Karya Ilmiah
Pencarian Karya Ilmiah

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTATIF MELALUI MODEL HALAQAH (Studi Pengembanga Model Pembelajara dan Kepribadian Menulis pada Siswa Kelas X SMA Kartika Kendari)

Amirudin
Hasil-hasil penelitian terdahulu menyatakan bahwa kemampuan menulis di beberapa subjek pendidikan ternyata masih rendah dan bahwa keterampilan menulis, khususnya menulis argumentatif itu dianggap sulit untuk dikuasai. Alternatif yang ditawarkan adalah penggunaan model halaqah ilmiah (MH). Masalah penelitian yang dinyatakan ini adalah (1) Apakah ada peningkatan keterampilan menulis argumentatif siswa dengan menggunakan MH? (2) Apakah penerapan MH efektif menanggulangi kesulitan menulis argumentatif? (3) Bagaimanakah respon guru terhadap MH? (4) Apakah MH dapat membentuk kepribadian menulis? Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui keefektifan model halaqah bagi peningkatan kemampuan menulis argumentatif, (2) menggambarkan sistem atau desain dan proses penerapan model halaqah dalam proses pembelajaran menulis argumentatif, (3) memperoleh gambaran respon guru terhadap MH sebagai sebuah model pembelajaran yang diharapkan menjadi alternatif solutif bagi peningkatan keterampilan menulis argumentatif, (4) mengetahui kepribadian menulis yang terbentuk melalui MH. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan Desain Kelompok Pembanding Pretes-Postes Beracak. Analisis kualitatif digunakan untuk data-data dari tulisan argumentatif siswa, hasil angket, wawancara, dan observasi, sedangkan program SPSS versi 17 digunakan untuk menganalisis data kuantitatif dari hasil tes awal dan tes akhir dari model halaqah ilmiah (MHI), model halaqah tradisional (MHT), dan model konvensional (MKonv). Dari hasil penelitian dibuktikan bahwa MH dapat meningkatkan keterampilan menulis argumentatif siswa. MHI lebih baik dalam meningkatkan keterampilan menulis argumentatif daripada MHT dan MKonv. Kata Kunci: model pembelajaran, halaqah, menulis argumentative

Klik Disini link website

DOWNLOAD FULL PAPER
Klik Disini file lampiran dalam bentuk pdf

DOWNLOAD REVIEWNYA DIBAWAH
Klik Disini file lampiran dalam bentuk pdf
Diterbitkan pada: Jurnal Al Ta'dib Vol.9 No. 1, Januari-Juni ISSN : 1979-4908

15 Karya Ilmiah yang dimasukkan terakhir

  1. BUKU : Penilaian Dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra oleh Haerun Ana
  2. THE MEANING OF “TO COOK” IN MUNA LANGUAGE: NATURAL SEMANTICS METALANGUAGE oleh Haerun Ana
  3. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTATIF MELALUI MODEL HALAQAH (Studi Pengembanga Model Pembelajara dan Kepribadian Menulis pada Siswa Kelas X SMA Kartika Kendari) oleh Amirudin
  4. BUKU : RETORIKA HARAKI "Seni Berbicara Aktivis Dakwah" oleh Amirudin
  5. Buku : kumpulan Khutbah Pembangkit Semat Perjuangan oleh Amirudin
  6. PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM KONTEKS MULTIBUDAYA oleh Haerun Anna
  7. INTEGRAL APPROACH IN INDONESIAN LEARNING oleh Haerun Ana
  8. Indonesian Learning Based on Problem oleh Haerun Ana
  9. RITUAL “MONSEHE” SYMBOLS OF CULAMBACU COMMUNITY BEHAVIOR oleh HANNA, HERIANTI
  10. MO’OLI RITUAL ADAT MEMBENTUK KARAKTER SUKU MORONENE oleh Hanna, Herianti
  11. BAHASA TULANGBATU DAN TOLAKI DALAM PERSFEKTIF GENOLINGUISTIK DI KONAWE UTARA oleh Hanna, Herianty
  12. PELINDUNGAN DAN PEMARTABATAN BAHASA DAERAH DI SULAWESI TENGGARA“SUATU KEHARUSAN” oleh Hanna, Herianti
  13. LANGUAGE KINSHIP BETWEEN TULAMBATU AND TOLAKI LANGUAGE IN NORTH KONAWE oleh Hanna, Mursidin, Siti Nur Rochmatul Jannah
  14. BUKU : BAHASA CULAMBACU DALAM PERSFEKTIP SEJARAH oleh HANNA, HERIANTI
  15. EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN MOTORIK DASAR TERHADAP KETERAMPILAN DRIBLING BOLA PADA SISWA SD oleh Saifu Alihasan

 

Universitas Halu Oleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2014 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Halu Oleo, Kendari
Indonesia 93231