Karya Ilmiah
Pencarian Karya Ilmiah

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL

Restiana, Surdin
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar geografi yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas SMA Negeri 1 Sampara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen desain pretest-posttest Control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 233 yang terdiristribusi ke dalam enam rombongan belajar. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas Xi dan Kelas X2 dengan jumlah siswa masing-masing 40 orang sehingga sampel penelitian ini berjumlah 80 orang. Penelitian ini menemukan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dibanding rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (84,37 79,625) Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel (3,46 1,67) artinya terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional Penelitian ini bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di SMA negeri 1 Sampara (2) Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada perbedaan yang sangat signifikan antara rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, seperti ditunjukkan oleh nilai t hitung lebih besar dan nilai t tabel (3,46 1,67) pada o 0,05 dan db 78 Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar

DOWNLOAD FULL PAPER
Klik Disini file lampiran dalam bentuk pdf

DOWNLOAD REVIEWNYA DIBAWAH
Klik Disini file lampiran dalam bentuk pdf
Diterbitkan pada: Geografi Vol.1 Nomor 2 April 2016 ISSN : 1979-8296

15 Karya Ilmiah yang dimasukkan terakhir

  1. The Effect of Personality Traits on Social Identification, Transformational Leadership, and Employees Performance (Studies in Provincial Government Southeast Sulawesi) oleh Muslimin.Z1, Ibnu Hajar2, Nurwati3, and La Ode Bahana Adam4
  2. The Effect Of Benevolent Leadership On Organizational Citizenship Behavior (OCB) : Mediating Role Of Ethics Climate oleh Muhidin1, Usman Rianse2, Nurwati3, Rahmat Madjid4
  3. Knowledge sharing behavior, job attitudes, OCB and organizational learning culture oleh Yasir Syam Husain 1*, Samdin 2 , Nurwati 3 , Husin 4
  4. Kemampuan Aparat Kelurahan dalam pelaksanaan tugas administrasi pemerintahan dikelurahan Anggaberi, Kecamatan Anggaberi, Kabupaten Konawe oleh Samiruddin T
  5. PENGARUH PENGANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN oleh Samiruddin T
  6. DESENTRALISASI PENDIDIKAN DAN KEBIJAKAN UJIAN NASIONAL oleh Samiruddin T
  7. STRATEGI PAIKEM DALAM PEMBELAJARAN PPKN oleh Samiruddin T
  8. BUKU : Penilaian Dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra oleh Haerun Ana
  9. THE MEANING OF “TO COOK” IN MUNA LANGUAGE: NATURAL SEMANTICS METALANGUAGE oleh Haerun Ana
  10. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTATIF MELALUI MODEL HALAQAH (Studi Pengembanga Model Pembelajara dan Kepribadian Menulis pada Siswa Kelas X SMA Kartika Kendari) oleh Amirudin
  11. BUKU : RETORIKA HARAKI "Seni Berbicara Aktivis Dakwah" oleh Amirudin
  12. Buku : kumpulan Khutbah Pembangkit Semat Perjuangan oleh Amirudin
  13. PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM KONTEKS MULTIBUDAYA oleh Haerun Anna
  14. INTEGRAL APPROACH IN INDONESIAN LEARNING oleh Haerun Ana
  15. Indonesian Learning Based on Problem oleh Haerun Ana

 

Universitas Halu Oleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2014 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Halu Oleo, Kendari
Indonesia 93231