Karya Ilmiah
Pencarian Karya Ilmiah

PEMETAAN KOMPETENSI DAN PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN SMA MATA PELAJARANEKONOMI DI KABUPATEN WAKATOBI TAHUN 2011

Surdin
Pemetaan kompetensi lulusan di Kabupaten Wakatobi, hasil UN jenjang SMA pada tahun 2009/2010 untuk mata pelajaran menunjukkan bahwa kompetensi yang tidak mencapai 60% dengan rata-rata nilai 6,42, nilai t dari hasil UN selama 3 tahun. Demikian pula angka minimum terendah pada tahun 2009/2010 dengan capaian 3,73. Angka maksimum terendah juga tahun 2009/2010 dengan capaian 8,50. Salah satu upaya untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi mutu pendidikan di Kabupaten Wakatobi, dan dalam rangka memberikan alternatif pemecahan masalah yang bersifat fungsional, dan aplikatif terhadap masalah ini khususnya pada jenjang SMA, maka diperlukan suatu kegiatan penelitian. Tujuan penelitian adalah untuk: (1) memperoleh gambaran pemetaan kompetensi dasar siswa SMA, (2) mengetahui faktor yang mempengaruhi rendahnya penguasaan kompetensi dasar siswa SMA, (3) mendapatkan rumusan model altematif kaji tindak dalam mengatasi rendahnya kompetensi dasar siswa SMA, dan (4) merumuskan implementasi kaji tindak dalam pengembangan kompetensi dasar siswa SMA. Jenis penelitian adalah observasi eksploratif dengan desain deskriptif analitis. Sampel terdiri dari sampel sekolah yang akan diperoleh dengan teknik simple random, dan sampel guru yang akan diperoleh dengan teknik purposive sampling. Proses pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, FGD, Indept interview, dan wawancara. Analisis data penelitian ini dilakukan dengan teknik: ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat, kecukupan referensi, kajian kasus negatif, dan pengecekan anggota. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendahnya hasil ujian nasional di Kabupaten Wakatobi penyebabnya faktor dan mata Faktor mata pelajaran dilihat dari 3 yaitu faktor siswa dan faktor sarana dan prasarana. Semua tersebut terlihat dari 8 standar pendidikan dimana standar isi sebesar 15%, standar proses sebesar 30%, standar kompetensi lulusan sebesar 20%, standar pendidik dan tenaga kependidikan sebesar I%, standar sarana prasarana 10% standar pengelolaan 10%, standar pembiayaan sebesar 5%, dan standar penilaian 10%. Kata Kunci: pemetaan kompetensi dasar, model alternatif kaji tindak, implementasi kaji tindak.

DOWNLOAD FULL PAPER
Klik Disini file lampiran dalam bentuk pdf

DOWNLOAD REVIEWNYA DIBAWAH
Klik Disini file lampiran dalam bentuk pdf
Diterbitkan pada: Humanika Maret 2013 No.7 Vol.1 ISSN : 1979-8296

15 Karya Ilmiah yang dimasukkan terakhir

  1. The Effect of Personality Traits on Social Identification, Transformational Leadership, and Employees Performance (Studies in Provincial Government Southeast Sulawesi) oleh Muslimin.Z1, Ibnu Hajar2, Nurwati3, and La Ode Bahana Adam4
  2. The Effect Of Benevolent Leadership On Organizational Citizenship Behavior (OCB) : Mediating Role Of Ethics Climate oleh Muhidin1, Usman Rianse2, Nurwati3, Rahmat Madjid4
  3. Knowledge sharing behavior, job attitudes, OCB and organizational learning culture oleh Yasir Syam Husain 1*, Samdin 2 , Nurwati 3 , Husin 4
  4. Kemampuan Aparat Kelurahan dalam pelaksanaan tugas administrasi pemerintahan dikelurahan Anggaberi, Kecamatan Anggaberi, Kabupaten Konawe oleh Samiruddin T
  5. PENGARUH PENGANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN oleh Samiruddin T
  6. DESENTRALISASI PENDIDIKAN DAN KEBIJAKAN UJIAN NASIONAL oleh Samiruddin T
  7. STRATEGI PAIKEM DALAM PEMBELAJARAN PPKN oleh Samiruddin T
  8. BUKU : Penilaian Dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra oleh Haerun Ana
  9. THE MEANING OF “TO COOK” IN MUNA LANGUAGE: NATURAL SEMANTICS METALANGUAGE oleh Haerun Ana
  10. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTATIF MELALUI MODEL HALAQAH (Studi Pengembanga Model Pembelajara dan Kepribadian Menulis pada Siswa Kelas X SMA Kartika Kendari) oleh Amirudin
  11. BUKU : RETORIKA HARAKI "Seni Berbicara Aktivis Dakwah" oleh Amirudin
  12. Buku : kumpulan Khutbah Pembangkit Semat Perjuangan oleh Amirudin
  13. PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM KONTEKS MULTIBUDAYA oleh Haerun Anna
  14. INTEGRAL APPROACH IN INDONESIAN LEARNING oleh Haerun Ana
  15. Indonesian Learning Based on Problem oleh Haerun Ana

 

Universitas Halu Oleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2014 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Halu Oleo, Kendari
Indonesia 93231