Beranda

FAKULTAS TEKNOLOGI DAN INDUSTRI PERTANIAN

UNIVERSITAS HALU OLEO

Pembentukan FTIP UHO merupakan rencana jangka panjang dari pengembangan jurusan/program studi pada Fakultas Pertanian (FP) dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UHO antara lain jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan/program studi Teknologi Pangan pada FP dan Program Studi Teknologi Hasil Perikanan pada FPIK. FTIP UHO memberi corak multidisipliner yang sangat kuat dalam suatu kajian ilmiah yang kompleks dalam dunia ilmu-ilmu teknologi dan industri pertanian sebagai salah satu solusi permasalahan pangan.

Merujuk pada konsep di atas, maka FTIP UHO sangat strategis untuk dikembangkan menjadi fakultas karena telah memberikan kontribusi penting dalam upaya memahami kompleksitas masyarakat, menawarkan analisis atas masalah-masalah teknologi dan industri pertanian, dan mendalami kebutuhan manusia dalam bidang pertanian dalam arti luas.

FTIP UHO akan mempelajari, menganalisis, mengevaluasi dan memberikan solusi bagi situasi teknologi dan industri pertanian yang ada pada masyarakat dan dikaitkan dengan pola-pola interelasi bidang ekonomi, politik dan sistem sosial masyarakat yang bersangkutan. Secara lebih khusus, FTIP berupaya mengetahui, memahami, dan menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan bidang Teknologi dan Industri Pertanian.

Konteks pembangunan nasional di Indonesia, ilmu di bidang teknologi dan industri pertanian sesungguhnya dapat memainkan peran penting, terutama dalam menjembatani antara kepentingan pemerintah dan masyarakat. Pembangunan sejatinya dimaksudkan meningkatkan kualitas hidup masyarakat, tetapi pembangunan justru acap kali menciptakan kesenjangan, ketidakadilan, kemiskinan, marginalisasi, dan deprivasi sosial. Kontribusi terpenting dari teknologi dan industri pertanian adalah terciptanya sumber daya manusia yang terampil di bidang teknologi dan industri pertanian dengan karakter manusia Indonesia seutuhnya.

Berbagai kebutuhan industri pangan yang muncul di masyarakat beberapa tahun terakhir sesungguhnya merupakan ekses semata dari pilihan strategi dan kebijakan pembangunan yang cenderung mengabaikan local knowledge yang hidup dan berkembang di masyarakat. Dalam hal ini, ilmu pengetahuan bidang teknologi dan industri dapat memberi saran, masukan dan pertimbangan dalam proses pengambilan kebijakan, terutama ketika merumuskan program-program perencanaan pangan, teknologi dan industri pangan agar dapat diimplementasikan di masyarakat. Untuk itu, dengan ilmu di bidang teknologi dan industri pertanian akan memberi solusi dari masalah-masalah di masyarakat khususnya pengambilan kebijakan di bidang teknologi dan industri pertanian.

FTIP UHO akan mengembangkan spesialisasi kajian dalam disiplin ilmu antara lain ilmu dan teknologi pangan dan teknologi hasil perikanan yang diharapkan bermanfaat bagi pembangunan nasional melalui kegiatan ilmiah seperti pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Diyakini bahwa siapa pun tak mungkin dapat memahami masyarakat dan kebudayaan suatu bangsa secara tepat dan cermat tanpa bantuan ilmu di bidang teknologi dan industri pertanian dengan memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat yang semakin beragam, berorientasi pada  Food Security, Food Safety dan Food Diversity. Dalam konteks demikian, para ilmuan teknologi pangan Indonesia generasi baru harus tampil lebih agresif, kreatif, inovatif dan produktif di pentas nasional dan internasional sekaligus membuktikan ilmu-ilmu teknologi dan industri pertanian dapat memainkan peranan penting dalam pembangunan bangsa untuk mengantarkan masyarakat dan bangsa Indonesia mencapai kemajuan di masa depan yang lebih progresif.