Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk  Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sederhana Di Kelas IVb SD Negeri 15 Poasia
MIRNA
Pembimbing: Dr. Izlan Sentryo, M.Pd dan Dra. Yoo Eka Yana Kansil, M.Pd.,
Abstrak
ABSTRAK     Mirna,  2017. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk  Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sederhana Di Kelas IVb SD Negeri 15 Poasia”. Jurusan/Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Halu Oleo. Di bimbing oleh Dr. Izlan Sentryo, M.Pd selaku pembimbing I dan Dra. Yoo Eka Yana Kansil, M.Pd., selaku pembimbing II.             Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sederhana di kelas IVb SD Negeri 15 Poasia ? “Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sederhana melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match di kelas IVb SD Negeri 15 Poasia.   Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. penelitian ini dilaksanakan di kelas IVb SD Negeri 15 Poasia dengan jumlah siswa 20 orang yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 12 April 2017 s/d 21 April 2017. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 (dua) siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan dan siklus II dua kali pertemuan. Adapun prosedur dalam penelitian ini adalah: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Observasi dan Evaluasi, 4) Refleksi. sumber data pada penelitian ini adalah guru sebagai peneliti dan siswa kelas IVb SD Negeri 15 Poasia. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif.   Hasil observasi, evaluasi, dan refleksi pada setiap tindakan perbaikan pembelajaran menunjukan bahwa pada tindakan siklus I, proses aktivitas mengajar guru melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match yang dilaksanakan oleh guru mencapai 68,18% dan pada tindakan siklus II meningkat  87,5%. Begitupun pada proses aktivitas yang dilakukan oleh siswa pada siklus I mencapai 72,91% dan pada tindakan siklus II mengalami peningkatan mencapai 91,66%. Dari segi hasil yang berkaitan dengan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 40%  atau sebanyak 8 orang dari 20 siswa yang tuntas memperoleh nilai     ≥ 65. sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II meningkat menjadi 85% atau sebanyak 17 orang dari 20 siswa yang tuntas memperoleh nilai ≥ 65. Dengan demikian skenario pembelajaran tercapai dan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 80% siswa memperoleh ≥ 65 telah tercapai. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sederhana di kelas IVb SD Negeri 15 Poasia. Kata Kunci: Hasil belajar, Model Pembelajaran Make A Match.
Abstract

ABSTRACT Mirna, 2017. "Application of Cooperative Learning Model Type Make A Match To Improve Student Learning Outcomes In Simple Room Build In Class IVb SD Negeri 15 Poasia". Department / Study Program Teacher Education FKIP Elementary School Halu Oleo University. In guidance by Dr. Izlan Sentryo, M.Pd as mentor I and Dra. Yoo Eka Yana Kansil, M.Pd., as mentor II. The formulation of the problem in this research is "What kind of cooperative learning model make a match can improve student learning outcomes in simple space building materials in grade IVb SD Negeri 15 Poasia? "The purpose of this study is to improve student learning outcomes on simple space building materials through the application of cooperative learning model type make a match in grade IVb SD Negeri 15 Poasia.            This type of research is a classroom action research. this study was conducted in the even semester of the academic year 2016/2017. This research was conducted in grade IVb SD Negeri 15 Poasia with total students 20 people consisting of 11 men and 9 women. This study was conducted from April 12, 2017 to 21 April 2017. The implementation of this classroom action research consists of 2 (two) cycles, namely cycle I and cycle II. In cycle I held two meetings and cycle II two meetings. The procedures in this study are: 1) Planning, 2) Implementation of Action, 3) Observation and Evaluation, 4) Reflection. data source in this research is teacher as researcher and student of grade IVb SD Negeri 15 Poasia. Data analysis technique in this research is descriptive statistic.             The result of observation, evaluation, and reflection on every action of learning improvement showed that in the first cycle action, the process of teacher teaching activity through cooperative type of make-match model implemented by the teacher reaches 68.18% and on the second cycle action increases 87,5% . Likewise in the process of activi ties undertaken by students in the first cycle reached 72.91% and on the action cycle II has increased reaches 91.66%. In terms of results relating to student learning outcomes in the first cycle is 40% or as many as 8 people from 20 students who complete the value of ≥ 65. while the results of student learning in cycle II increased to 85% or as many as 17 people from 20 students who complete value ≥ 65. Thus the learning scenario is achieved and the minimum mastery criteria (KKM) of 80% of students earned ≥ 65 has been achieved. So it can be concluded that the application of cooperative learning model type make a match can improve student learning outcomes on simple space building materials in grade IVb SD Negeri 15 Poasia. Keywords: Learning outcomes, Make A Match Learning Model.

Tahun Skripsi: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar IPA_Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Duruka pada Materi POkok Tekanan oleh SATRI MULAN(Skripsi, 2017)
  2. Meningkatkan Perbendaharaan Kata Anak melalui Metode Tanya Jawab dengan Menggunakan Media Boneka Tangan di Kelompok B TK Tunas Makarti Kendari oleh MELATI SULISTIANI (Skripsi, 2017)
  3. MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI BERMAIN SAIN DI KELOMPOK B TK HANDAYANI MATABUNDU TOARI KABUPATEN BOMBANA oleh Nur Amalia(Skripsi, 2017)
  4. STUDI PEMANFAATAN LIMBAH CANGKANG POKEA   (Batissa Violacea C.) SEBAGAI NANOKALSIUM TEETH  SERUM  UNTUK REKALSIFIKASI GIGI BERKARIES  oleh SITI MARSALINA(Skripsi, 2017)
  5. KEANEKARAGAMAN SERANGGA POLINATOR PADA PERKEBUNAN KAKAO (Theobromae cacao L.) DI DESA PUUDONGI KECAMATAN KOLONO KABUPATEN KONAWE SELATAN oleh DESI AFDALIANA(Skripsi, 2017)
  6. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI POKOK GEJALA-GEJALA YANG TERJADI DI ATMOSFER KELAS VII SMP NEGERI 1 WADAGA oleh WA ODE HALFINA(Skripsi, 2017)
  7. Komunikasi Persuasif Pustakawan dalam Peminjaman Koleksi pada Layanan Sirkulasi di Perpustakaan SMP Negeri 5 Kulisusu Kabupaten Buton Utara oleh EKA SRI WAHYUNI(Skripsi, 2017)
  8. JENIS-JENIS TUMBUHAN HERBA YANG TERDAPAT DI KAWASAN HUTAN LALAPINI DESA LAMETONO KECAMATAN LASOLO KABUPATEN KONAWE UTARA oleh Mega putri(Skripsi, 2017)
  9. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA MATERI POKOK TINDAKAN-TINDAKAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP MELALUI METODE TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS XI IPS5 DI SMA NEGERI 3 KENDARI oleh ASKAL ISWANTO(Skripsi, 2017)
  10. Penerapan Model Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Kebebasan Berorganisasi pada Siswa Kelas V SDN 2 Anggalomoare” oleh WERIATIN(Skripsi, 2017)
  11. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Ekskresi Kelas VIII 2 MTs Negeri 2 Kendari oleh Astaliati(Skripsi, 2017)
  12. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RANAH PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN BERINKUIRI PESERTA DIDIK  KELAS VIII5  SMPN 14 KENDARI PADA PEMBELAJARAN MATERI POKOK CAHAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN KIT IPA oleh Khaerun Nisa(Skripsi, 2017)
  13. DAMPAK PEMILIHAN KEPALA DAERAH (PILKADA) TERHADAP HUBUNGAN KEKERABATAN (STUDI DI KECAMATAN KABAENA TIMUR KABUPATEN BOMBANA) oleh AMRAN(Skripsi, 2017)
  14. PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN MODERNISASI SISTEM PERPAJAKAN TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA KENDARI oleh RAHMATIA(Skripsi, 2017)
  15. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat- sifat Cahaya di kelas V SD Negeri 5 Tongkuno Selatan oleh DIANA(Skripsi, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231