP universitas lain;
  2. Penguatan struktur forkom;
  3. Penguatan journal sharing yang dikelola FKIP agar cepat terakreditasi;
  4. Rekomendasi Kemenristekdikti tentang Pendidikan Profesi Guru (PPG) dan bagi calon mahasiswa baru FKIP untuk mengikuti pelatihan minat dan bakat agar menjadi tenaga-tenaga terampil dan handal;
  5. Jika ingin membuka fakultas yang bergelar S.Pd., tetap bernaung di bawah FKIP;
  6. Iuran keanggotaan;

Pertemuan puncak forkom ini direncanakan berlangsung pada April/Mei 2017 mendatang.

Foto-foto kegiatan ini dapat dilihat pada laman facebook kami.

Jadwal PLPG Subrayon Universitas Halu Oleo

Pendidikan dan Latihan Profesi Guru Subrayon Universitas Halu Oleo dilaksanakan sebanyak empat tahap/periode dengan jadwal sebagai berikut.


Periode 1601

  • Mata pelajaran: Guru Kelas TK (2 kelas), Guru Kelas SD (9 kelas), Ilmu Pengetahuan Sosial (1 kelas), Bahasa Indonesia (1 kelas), Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (1 kelas), serta Bimbingan dan Konseling (1 kelas, hanya di Periode 1601).
  • Waktu pelaksanaan: 24 Oktober s.d. 3 November

Periode 1602

  • Mata pelajaran: Guru Kelas TK (2 kelas), Guru Kelas SD (9 kelas), Ilmu Pengetahuan Alam (1 kelas, hanya di Periode 1602), Kimia (1 kelas, hanya di Periode 1602), Sejarah (1 kelas, hanya di Periode 1602), serta Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (2 kelas).
  • Registrasi: 5 November (pukul 08.30 s.d. 15.00)
  • Waktu pelaksanaan: 6 s.d. 16 November.

Periode 1603

  • Mata pelajaran: Guru Kelas TK (1 kelas), Guru Kelas SD (9 kelas), Ilmu Pengetahuan Sosial (1 kelas), Bahasa Indonesia (2 kelas), Ekonomi (1 kelas, hanya di Periode 1603), serta Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (1 kelas).
  • Registrasi: 18 November (pukul 08.30 s.d. 15.00)
  • Waktu pelaksanaan: 19 s.d. 29 November.

Periode 1604

  • Mata pelajaran: Guru Kelas TK (1 kelas), Guru Kelas SD (8 kelas), Pendidikan Kewarganegaraan (1 kelas), Bahasa Inggris (1 kelas), Matematika (1 kelas), serta Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (1 kelas).
  • Registrasi: 1 Desember (pukul 08.30 s.d. 15.00)
  • Waktu pelaksanaan: 2 s.d. 12 Desember.

Informasi peserta yang dipanggil untuk mengikuti PLPG akan disampaikan selambat-lambatnya seminggu sebelum kegiatan dimulai.

Peserta dianjurkan membawa laptop serta buku-buku penunjang pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran sertifikasi guru.

Waspada Penipuan PLPG

Diharapkan kepada Bapak/Ibu guru peserta Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) pada Subrayon Universitas Halu Oleo untuk TIDAK memercayai oknum yang mengatasnamakan Panitia Sertifikasi Guru (PSG). Modusnya adalah memberikan janji/iming-iming jaminan kelulusan Bapak/Ibu dalam PLPG 2016 asalkan Bapak/Ibu menyetorkan sejumlah dana ke rekening tertentu.

Panitia Sertifikasi Guru Subrayon Universitas Halu Oleo tidak bertanggung jawab jika peserta terjebak dengan janji/iming-iming tersebut.

Semoga Bapak/Ibu sekalian dapat terhindar dari hal-hal yang merugikan. Yakinlah, keberhasilan Bapak/Ibu dalam kegiatan PLPG ini sepenuhnya ditentukan oleh usaha, kerja kerasdan doa dari Bapak/Ibu sendiri.

Semoga sukses.

Pertemuan Instruktur PLPG

DSC_0619

Rapat/pertemuan instruktur Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) tahun 2016 subrayon Universitas Halu Oleo dilaksanakan di D’Blitz Hotel Kendari, 20/10/2016.

Rapat ini dibuka oleh Rektor UHO dan ditutup oleh Dekan FKIP UHO dan dihadiri oleh sekitar 159 orang instruktur yang telah lolos seleksi dan memiliki Nomor Registrasi Instruktur (NRI).

PLPG tahap pertama akan dimulai pada tanggal 24 Oktober 2016 dan akan diikuti oleh guru TK (2 kelas), SD(9 kelas), guru bidang IPS (1 kelas), Bahasa Indonesia (1 kelas), Matematika (1 kelas), PJOK (1 kelas) dan BK (1 kelas).

FKIP UHO Di KONASPI VIII

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UHO menjadi salah satu peserta Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) VIII Tahun 2016 di Jakarta. Konvensi empat tahunan ini berlangsung pada 12-15 Oktober 2016 di Hotel Sahid Jaya, dibuka oleh Wakil Presiden RI Bapak Dr. H.M. Jusuf Kalla, dihadiri oleh perwakilan dari 12 LPTK, 30 FKIP dengan total 1300 peserta dari seluruh Indonesia dan luar negeri.

Tema utama KONASPI VIII adalah “Arah Kebijakan Pendidikan Guru di Indonesia”, yang terbagi dalam 8 sub-tema:

  • Standarisasi Kelembagaan LPTK;
  • Sistem Rekrutmen Mahasiswa LPTK;
  • Sistem Pendidikan Guru Berasrama dan Berikatan Dinas;
  • Kurikulum dan Sistem Pembelajaran LPTK;
  • Standar Mutu dan Profesionalisme Guru;
  • Sistem Pengangkatan dan Distribusi Guru;
  • Standarisasi Pendidikan PAUD dan Dikdasmen;
  • Pendidikan Guru dan Peradaban Bangsa;

KONASPI VIII ini menghasilkan kesepakatan yang tertuang dalam Deklarasi Jakarta.

Sebagai rangkaian kegiatan KONASPI VIII ini diselenggarakan pula launching Perhimpunan Penyelenggara Pendidikan Guru Indonesia (P3GI), dimana Dekan FKIP UHO (Dr. H. Jamiludin, M.Hum.) terpilih menjadi salah satu pengurusnya.