Program Kreativitas Mahasiswa-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) 2018

Program Kreativitas Mahasiswa-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) 2018 :

U2M (UTILIZATION OF UNUSED MATERIALS) PEMANFAATAN LIMBAH HASIL KONSTRUKSI BANGUNAN SEBAGAI BAHAN UTAMA DALAM REHABILITASI TERUMBU KARANG

Program Kreativitas Mahasiswa-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) merupakan program bantuan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni bagi mahasiswa dalam upaya peningkatan nilai tambah masyarakat sasaran dan perbaikan kualitas lingkungan. Beberapa mahasiswa FPIK  UHO yang di ketuai oleh Sofyan Setiawan, melaksanakan PKM-M di Desa Tanjung Tiram, Kec. Moramo Utara, Kab. Konawe Selatan. Kegiatan ini berlangsung mulai bulan Mei sampai Juli 2018. Rehabilitasi terumbu karang menjadi topik utama dalam program  tersebut.

Tim PKM-M mahasiswa FPIK UHO mencoba memanfaatkan limbah yang berasal dari hasil konstruksi bangunan sebagai bahan utama dalam media rehabilitasi terumbu karang. Limbah tersebut  dapat berupa bongkahan beton, batu bata, pecahan keramik lantai, besi cor dan lainnya. Subtrat berbahan keras dan solid sangat baik bagi media penempelanan karang alami maupun dari hasil transplantasi. Penggunaan limbah hasil konstruksi sebagai bahan rehabilitasi karang sesungguhnya merupakan dua langkah bijak sekaligus, yaitu memanfaatkan barang tak berguna/limbah (unused) dan memperbaiki kondisi lingkungan yang telah rusak.

Kegiatan PKM-M ini mendapat apresiasi dari Kepala Desa dan warga setempat. Mereka berharap agar semakin banyak lagi kegiatan seperti ini. Aksi ini dapat memperbaiki kerusakan terumbu karang yang rusak di sekitar perairan laut desa. Dimana terumbu karang disini sebagian besar telah rusak akibat aksi pemboman ikan. “Kalau terumbu karangnya dapat bagus lagi kami yakin ikan disini akan banyak lagi” tanggapan Kepala Desa.

Picture7 Picture8 Picture9 Picture10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *