Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATERI POKOK FENOMENA ANTROPOSFER DAN ASPEK KEPENDUDUKAN
WA SYARNI BASO
Pembimbing: LA ODE AMALUDDIN, S. Pd., M. Pd dan PENDAIS HAK, S. Ag., M. Pd
Abstrak
WA SYARNI BASO (2017). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara yang Diajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Langsung Pada Materi Pokok “Fenomena Antroposfer dan Aspek Kependudukan”. Studi Eksperimen di Kelas XI IPS SMA Negeri 8 Kendari. Program Studi Pendidikan Geografi. Jurusan Pendidikan Geografi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Halu Oleo Kendari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Apakah ada perbedaan yang signifikan antara nilai pree-test siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol? (2) Apakah nilai rata-rata post-test kelas eksperimen lebih baik secara signifikan dari pada nilai rata-rata post-test kelas kontrol? (3) Apakah nilai rata-rata gain siswa kelas eksperimen lebih baik secara signifikan dari pada nilai rata-rata gain kelas kontrol ?  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui perbedaan signifikan antara nilai rata-rata pree-test kelas eksperimen dengan pree-test kelas kontrol. 2) Untuk mengetahui nilai rata-rata post-test kelas eksperimen lebih baik secara signifikan dari pada nilai rata-rata post-test kelas kontrol. 3) Untuk mengetahui nilai rata-rata gain kelas eksperimen lebih baik secara signifikan dari pada nilai rata-rata gain kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Kendari. Penentuan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu yaitu kelas yang menjadi objek penelitian memiliki kemampuan rata-rata siswa yang hampir sama. Berdasarkan teknik pengambilan sampel ini, maka peneliti menetukan kelas XI IPS1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS2 sebagai kelas kontrol. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experimental design) dengan rancangan nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes awal dan tes akhir dengan instrumen penelitian berupa soal objektif 20 butir soal, Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil analisis deskriptif pree-test kelas eksperimen diperoleh nilai maksimum 53,33, nilai minimum 13,33, rata-rata 31,99 dan standar deviasi 13,72; sedangkan pree-test kelas control diperoleh nilai maksimum 53,33, nilai minimum 13,33, rata-rata 28,21 dan standar deviasi 12,09. Post-test  kelas eksperimen diperoleh nilai maksimum 93,33, nilai minimum 60, rata-rata 73,33, dan standar deviasi 10.05; sedangkan post-test kelas kontrol diperoleh nilai maksimum 86,67 nilai minimum 53,33, rata-rata 67,77, dan standar deviasi 10,66. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa kelas XI IPS1 menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dengan rata-rata N-Gain yaitu 0.607 sedangkan hasil belajar siswa kelas XI IPS3 menggunakan model pembelajaran Langsung dengan nilai rata-rata N-Gain yaitu 0,541. Sehingga pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share)  tidak lebih baik dari pada menggunakan pendekatan model pembelajaran Langsung                                                                                               Kata kunci: Model Pembelajaran, Think Pair Share (TPS), Pembelajaran Langsung, dan Hasil Belajar.      
Abstract

WA SYARNI BASO (2017). Differences in Students' Learning Outcomes Between Taught by Using Think Pair Share Cooperative Learning Model (TPS) with Teachers Directly Modeled on "The Anthroposphere Phenomenon and Aspects of Population". Experimental Study in Class XI IPS SMA Negeri 8 Kendari. Geography Education Study Program. Department of Geography Education. Faculty of Teacher Training and Education. University of Halu Oleo Kendari. The formulation of the problem in this research is as follows: (1) Is there a significant difference between the pree-test grade of the experimental class students and the control class? (2) Is the average value of the experimental class post-test better than the average value of post-test control class? (3) Is the average value of student gain in the experimental class significantly better than the average value of the control class gain? This study aims to determine: (1) To know the significant difference between the mean value of experimental class pree-test with pree-test control class. 2) To know the average value of the experiment class post-test is significantly better than the average value of post-test control class. 3) To find out the average value of experiment class gain is better than the average value of control class gain. The population in this study is all students of class XI IPS SMA Negeri 8 Kendari. Determination of the sample based on certain considerations of the class that became the object of research has the ability of the average student almost the same. Based on this sampling technique, the researcher determines class XI IPS1 as experiment class and XI IPS2 as control class. The design used in this research is quasi experimental design with nonequivalent control group design. Technique of data collecting is done by giving initial test and final test with research instrument in the form of objective item 20 item. Data analysis techniques use descriptive statistics and inferential statistics. From the result of descriptive analysis of experiment class pree-test obtained maximum value 53,33, minimum value 13,33, average 31,99 and standard deviation 13,72; while pree-test control class obtained maximum value 53.33, minimum value 13.33, average 28.21 and standard deviation 12.09. Post-test of the experimental class obtained a maximum value of 93.33, a minimum value of 60, an average of 73.33, and a standard deviation of 10.05; while the post-test control class obtained a maximum value of 86.67 minimum value 53.33, an average of 67.77, and the standard deviation of 10.66. The result of this research shows the result of student learning of class XI IPS1 using cooperative learning model of TPS type (Think Pair Share) with N-Gain average that is 0607 whereas student learning result of class XI IPS3 using Direct learning model with N-Gain average 0.541. So that learning using cooperative learning model of TPS type (Think Pair Share) is not better than using direct learning model approach.   Keywords: Learning Model, Think Pair Share (TPS), Direct Learning, and Learning Outcomes.

Tahun Skripsi: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1.  DESKRIPSI INDEKS PRESTASI MAHASISWA BIDIKMISI JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI KONSENTRASI KOPERASI ANGKATAN 2013 UNIVERSITAS HALU OLEO oleh SITTI NURMALA(Skripsi, 2017)
  2. PRODUKSI DAN EKSTRAKSI METANOL KULIT DURIAN DENGAN METODE PIROLISIS DAN DESTILASI BERTINGKAT oleh FERNI SASMITA(Skripsi, 2017)
  3. Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Harga Diri melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) pada Siswa Kelas III SD Negeri 7 Langara Kabupaten Konawe Kepulauan oleh MAESARI(Skripsi, 2017)
  4. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI MASALAH SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 2 WAWOROPE KABUPATEN KONAWE KEPULAUAN oleh MISNAWIAH(Skripsi, 2017)
  5. PERANCANGAN DAN PEMBUATAN DINAMOMETER TIPE CAKRAM UNTUK SARANA PRAKTIKUM PRESTASI MESIN  oleh KASMAN HIDAYAT(Skripsi, 2017)
  6. PENGARUH PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU SD DI KECAMATAN UNAAHA KABUPATEN KONAWE oleh GOMIN(Tesis, 2018)
  7. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA PADA MATERI MENJAGA KEUTUHAN NKRI KELAS V SDN 4 BATAIWORU oleh WA ODE RABANIA(Skripsi, 2017)
  8. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI PEMBELAJARAN SISTEM PEMERINTAHAN DESA DAN KECAMATAN PADA SISWA KELAS IV SDN 4 BATALAIWORU oleh WA ODE ROSMA(Skripsi, 2017)
  9. PENGARUH KARAKTERISTIK STRUKTUR ORGANISASI DAN PERILAKU KERJA PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAHKABUPATEN KOLAKA oleh ENDRY WIJAYA(Tesis, 2017)
  10. PENGARUH AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI, DAN PENGAWASAN TERHADAP PENGELOLAAN ANGGARAN BERKONSEP VALUE FOR MONEY PADA BADAN PENGELOLA KEUANGAN DAN ASET DAERAH KOTA KENDARI oleh VINA OLIVIA PEBRIANTY(Tesis, 2017)
  11. STUDI PENGELOLAAN KEUANGAN DANA DESA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KABUPATEN KONAWE SELATAN oleh UMMUL HAERAT(Tesis, 2018)
  12. MENINGKATKAN KEMAMPUAN NATURALIS ANAK MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN OUTDOOR DI KELOMPOK B TK SANGIA JAMPAKA KECAMATAN MAWASANGKA KABUPATEN BUTON TENGAH oleh FITRI AYU FINCE(Skripsi, 2017)
  13. MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA VISUAL KARTU DI KELOMPOK B TK ISLAM KEMARAYA KENDARI oleh AYU KARTIKA SARI(Skripsi, 2017)
  14. Simulasi Persamaan Getaran Harmonik Teredam pada Pegas Ganda 2D Menggunakan Visual Basic for Application (VBA) Spreadsheet Excel oleh SARIPATI(Skripsi, 2017)
  15. BENTUK UPAYA GURU PPKN DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 WATOPUTE KECAMATAN WATOPUTE KABUPATEN MUNA oleh WA ASMA(Skripsi, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231