Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk  Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sederhana Di Kelas IVb SD Negeri 15 Poasia
MIRNA
Pembimbing: Dr. Izlan Sentryo, M.Pd dan Dra. Yoo Eka Yana Kansil, M.Pd.,
Abstrak
ABSTRAK     Mirna,  2017. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk  Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sederhana Di Kelas IVb SD Negeri 15 Poasia”. Jurusan/Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Halu Oleo. Di bimbing oleh Dr. Izlan Sentryo, M.Pd selaku pembimbing I dan Dra. Yoo Eka Yana Kansil, M.Pd., selaku pembimbing II.             Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sederhana di kelas IVb SD Negeri 15 Poasia ? “Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sederhana melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match di kelas IVb SD Negeri 15 Poasia.   Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. penelitian ini dilaksanakan di kelas IVb SD Negeri 15 Poasia dengan jumlah siswa 20 orang yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 12 April 2017 s/d 21 April 2017. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 (dua) siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan dan siklus II dua kali pertemuan. Adapun prosedur dalam penelitian ini adalah: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Observasi dan Evaluasi, 4) Refleksi. sumber data pada penelitian ini adalah guru sebagai peneliti dan siswa kelas IVb SD Negeri 15 Poasia. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif.   Hasil observasi, evaluasi, dan refleksi pada setiap tindakan perbaikan pembelajaran menunjukan bahwa pada tindakan siklus I, proses aktivitas mengajar guru melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match yang dilaksanakan oleh guru mencapai 68,18% dan pada tindakan siklus II meningkat  87,5%. Begitupun pada proses aktivitas yang dilakukan oleh siswa pada siklus I mencapai 72,91% dan pada tindakan siklus II mengalami peningkatan mencapai 91,66%. Dari segi hasil yang berkaitan dengan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 40%  atau sebanyak 8 orang dari 20 siswa yang tuntas memperoleh nilai     ≥ 65. sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II meningkat menjadi 85% atau sebanyak 17 orang dari 20 siswa yang tuntas memperoleh nilai ≥ 65. Dengan demikian skenario pembelajaran tercapai dan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 80% siswa memperoleh ≥ 65 telah tercapai. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sederhana di kelas IVb SD Negeri 15 Poasia. Kata Kunci: Hasil belajar, Model Pembelajaran Make A Match.
Abstract

ABSTRACT Mirna, 2017. "Application of Cooperative Learning Model Type Make A Match To Improve Student Learning Outcomes In Simple Room Build In Class IVb SD Negeri 15 Poasia". Department / Study Program Teacher Education FKIP Elementary School Halu Oleo University. In guidance by Dr. Izlan Sentryo, M.Pd as mentor I and Dra. Yoo Eka Yana Kansil, M.Pd., as mentor II. The formulation of the problem in this research is "What kind of cooperative learning model make a match can improve student learning outcomes in simple space building materials in grade IVb SD Negeri 15 Poasia? "The purpose of this study is to improve student learning outcomes on simple space building materials through the application of cooperative learning model type make a match in grade IVb SD Negeri 15 Poasia.            This type of research is a classroom action research. this study was conducted in the even semester of the academic year 2016/2017. This research was conducted in grade IVb SD Negeri 15 Poasia with total students 20 people consisting of 11 men and 9 women. This study was conducted from April 12, 2017 to 21 April 2017. The implementation of this classroom action research consists of 2 (two) cycles, namely cycle I and cycle II. In cycle I held two meetings and cycle II two meetings. The procedures in this study are: 1) Planning, 2) Implementation of Action, 3) Observation and Evaluation, 4) Reflection. data source in this research is teacher as researcher and student of grade IVb SD Negeri 15 Poasia. Data analysis technique in this research is descriptive statistic.             The result of observation, evaluation, and reflection on every action of learning improvement showed that in the first cycle action, the process of teacher teaching activity through cooperative type of make-match model implemented by the teacher reaches 68.18% and on the second cycle action increases 87,5% . Likewise in the process of activi ties undertaken by students in the first cycle reached 72.91% and on the action cycle II has increased reaches 91.66%. In terms of results relating to student learning outcomes in the first cycle is 40% or as many as 8 people from 20 students who complete the value of ≥ 65. while the results of student learning in cycle II increased to 85% or as many as 17 people from 20 students who complete value ≥ 65. Thus the learning scenario is achieved and the minimum mastery criteria (KKM) of 80% of students earned ≥ 65 has been achieved. So it can be concluded that the application of cooperative learning model type make a match can improve student learning outcomes on simple space building materials in grade IVb SD Negeri 15 Poasia. Keywords: Learning outcomes, Make A Match Learning Model.

Tahun Skripsi: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1.  DESKRIPSI INDEKS PRESTASI MAHASISWA BIDIKMISI JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI KONSENTRASI KOPERASI ANGKATAN 2013 UNIVERSITAS HALU OLEO oleh SITTI NURMALA(Skripsi, 2017)
  2. PRODUKSI DAN EKSTRAKSI METANOL KULIT DURIAN DENGAN METODE PIROLISIS DAN DESTILASI BERTINGKAT oleh FERNI SASMITA(Skripsi, 2017)
  3. Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Harga Diri melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) pada Siswa Kelas III SD Negeri 7 Langara Kabupaten Konawe Kepulauan oleh MAESARI(Skripsi, 2017)
  4. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI MASALAH SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 2 WAWOROPE KABUPATEN KONAWE KEPULAUAN oleh MISNAWIAH(Skripsi, 2017)
  5. PERANCANGAN DAN PEMBUATAN DINAMOMETER TIPE CAKRAM UNTUK SARANA PRAKTIKUM PRESTASI MESIN  oleh KASMAN HIDAYAT(Skripsi, 2017)
  6. PENGARUH PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU SD DI KECAMATAN UNAAHA KABUPATEN KONAWE oleh GOMIN(Tesis, 2018)
  7. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA PADA MATERI MENJAGA KEUTUHAN NKRI KELAS V SDN 4 BATAIWORU oleh WA ODE RABANIA(Skripsi, 2017)
  8. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI PEMBELAJARAN SISTEM PEMERINTAHAN DESA DAN KECAMATAN PADA SISWA KELAS IV SDN 4 BATALAIWORU oleh WA ODE ROSMA(Skripsi, 2017)
  9. PENGARUH KARAKTERISTIK STRUKTUR ORGANISASI DAN PERILAKU KERJA PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAHKABUPATEN KOLAKA oleh ENDRY WIJAYA(Tesis, 2017)
  10. PENGARUH AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI, DAN PENGAWASAN TERHADAP PENGELOLAAN ANGGARAN BERKONSEP VALUE FOR MONEY PADA BADAN PENGELOLA KEUANGAN DAN ASET DAERAH KOTA KENDARI oleh VINA OLIVIA PEBRIANTY(Tesis, 2017)
  11. STUDI PENGELOLAAN KEUANGAN DANA DESA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KABUPATEN KONAWE SELATAN oleh UMMUL HAERAT(Tesis, 2018)
  12. MENINGKATKAN KEMAMPUAN NATURALIS ANAK MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN OUTDOOR DI KELOMPOK B TK SANGIA JAMPAKA KECAMATAN MAWASANGKA KABUPATEN BUTON TENGAH oleh FITRI AYU FINCE(Skripsi, 2017)
  13. MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA VISUAL KARTU DI KELOMPOK B TK ISLAM KEMARAYA KENDARI oleh AYU KARTIKA SARI(Skripsi, 2017)
  14. Simulasi Persamaan Getaran Harmonik Teredam pada Pegas Ganda 2D Menggunakan Visual Basic for Application (VBA) Spreadsheet Excel oleh SARIPATI(Skripsi, 2017)
  15. BENTUK UPAYA GURU PPKN DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 WATOPUTE KECAMATAN WATOPUTE KABUPATEN MUNA oleh WA ASMA(Skripsi, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231