Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

  MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII¹ SMP NEGERI 04 RAHA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATERI POKOK PRANATA & PENYIMPANGAN SOSIAL
SITTI NURSYAWAL
Pembimbing: Drs. La Harudu, M.Si dan La Ode Amaluddin, S.Pd., M.Pd
Abstrak
  ABSTRAK   Sitti Nursyawal (2017),  telah  melakukan  penelitian  dengan  judul   “Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII.1 SMP Negeri 04 Raha Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Materi Pokok Pranata dan Penyimpangan Sosial”. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi, Universitas Halu Oleo Kendari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa, aktivitas mengajar guru, dan hasil belajar IPS siswa pada kelas VIII.1 SMP Negeri 4 Raha Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Materi Pokok Pranata dan Penyimpangan Sosial;. Tehnik analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 di kelas VIII.1 SMP Negeri 4 Raha dengan jumlah siswa 22 orang siswa. Data dari penelitian ini adalah aktivitas mengajar guru dan aktivitas Belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi dan hasil belajar siswa yang diukur melalui tes siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Gambaran aktivitas belajar IPS siswa kelas VIII ¹ SMP Negeri 4 Raha melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share menunjukan peningkatan yakni skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus pertama 2,32 kemudian pada siklus kedua mengalami peningkatan capaian rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus kedua mencapai 3,14 dengan presentase peningkatan sebesar 35,3 %. 2) Gambaran aktivitas mengajar guru dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share menunjukan peningkatan yakni skor rata-rata aktivitas mengajar guru pada siklus pertama 2,56 kemudian pada siklus kedua mengalami peningkatan capaian rata-rata aktivitas mengajar guru pada siklus kedua mencapai 3,33 dengan presentase peningkatan sebesar 30,1 %. 3) Hasil belajar IPS siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 04 Raha dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share. Pada siklus I siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 04 Raha yang tuntas 12 (54,5%) dan tidak tuntas 10 (45,5%) dengan rata-rata 70,5 sedangkan pada siklus kedua meningkat menjadi 18 (81,8%) siswa yang tuntas dan 4 (18,2 %) siswa dinyatakan tidak tuntas dengan rata-rata 81,6. Adapun presentase peningkatan skor rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 15,7 %.   Kata kunci : Model Pembelajaran, Proses Belajar, Hasil  Belajar        
Abstract

  ABSTRACT   Sitti Nursyawal (2017), has conducted a research entitled "Improving Learning Outcomes of IPS Students Class VIII.1 SMP Negeri 04 Raha Through Cooperative Learning Model Think Pair Share On Basic Matter of Society and Social Deviation". Thesis Department of Geography Education, University of Halu Oleo Kendari. This study aims to improve student learning activities, teacher teaching activities, and student learning outcomes in grade VIII.1 SMP Negeri 4 Raha Through Cooperative Learning Model Think Pair Share On Basic Matter of Society and Social Deviance; Techniques of analysis of this research data using descriptive analysis. This research was conducted on the even semester of academic year 2016/2017 in class VIII.1 SMP Negeri 4 Raha with the number of students 22 students. Data from this research are teacher teaching activity and Student Learning activity obtained from observation sheet and student learning result as measured through cycle test. The result of the research shows that: 1) description of learning activity of IPS student of class VIII ¹ SMP Negeri 4 Raha through application of cooperative learning model type Think Pair Share shows improvement that is mean score of student activity activity in first cycle 2,32 then in second cycle has increase Average achievement of student learning activity in second cycle reached 3,14 with percentage increase equal to 35,3%. 2) The description of teacher teaching activity in IPS learning using cooperative learning model type Think Pair Share shows the improvement of the average score of teaching activity of teachers in the first cycle 2,56 then in the second cycle increased the average achievement of teacher teaching activity on the second cycle Reached 3,33 with a percentage increase of 30,1%. 3) IPS student learning outcomes in grade VIII.1 SMP Negeri 04 Raha can be improved through cooperative learning model Think Pair Share type. In the first cycle of students of grade VIII.1 SMP Negeri 04 Raha completed 12 (54,5%) and not complete 10 (45,5%) with an average of 70,5 while in the second cycle increased to 18 (81,8% ) And 4 (18,2%) students were declared unfinished with an average of 81,6. The percentage increase in the average score of student learning outcomes from cycle I to cycle II is equal to 15,7%.   Keywords: Learning Model,  Learning Process, Learning Outcomes    

Tahun Skripsi: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. PARTISIPASI PETANI DALAM PROGRAM PENGEMBANGAN USAHA AGRIBISNIS PERDESAAN (PUAP) DI DESA SILEA JAYA KECAMATAN BUKE KABUPATEN KONAWE SELATAN oleh SANTRY VYANI(Skripsi, 2017)
  2. FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENERAPAN  TEKNOLOGI USAHA TANI PADI SAWAH  DI DESA PUOSU JAYA KECAMATAN KONDA KABUPATEN KONAWE SELATAN oleh NITA PURNAMASARI(Skripsi, 2017)
  3. KENAKALAN REMAJA (Studi di Desa Benua Kecamatan Amonggedo Kabupaten Konawe) oleh muhammad fadhli saytno(Skripsi, 2017)
  4. PENGARUH SUKU BUNGA, KURS, INFLASI DAN PERTUMBUHAN PDB TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (IHSG) DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) oleh DWI RANDI KASAKTIAN(Skripsi, 2017)
  5. TANGGUNG JAWAB UTANG PIUTANG SUAMI ISTRI DALAM PERJANJIAN PERKAWINAN ATAS HARTA BERSAMA PASCA PUTUSAN MAHKAMAH KONSTITUSI NOMOR 69/PUU-XIII/2015 oleh AHMAT YANI(Skripsi, 2017)
  6. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi sumber daya alam di kelas IV SD Negeri 11 Loghia oleh WA ODE SAHARIA(Skripsi, 2017)
  7. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar IPA_Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Duruka pada Materi POkok Tekanan oleh SATRI MULAN(Skripsi, 2017)
  8. Meningkatkan Perbendaharaan Kata Anak melalui Metode Tanya Jawab dengan Menggunakan Media Boneka Tangan di Kelompok B TK Tunas Makarti Kendari oleh MELATI SULISTIANI (Skripsi, 2017)
  9. MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI BERMAIN SAIN DI KELOMPOK B TK HANDAYANI MATABUNDU TOARI KABUPATEN BOMBANA oleh Nur Amalia(Skripsi, 2017)
  10. STUDI PEMANFAATAN LIMBAH CANGKANG POKEA   (Batissa Violacea C.) SEBAGAI NANOKALSIUM TEETH  SERUM  UNTUK REKALSIFIKASI GIGI BERKARIES  oleh SITI MARSALINA(Skripsi, 2017)
  11. KEANEKARAGAMAN SERANGGA POLINATOR PADA PERKEBUNAN KAKAO (Theobromae cacao L.) DI DESA PUUDONGI KECAMATAN KOLONO KABUPATEN KONAWE SELATAN oleh DESI AFDALIANA(Skripsi, 2017)
  12. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI POKOK GEJALA-GEJALA YANG TERJADI DI ATMOSFER KELAS VII SMP NEGERI 1 WADAGA oleh WA ODE HALFINA(Skripsi, 2017)
  13. Komunikasi Persuasif Pustakawan dalam Peminjaman Koleksi pada Layanan Sirkulasi di Perpustakaan SMP Negeri 5 Kulisusu Kabupaten Buton Utara oleh EKA SRI WAHYUNI(Skripsi, 2017)
  14. JENIS-JENIS TUMBUHAN HERBA YANG TERDAPAT DI KAWASAN HUTAN LALAPINI DESA LAMETONO KECAMATAN LASOLO KABUPATEN KONAWE UTARA oleh Mega putri(Skripsi, 2017)
  15. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA MATERI POKOK TINDAKAN-TINDAKAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP MELALUI METODE TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS XI IPS5 DI SMA NEGERI 3 KENDARI oleh ASKAL ISWANTO(Skripsi, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231