Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kleas IV SDN 12 Kendari
Krisdayanti Yakub
Pembimbing: Drs. La Rabani, S. Pd,. M. Pd dan Drs. Ahid Hidayat, M. Hum
Abstrak
ABSTRAK Krisdayanti Yakub 2017. “Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas IV SDN 12 Kendari”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Halu Oleo. Pembimbing: (1) Drs. La Rabani, S.Pd, M.Pd dan (2) Drs. Ahid Hidayat, M. Hum. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Masalah penelitian ini dirumuskan sebagai berikut. “Apakah penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV SDN 12 Kendari?” Tujuan penelitian ini adalah upaya meningkatkan keterampilan menulis dengan pendekatan kontekstual siswa kelas IV SDN 12 Kendari. Prosedur penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam lima tahap yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi dalam setiap siklus. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan dengan pokok bahasan menulis karangan.Hasil penelitian ini, menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tes siklus I, ketuntasan klasikal mencapai 72% atau sudah ada 17 orang siswa dari 25 orang siswa yang tuntas KKM dengan nilai rata-rata 72,25. Kemudian meningkat pada siklus II menjadi 88% tuntas secara klasikal, artinya sebanyak 22 orang siswa dari 25 orang siswa sudah tuntas KKM, dengan nilai rata￾rata meningkat menjadi 78. Dan hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap siklus telah mencapai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah yakni 75% siswa harus mencapai nilai ≥70 maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa. Hal ini pun juga berdampak pada aktivitas guru dan aktivitas siswa, berdasarkan observasi yang dilakukan dengan meningkatnya hasil belajar siswa maka aktivitas guru dan siswa pun ikut meningkat. Kata kunci: keterampilan menulis karangan, pendekatan kontekstual.
Abstract

ABSTRACT Krisdayanti Yakub 2017. "Implementation of Contextual Approach to Improve Writing Skill of Fourth Grade Students of SDN 12 Kendari". Essay. Department of Elementary School Teacher Education, FKIP Halu Oleo University. Supervisor: (1) Drs. La Rabani, S. Pd, M.Pd and (2) Drs. Ahid Hidayat,M.Hum. This research is a classroom action research. The research problem is formulated as follows. "Is the application of contextual approach can improve the writing skill of fourth graders of SDN 12 Kendari?" The purpose of this research is to improve writing skill with contextual approach of fourth grade students of SDN 12 Kendari. This classroom action research procedure is carried out in five phases including: planning, action implementation, observation and evaluation and reflection in each cycle. This classroom action research is conductedin two cycles. Each cycle consists of two meetings with a written essay. The results of this study, showing improvement in student learning outcomes. Based on the results of the first cycle test, classical completeness reached 72% or here are 17 students from 25 students who complete the KKM with an average value of 72.25. Then increased in cycle II to 88% complete classically, meaning that as many as 22 students from 25 students have completed KKM, with the average value increased to 78. And the results of observation, evaluation and reflection on each cycle has reached the predetermined KKM By school that is 75% of student have to reach value ≥70 hence can be concluded that applying of contextual approach can improve student writing skill. This also affects the activity of teachers and student activities, based on observations made with the increase of student learning results, the activity of teachers and students also increased.  Keywords: writing skill, contextual approach.

Tahun Skripsi: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. PENGARUH KOMPETENSI PENGELOLAAN KEUANGAN, AUDIT INTERNAL DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN UNIVERSITAS HALU OLEO oleh OMASRIANTO(Tesis, 2017)
  2. ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM BAHTERAMAS PROVINSI SULAWESI TENGGARA   oleh NURDIANA(Tesis, 2017)
  3. PENGARUH KETERLIBATAN KERJA DAN KARAKTERISTIK PEKERJAAN TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA PEGAWAI PADA INSPEKTORAT PROVINSI SULAWESI TENGGARA oleh Rina Wiranti(Tesis, 2017)
  4. Analisis Efektivitas Pembinaan Di Luar Tahanan Bagi Narapidana (Studi pada Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Kendari) oleh Muhammad Desryl Aqsah(Tesis, 2017)
  5. Nilai-nilai Budaya yang Terkandung Dalam Cerita Rakyat Muna yaitu Ratohano Fitu Ghulu Bidhadhari oleh TAMRIN(Skripsi, 2016)
  6. PENGARUH TEMPERATUR MESIN TETAS TERHADAP FERTILITAS, DAYA HIDUP EMBRIO, DAYA TETAS DAN BOBOT TETAS TELUR ITIK TEGAL oleh SRI YUNIATI SANDRA MALDANA(Skripsi, 2017)
  7. KEKERABATAN BAHASA WAWONII DAN BAHASA MENUI oleh JOFI IRFAN(Skripsi, 2016)
  8. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif IPA dan Keterampilan Proses  Sains Siswa Kelas IV SD oleh FATMAWATI HOI(Tesis, 2017)
  9. Perbedaan Hasil Pembelajaran PKN Antara Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Model Pembelajaran Konvensional Di SMP Negeri 12 Kendari oleh SUHARTI(Tesis, 2017)
  10. Pengaruh Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Wakatobi. oleh WA ODE DIAN MITHA BESTARI(Skripsi, 2017)
  11. HUBUNGAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI DIKECAMATAN TONGAUNA KABUPATEN KONAWE oleh EGUSRIN(Tesis, 2017)
  12. Hubungan Motivasi dan Disiplin dengan Hasil Belajar IPS  Pada SMP Negeri di Kecamatan Abuki dan Tongauna Kabupaten Konawe oleh BAKTI(Tesis, 2017)
  13. PEMANFAATAN LIMBAH KULIT KERANG MENJADI KAYA SENI BAGI PENGEMBANGAN USAHA KERAJINAN DI KOTA KENDARI oleh EMARIA FATIMAH PANJAITAN(Tesis, 2017)
  14. IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TARI LINDA MELALUI METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS XI SMAN 3 RAHA KABUPATEN MUNA   oleh WA HARIATI(Tesis, 2017)
  15. Kajian Pertumbuhan, Produksi Karkas dan Non Karkas Broiler Yang Diberi Pakan Komersial dan Berbagai Bobot Potong Yang Berbeda oleh Muhammad Sawadi(Tesis, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231