Unit Jaminan Mutu

Profil Unit Jaminan Mutu FPIK UHO @Profil UJM FPIK UHO 2016

  1. Sejarah

Pada dasarnya, Pelaksanaan Penjaminan Mutu pada perguruan tinggi merupakan suatu kewajiban sebagaimana yang diamanahkan oleh Undang-Undang sistem pendidikan nasional dan undang-undang tentang Perguruan Tinggi. Kedua undang-undang inilah yang menjadikan dasar bagi Universitas Halu Oleo untuk melaksanakan penjaminan mutu internal.

Organisasi penjaminan mutu dilakukan melalui dibentuknya Lembaga Jaminan Mutu. Universitas Halu Oleo memiliki lembaga yang bertanggung jawab pada penjaminan mutu yaitu Lembaga Penjamin Jaminan Mutu dan Monitoring Evaluasi Pendidikan (LJM-MEP). LJM-MEP dibentuk pada tahun 2007 berdasarkan SK No. 10/SK/J29/KP/2007 tanggal 8 Februari 2007, mempunyai tiga kelompok kerja (POKJA) yaitu: (1) Pokja Jaminan Mutu (JM) Pendidikan; (2) Pokja Monitoring Evaluasi (MONEV);  (3) Pokja EPSBED dan akreditasi program studi. Dokumen yang dimiliki oleh LJM-MEP dikelompokkan menjadi dua bagian, pertama dokumen induk/normatif, meliputi: Visi, Misi; Organisasi dan tata kerja; Renstra; dan Panduan akademik, kedua, dokumen mutu/operasional meliputi: Manual Mutu; Standar Mutu; Manual Prosedur; Instruksi Kerja; Dokumen Pendukung; Borang-borang, dan Dokumen Audit.  Selanjutnya, di tingkat fakultas telah dibentuk Unit Jaminan Mutu`(UJM).  Unit ini berfungsi sebagai pelaksana penjaminan mutu tingkat Fakultas. Unit Jaminan Mutu Fakultas, dipimpin oleh seorang ketua, berkoordinasi dengan Dekan dan bertanggungjawab kepada Lembaga Jaminan Mutu (LJM) Universitas Haluoleo. Di jurusan dibentuk  Kelompok Kerja Jaminan Mutu (K2JM), dan di program studi, dibentuk Tim Monitoring Jaminan Mutu (TMJM). K2JM sesuai dengan kewenangannya menyusun dokumen Standar Operasional Prosedur (SOP).  Monitoring  dan  evaluasi  dilaksanakan  oleh  Tim Monitoring Jaminan Mutu (TMJM) yang diketuai oleh ketua program studi/Jurusan sebagai fasilisator K2JM dengan UJM.

Pada tahun 2014 terjadi perubahan nomenklatur dari LJM-MEP menjadi Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) berdasarkan SK No. 149 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Halu Oleo.  Unit ini berfungsi sebagai pelaksana penjaminan mutu tingkat Fakultas. Unit Jaminan Mutu Fakultas, dipimpin oleh seorang koordinator unit jaminan mutu, berkoordinasi dengan dekan dan bertanggungjawab kepada  Ketua Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Universitas Haluoleo.

Dalam masa perkembangannya, UJM FPIK UHO telah melaluibeberapa periode kepemimpinan yaitu :

  1. Sarini Yusuf, S.Pi., M.Si (Ketua UJM) :  2009 -2015
  2. Wa Nurgayah, S.Pi.,M.Si (Koordinator UJM) : 2015 – 2019