Karya Ilmiah
Pencarian Karya Ilmiah

MENINGKATKAN HASIL BELAJARIPS SISWAKELAS V-A SDN 15 BARUGA KOTA KENDARI MELALUIMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)

Surdin dan Muhiat
ini adalah; apakah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa Kelas V-1 SDN 15 Baruga Kota Kendari?. Tujuan penelitian ini adalah, untuk meningkatkan hasil belajar IPs siswa kelas V-a SDB 15 Baruga Kota Kendari dengan menerapkan model pembelajaran kooperatiftipe NHT. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 27 orang terdiri dari 20 orang perempuan dan 7 orang laki-laki. Data penelitian ini diperoleh dari tes hasil belajar untuk melihat keberhasilan siswa dan lembar observasi untuk melihat pelaksanaan skenario pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh nilai ketuntasan belajar meningkat setiap siklus. Berdasarkan hasil tes siklus I, ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 62,9%. Siklus II siswa yang tuntas meningkat menjadi 85%. Disamping itu skenario pembelajaran guru juga mengalami peningkatan dari 93% pada siklus I menjadi sempurnah 100% pada siklus II Berdasarkan indikator kinerja, disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together ONHT) hasil belajar IPS siswa kelas V-a SDN 15 Baruga Kota Kendari dapat ditingkatkan Kata Kunci: Pembelajaran, Kooperatif, Niumbered Heads ToGether

DOWNLOAD FULL PAPER
Klik Disini file lampiran dalam bentuk pdf

DOWNLOAD REVIEWNYA DIBAWAH
Klik Disini file lampiran dalam bentuk pdf
Diterbitkan pada: Jurnal Gema Pendidikan Juli 2012 Vol. 19 Nomor 2 ISSN : 0854-9044

15 Karya Ilmiah yang dimasukkan terakhir

  1. PENGARUH PENGANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN oleh Samiruddin T
  2. DESENTRALISASI PENDIDIKAN DAN KEBIJAKAN UJIAN NASIONAL oleh Samiruddin T
  3. STRATEGI PAIKEM DALAM PEMBELAJARAN PPKN oleh Samiruddin T
  4. BUKU : Penilaian Dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra oleh Haerun Ana
  5. THE MEANING OF “TO COOK” IN MUNA LANGUAGE: NATURAL SEMANTICS METALANGUAGE oleh Haerun Ana
  6. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTATIF MELALUI MODEL HALAQAH (Studi Pengembanga Model Pembelajara dan Kepribadian Menulis pada Siswa Kelas X SMA Kartika Kendari) oleh Amirudin
  7. BUKU : RETORIKA HARAKI "Seni Berbicara Aktivis Dakwah" oleh Amirudin
  8. Buku : kumpulan Khutbah Pembangkit Semat Perjuangan oleh Amirudin
  9. PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM KONTEKS MULTIBUDAYA oleh Haerun Anna
  10. INTEGRAL APPROACH IN INDONESIAN LEARNING oleh Haerun Ana
  11. Indonesian Learning Based on Problem oleh Haerun Ana
  12. RITUAL “MONSEHE” SYMBOLS OF CULAMBACU COMMUNITY BEHAVIOR oleh HANNA, HERIANTI
  13. MO’OLI RITUAL ADAT MEMBENTUK KARAKTER SUKU MORONENE oleh Hanna, Herianti
  14. BAHASA TULANGBATU DAN TOLAKI DALAM PERSFEKTIF GENOLINGUISTIK DI KONAWE UTARA oleh Hanna, Herianty
  15. PELINDUNGAN DAN PEMARTABATAN BAHASA DAERAH DI SULAWESI TENGGARA“SUATU KEHARUSAN” oleh Hanna, Herianti

 

Universitas Halu Oleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2014 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Halu Oleo, Kendari
Indonesia 93231