Karya Ilmiah
Pencarian Karya Ilmiah

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJARIPS SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 3 KONDA

Surdin
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dapat menin gkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIb pada mata pelajaran IPS SMP Negeri 3 Konda?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIb pada mata pelajaran IPS SMP Negeri 3 Konda dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw. di kelas VIIIb SMP Negeri 3 Konda semester ganjil tahun ajaran Penelitian ini di 2011/2012 dengan jumlah siswa 20 orang Hasil tes tindakan siklus I menunjukkan bahwa penguasaan terhadap materi pelajaran sebanyak 13 siswa atau 65% dari 20 orang siswa kelas VIIIb SMP Negeri 3 Konda telah memperoleh nilai 70 dengan nilai rata-rata 62 erdasarkan hasil tes tindakan siklus II diperoleh penguasaan siswa secara klasikal terhadap materi pelajaran sebanyak 18 orang siswa atau 90% dari 20 orang siswa telah memperoleh nilai KKM 70 dengan nilai rata-rata 71. Dalam hal ini terjadi peningkatan dari siklus l ke siklus II. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIIIb SMP Negeri 3 Konda pada mata pelajaran IPS Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, Hasil Belajar

DOWNLOAD FULL PAPER
Klik Disini file lampiran dalam bentuk pdf

DOWNLOAD REVIEWNYA DIBAWAH
Klik Disini file lampiran dalam bentuk pdf
Diterbitkan pada: Humanika Maret 2012 No. 4 Vol.1 ISSN : 1979-8296

15 Karya Ilmiah yang dimasukkan terakhir

  1. PENGARUH PENGANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN oleh Samiruddin T
  2. DESENTRALISASI PENDIDIKAN DAN KEBIJAKAN UJIAN NASIONAL oleh Samiruddin T
  3. STRATEGI PAIKEM DALAM PEMBELAJARAN PPKN oleh Samiruddin T
  4. BUKU : Penilaian Dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra oleh Haerun Ana
  5. THE MEANING OF “TO COOK” IN MUNA LANGUAGE: NATURAL SEMANTICS METALANGUAGE oleh Haerun Ana
  6. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTATIF MELALUI MODEL HALAQAH (Studi Pengembanga Model Pembelajara dan Kepribadian Menulis pada Siswa Kelas X SMA Kartika Kendari) oleh Amirudin
  7. BUKU : RETORIKA HARAKI "Seni Berbicara Aktivis Dakwah" oleh Amirudin
  8. Buku : kumpulan Khutbah Pembangkit Semat Perjuangan oleh Amirudin
  9. PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM KONTEKS MULTIBUDAYA oleh Haerun Anna
  10. INTEGRAL APPROACH IN INDONESIAN LEARNING oleh Haerun Ana
  11. Indonesian Learning Based on Problem oleh Haerun Ana
  12. RITUAL “MONSEHE” SYMBOLS OF CULAMBACU COMMUNITY BEHAVIOR oleh HANNA, HERIANTI
  13. MO’OLI RITUAL ADAT MEMBENTUK KARAKTER SUKU MORONENE oleh Hanna, Herianti
  14. BAHASA TULANGBATU DAN TOLAKI DALAM PERSFEKTIF GENOLINGUISTIK DI KONAWE UTARA oleh Hanna, Herianty
  15. PELINDUNGAN DAN PEMARTABATAN BAHASA DAERAH DI SULAWESI TENGGARA“SUATU KEHARUSAN” oleh Hanna, Herianti

 

Universitas Halu Oleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2014 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Halu Oleo, Kendari
Indonesia 93231