Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

  MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII¹ SMP NEGERI 04 RAHA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATERI POKOK PRANATA & PENYIMPANGAN SOSIAL
SITTI NURSYAWAL
Pembimbing: Drs. La Harudu, M.Si dan La Ode Amaluddin, S.Pd., M.Pd
Abstrak
  ABSTRAK   Sitti Nursyawal (2017),  telah  melakukan  penelitian  dengan  judul   “Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII.1 SMP Negeri 04 Raha Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Materi Pokok Pranata dan Penyimpangan Sosial”. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi, Universitas Halu Oleo Kendari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa, aktivitas mengajar guru, dan hasil belajar IPS siswa pada kelas VIII.1 SMP Negeri 4 Raha Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Materi Pokok Pranata dan Penyimpangan Sosial;. Tehnik analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 di kelas VIII.1 SMP Negeri 4 Raha dengan jumlah siswa 22 orang siswa. Data dari penelitian ini adalah aktivitas mengajar guru dan aktivitas Belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi dan hasil belajar siswa yang diukur melalui tes siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Gambaran aktivitas belajar IPS siswa kelas VIII ¹ SMP Negeri 4 Raha melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share menunjukan peningkatan yakni skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus pertama 2,32 kemudian pada siklus kedua mengalami peningkatan capaian rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus kedua mencapai 3,14 dengan presentase peningkatan sebesar 35,3 %. 2) Gambaran aktivitas mengajar guru dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share menunjukan peningkatan yakni skor rata-rata aktivitas mengajar guru pada siklus pertama 2,56 kemudian pada siklus kedua mengalami peningkatan capaian rata-rata aktivitas mengajar guru pada siklus kedua mencapai 3,33 dengan presentase peningkatan sebesar 30,1 %. 3) Hasil belajar IPS siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 04 Raha dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share. Pada siklus I siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 04 Raha yang tuntas 12 (54,5%) dan tidak tuntas 10 (45,5%) dengan rata-rata 70,5 sedangkan pada siklus kedua meningkat menjadi 18 (81,8%) siswa yang tuntas dan 4 (18,2 %) siswa dinyatakan tidak tuntas dengan rata-rata 81,6. Adapun presentase peningkatan skor rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 15,7 %.   Kata kunci : Model Pembelajaran, Proses Belajar, Hasil  Belajar        
Abstract

  ABSTRACT   Sitti Nursyawal (2017), has conducted a research entitled "Improving Learning Outcomes of IPS Students Class VIII.1 SMP Negeri 04 Raha Through Cooperative Learning Model Think Pair Share On Basic Matter of Society and Social Deviation". Thesis Department of Geography Education, University of Halu Oleo Kendari. This study aims to improve student learning activities, teacher teaching activities, and student learning outcomes in grade VIII.1 SMP Negeri 4 Raha Through Cooperative Learning Model Think Pair Share On Basic Matter of Society and Social Deviance; Techniques of analysis of this research data using descriptive analysis. This research was conducted on the even semester of academic year 2016/2017 in class VIII.1 SMP Negeri 4 Raha with the number of students 22 students. Data from this research are teacher teaching activity and Student Learning activity obtained from observation sheet and student learning result as measured through cycle test. The result of the research shows that: 1) description of learning activity of IPS student of class VIII ¹ SMP Negeri 4 Raha through application of cooperative learning model type Think Pair Share shows improvement that is mean score of student activity activity in first cycle 2,32 then in second cycle has increase Average achievement of student learning activity in second cycle reached 3,14 with percentage increase equal to 35,3%. 2) The description of teacher teaching activity in IPS learning using cooperative learning model type Think Pair Share shows the improvement of the average score of teaching activity of teachers in the first cycle 2,56 then in the second cycle increased the average achievement of teacher teaching activity on the second cycle Reached 3,33 with a percentage increase of 30,1%. 3) IPS student learning outcomes in grade VIII.1 SMP Negeri 04 Raha can be improved through cooperative learning model Think Pair Share type. In the first cycle of students of grade VIII.1 SMP Negeri 04 Raha completed 12 (54,5%) and not complete 10 (45,5%) with an average of 70,5 while in the second cycle increased to 18 (81,8% ) And 4 (18,2%) students were declared unfinished with an average of 81,6. The percentage increase in the average score of student learning outcomes from cycle I to cycle II is equal to 15,7%.   Keywords: Learning Model,  Learning Process, Learning Outcomes    

Tahun Skripsi: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. PENGARUH KOMPETENSI PENGELOLAAN KEUANGAN, AUDIT INTERNAL DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN UNIVERSITAS HALU OLEO oleh OMASRIANTO(Tesis, 2017)
  2. ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM BAHTERAMAS PROVINSI SULAWESI TENGGARA   oleh NURDIANA(Tesis, 2017)
  3. PENGARUH KETERLIBATAN KERJA DAN KARAKTERISTIK PEKERJAAN TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA PEGAWAI PADA INSPEKTORAT PROVINSI SULAWESI TENGGARA oleh Rina Wiranti(Tesis, 2017)
  4. Analisis Efektivitas Pembinaan Di Luar Tahanan Bagi Narapidana (Studi pada Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Kendari) oleh Muhammad Desryl Aqsah(Tesis, 2017)
  5. Nilai-nilai Budaya yang Terkandung Dalam Cerita Rakyat Muna yaitu Ratohano Fitu Ghulu Bidhadhari oleh TAMRIN(Skripsi, 2016)
  6. PENGARUH TEMPERATUR MESIN TETAS TERHADAP FERTILITAS, DAYA HIDUP EMBRIO, DAYA TETAS DAN BOBOT TETAS TELUR ITIK TEGAL oleh SRI YUNIATI SANDRA MALDANA(Skripsi, 2017)
  7. KEKERABATAN BAHASA WAWONII DAN BAHASA MENUI oleh JOFI IRFAN(Skripsi, 2016)
  8. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif IPA dan Keterampilan Proses  Sains Siswa Kelas IV SD oleh FATMAWATI HOI(Tesis, 2017)
  9. Perbedaan Hasil Pembelajaran PKN Antara Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Model Pembelajaran Konvensional Di SMP Negeri 12 Kendari oleh SUHARTI(Tesis, 2017)
  10. Pengaruh Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Wakatobi. oleh WA ODE DIAN MITHA BESTARI(Skripsi, 2017)
  11. HUBUNGAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI DIKECAMATAN TONGAUNA KABUPATEN KONAWE oleh EGUSRIN(Tesis, 2017)
  12. Hubungan Motivasi dan Disiplin dengan Hasil Belajar IPS  Pada SMP Negeri di Kecamatan Abuki dan Tongauna Kabupaten Konawe oleh BAKTI(Tesis, 2017)
  13. PEMANFAATAN LIMBAH KULIT KERANG MENJADI KAYA SENI BAGI PENGEMBANGAN USAHA KERAJINAN DI KOTA KENDARI oleh EMARIA FATIMAH PANJAITAN(Tesis, 2017)
  14. IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TARI LINDA MELALUI METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS XI SMAN 3 RAHA KABUPATEN MUNA   oleh WA HARIATI(Tesis, 2017)
  15. Kajian Pertumbuhan, Produksi Karkas dan Non Karkas Broiler Yang Diberi Pakan Komersial dan Berbagai Bobot Potong Yang Berbeda oleh Muhammad Sawadi(Tesis, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231