Karya Ilmiah
Pencarian Karya Ilmiah

KONTRIBUSI PENDIDIKAN TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN BAJO KECAMATAN WANGI-WANGI KABUPATEN WAKATOBI

Surdin
Kontribusi Pendidikan Terhadap Tingkat Kesejahteraan Keluarga Nelayan Bajo Kecamatan Wangi Wangi Selatan Kabupaten Wakatobi. Penelitian ini membahas tingkat pendidikan diharapkan akan dikan formal yang dimiliki oleh kepala keluarga nelayan Bajo. Dengan penelitian ini diharapkan adanya perubahan perilaku masyarakat Bajo dalam menyikapi pentingnya endidikan bagi mereka, sehingga terjadi peningkatan kualitas dan relevansi pendidikan dalam mengatasi problem sosial ekonomi yang terjadi di rakat serta upaya mengatasi kemiskinan Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (l) gambaran tentang konsep kesejahteraan dalam presepsi masyarakat nelayan Bajo. (2) gambaran tingkat pendidikan dan tingkat kesejahteraan masyarakat nelayan etnis Bajo; (3) seberapa besar kontribusi pendidikan terhadap tingkat kesejahteraan keluarga nelayan Bajo Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument yang skala Likert Gutman Data penelitian ini selanjutnya dilakukan analisis data. Prosedur dan tahapan dalam penelitian ini meliputi empat tahapan: identifikasi masalah di lapangan; (2) pengembangan model instrument penelitian (3) pengumpulan data; (4) uji hipotesis dan nterprestasi Penentuan sampel dari populasi ditentukan secara random dengan menetapkan 15 responden untuk mewakili dari masing-masing desa. Hasil temuan disimpulkan sebagai berikut: Gambaran tingkat pendidikan masyarakat nelayan Bajo dari kelima desa sasaran pada umumnya masih tergolong rendah, sebagian besar berada pada kategori tidak tamat SD dan tamat SD.; 2) Tingkat kesejahteraan masyarakat melayan Bajo dari kelima desa yang diteliti sebagian besar masih berada pada kategori prasejahtera; 3) Tingkat kesejahteraan masyarakat nelayan Bajo dipengaruhi oleh tingkat pendidikan dengan konstribusi sebesar 21% Walaupun pengaruhnya kecil namun hal ini memberikan makna bahwa dengan pendidikan yang dapat memberikan perubahan pala pikir dan tingkah laku kepada masyarakat agar muncul kesadaran akan pentingnya pendidikan. Kata Kunci: Kontribusi, Etnis Bajo, Pendidikan, Kesejahteraan

DOWNLOAD FULL PAPER
Klik Disini file lampiran dalam bentuk pdf

DOWNLOAD REVIEWNYA DIBAWAH
Klik Disini file lampiran dalam bentuk pdf
Diterbitkan pada: Humanika Desember 2012 No. 6 Vol. 3 ISSN : 1979-8296

15 Karya Ilmiah yang dimasukkan terakhir

  1. The Effect of Personality Traits on Social Identification, Transformational Leadership, and Employees Performance (Studies in Provincial Government Southeast Sulawesi) oleh Muslimin.Z1, Ibnu Hajar2, Nurwati3, and La Ode Bahana Adam4
  2. The Effect Of Benevolent Leadership On Organizational Citizenship Behavior (OCB) : Mediating Role Of Ethics Climate oleh Muhidin1, Usman Rianse2, Nurwati3, Rahmat Madjid4
  3. Knowledge sharing behavior, job attitudes, OCB and organizational learning culture oleh Yasir Syam Husain 1*, Samdin 2 , Nurwati 3 , Husin 4
  4. Kemampuan Aparat Kelurahan dalam pelaksanaan tugas administrasi pemerintahan dikelurahan Anggaberi, Kecamatan Anggaberi, Kabupaten Konawe oleh Samiruddin T
  5. PENGARUH PENGANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN oleh Samiruddin T
  6. DESENTRALISASI PENDIDIKAN DAN KEBIJAKAN UJIAN NASIONAL oleh Samiruddin T
  7. STRATEGI PAIKEM DALAM PEMBELAJARAN PPKN oleh Samiruddin T
  8. BUKU : Penilaian Dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra oleh Haerun Ana
  9. THE MEANING OF “TO COOK” IN MUNA LANGUAGE: NATURAL SEMANTICS METALANGUAGE oleh Haerun Ana
  10. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTATIF MELALUI MODEL HALAQAH (Studi Pengembanga Model Pembelajara dan Kepribadian Menulis pada Siswa Kelas X SMA Kartika Kendari) oleh Amirudin
  11. BUKU : RETORIKA HARAKI "Seni Berbicara Aktivis Dakwah" oleh Amirudin
  12. Buku : kumpulan Khutbah Pembangkit Semat Perjuangan oleh Amirudin
  13. PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM KONTEKS MULTIBUDAYA oleh Haerun Anna
  14. INTEGRAL APPROACH IN INDONESIAN LEARNING oleh Haerun Ana
  15. Indonesian Learning Based on Problem oleh Haerun Ana

 

Universitas Halu Oleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2014 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Halu Oleo, Kendari
Indonesia 93231