OSEANOGRAFI

Latar Belakang

Pembukaan Program Studi (Prodi) merupakan salah satu wujud untuk mencapai misi UHO dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam rangka mewujudkan misi tersebut FPIK mengembangkan progran studi baru yang tercantum dalam Renstra FPIK UHO Tahun 2015-2019 dan Renstra serta RIP UHO tahun 2016.

Prodi Oseanografi didirikan di bawah Jurusan Ilmu Kelautan berdasarkan SK Kemenristek Dikti No.331/KPT/2016 Tanggal 13 September 2016. Dengan adanya PS. Oseanografi ini akan berdampak besar pada pengembangan khasanah keilmuan institusi khususnya di bidang kelautan melalui riset-riset oseanografi terapan maupun keilmuan.

VISI PS. OSEANOGRAFI

Pada Tahun 2026 akan menjadi program studi yang unggul di Indonesia Timur dalam pengembangan  Oseanografi di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil

MISI PS. OSEANOGRAFI

  1. Menyelenggarakan dan pengembangan proses belajar mengajar berbasis kompetensi sesuai KKNI.
  2. Menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi (knowledge, skill, and attitude) dibidang Oseanografi.
  3. Menyelenggakan penelitian dan pengembangan berdasarkan keragaman ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang Oseanografi.
  4. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan pendekatan tematik dan inisiatif tenaga pendidik sesuai dengan rencana pengembangan institusi.

Membangun kemitraan dengan lembaga terkait dalam pengembangan bidang oseanografi.

DOSEN TETAP

PS. Oseanografi didukung oleh dosen-dosen yang berkualifikasi magister dan doktor. Terdapat 8 (delapan) dosen tetap yang terdiri dari 2 orang doktor, 5 orang magister, dan 1 orang dalam proses tugas belajar melanjutkan pendidikan S3. Berikut adalah dosen tetap di PS. Oseanografi.

  1. Ir. Muh. Ramli, M.Si
  2. Armid, Si., M.Si., M.Sc., D.Sc
  3. La Ode Alirman Afu, S.Pd., M.Pd
  4. Ratna Diyah Palupi, S.T., M.Si
  5. I r a, S.Kel., M.Si
  6. Amadan Takwir, S.Kel., M.Si
  7. Ginong Patikino, S.T., M.T
  8. Saenuddin,S.Pi.,M.Si

Fasilitas dan Suasana Akademik

Fasilitas yang dimiliki oleh PS. Oseanografi terdiri dari gedung perkuliahan yang sejuk, asri, bersih, dan jauh dari kebisingan. Ruang kuliah dengan kapasistas tidak terlalu besar dan dilengkapi dengan AC, infocus, dan kursi perkuliahan menjadikan mahasiswa dapat belajar secara maksimal dan menyenangkan. Tiga labolatorium yang siap membantu mahasiswa Oseanografi malakukan penelitian dan praktikum adalah Lab. Lapangan, pengujian, serta SIG dan Remote Sensing.

Suasana akademik yang modern dan nyaman untuk belajar bersama. Tiap-tiap hall ruangan gedung dilengkapi dengan wifi yang dapat diakses gratis selama jam kantor. Adanya ruang berkumpul di tiap-tiap sudut memfasilitasi mahasiswa dapat berdiskusi bersama.

KURIKULUM

Beberapa mata kuliah yang terdapat di PS. Oseanografi adalah sebagai berikut :

Mk. pengolahan, pemodelan dan rekayasa pantai :

  1. Pemodelan Hidrooseanografi
  2. Analisa Laboratorium Air Laut
  3. Rekayasa Oseanografi
  4. Energi non Konvensional
  5. Pengolahan Data Oseanografi
  6. Oseanografi Perikanan
  7. Pemetaan dan Penginderaan Jauh Kelautan:
  8. Sistem Informasi Geografi (SIG)
  9. Satelit dan Akustik Kelautan
  10. Penginderaan Jauh dan Pemetaan Laut
  11. Elektronika dan Instrumentasi Kelautan
  12. pilihan pendukung kelompok keilmuan utama:
  13. Pemodelan Lingkungan Laut
  14. Bangunan Pantai
  15. Energi Alternatif bahari dan Samudera
  16. Tata Ruang Wilayah Pesisir, Laut dan Pulau-Pulau Kecil
  17. Teknologi Eksplorasi SD pesisir dan Laut
  18. Geothermal
  19. Reklamasi dan Pengerukan

SELEKSI MAHASISWA BARU

Penentuan jumlah penerimaan mahasiswa dilakukan dengan mempertimbangkan prediksi kebutuhan tenaga di masyarakat dan kapasitas yang dimiliki Program Studi.

Awal pembukaan (Tahun 2016) PS. Oseanografi telah menerima mahasiswa sebanyak 52 orang melalui jalur penerimaan mandiri atau seleksi lokal.

Tidak menutup kemungkinan pada tahun selanjutnya mekanisme rekruitmen mahasiswa baru melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), dan jalur Mandiri/Lokal yang dikelolah oleh UHO (dalam tahap persiapan). Penerimaan mahasiswa baru dapat diakses secara on-line sesuai Peraturan Kemenristek Dikti.

Beasiswa

Beasiswa Bidik Misi, PPA/BBM, Beasiswa Bank Indonesia, Beasiswa dari Kementerian Kelautan dan Perikanan khusus untuk anak nelayan

Serapan Lulusan di Dunia Kerja

  1. Sebagai pengembang, pengkaji, surveyor dan peneliti bidang oseanografi pada lembaga pemerintahan, diantaranya LIPI, BPPT, ESDM, BMKG, Dishidros TNI AL, BNPB, LAPAN, Barkosultanal, BIG, KKP, dll
  2. Sebagai pengembang, pengkaji, surveyor dan peneliti bidang oseanografi pada perusahaan profesional yang bergerak dalam bidang konstruksi pantai, eksplorasi minyak dan gas, dan pertambangan. Beberapa BUMN, perusahaan multinasional, korporasi internasional dan perusahaan sejenis lainnya antara lain adalah : PT. Pertamina (Persero), PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN), PT. Antam tbk, PT. Newmont, Chevron Oil and Gas tbk.
  3. Sebagai surveyor dan pengkaji bidang oseanografi khususnya oseanografi perikanan dan pantai pada perusahaan penyedia jasa konsultan.