Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IVSD Negeri 06 Baruga.
dzulfaliyani madi
Pembimbing: Muhamad Abas,S.Pd., M.Si. dan Drs. H. La Ode Raffiudin R., M.Pd.
Abstrak
ABSTRAK Dzulfaliyani Madi, 2017. Penerapan model pembelajaran Kooperatif TipeTeamsGames Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IVSD Negeri 06 Baruga. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Halu Oleo. Pembimbing: 1) Muhammad Abas, S.Pd.,M.Si. dan 2) Drs. H. La Ode Rafiuddin, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial IPS pada materi pokok Teknologi Produksi, Transportasi Dan Komunikasi bagi siswa kelas IV SD Negeri 06 Baruga kota kendari?Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa pada materi Teknologi Produksi, Transportasi Dan Komunikasi melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) di kelas IV SD Negeri 06 Baruga.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diambil dengan menggunakan lembar observasi, sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui tes hasil belajar siswa. Setting penelitian tindakan kelas ini telah dilaksanakan di SD Negeri 06 Baruga.Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVSD Negeri 06 Baruga yang terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa sebanyak 22 siswa, yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan.Pelaksanaan tindakan mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas sebagai berikut; 1) perencanaan; 2) pelaksanaan tindakan dan observasi; 3) evaluasi; 4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus.Berdasarkan hasil penelitian, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Pada siklus 1 dari 22 siswa 10 orang siswa yang  tuntas dengan persentase ketuntasan 45,45% dengan rata-rata 59,54yang mencapai nilai KKM. Pada siklus 2 mengalami peningkatan yaitu dari jumlah 22 siswa 18 siswa tuntas dengan persentase ketuntasan 81,81% dengan rata-rata 73,18 telah mencapai standar nilai KKM. Berdasarkan analisis data hasil pengamatan aktivitas mengajar guru dan aktivitas siswa diperoleh persentase ketercapaian pada siklus 1 dari 100% menjadi 87,5%, sedangkan persentase ketercapaian pada siklus 2 dari 75% meningkat menjadi 75%.Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pendekatan TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Teknologi Produksi, Transportasi Dan Komunikasi di Kelas IV SD Negeri 06 Baruga. Peneliti menyarankan hal-hal sebagai berikut: 1) bagi sekolah, dapat menerapkan model pembelajaran TGT karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa, 2) bagi guru, model pembelajaran TGT dapat membangun dan mengembangkan kemampuan kognitif siswa, 3) bagi peneliti, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan rujukan dalam melaksanakan penelitian untuk meningkankan tujuan pembelajaran.   Kata-kata kunci: Teams Games Tournamen, hasil belajar siswa.
Abstract

ABSTRACT Dzulfaliyani Madi, 2017. Application of Cooperative Learning Model TypeTeamsGames Tournament (TGT) in Improving Student Learning Outcomes in Social Science Subjects IVSD Negeri Baruga 6th Class. Department of Primary School Teacher Education FKIP Halu Oleo University. Advisor: 1) Muhammad Abas, S.Pd., M.Si. and 2) Drs. H. La Ode Rafiuddin, M.Pd.  The formulation of the problem in this research is whether Cooperative Teams Games Tournament (TGT) model can improve the social science learning result of IPS on the subject matter of Production, Transportation and Communication Technology for fourth grade students of SD Negeri 06 Baruga city kendari The purpose of this research is to improve the learning outcomes of Social Science (IPS) students on Production Technology, Transportation and Communication materials through Cooperative Teams Game Tournament (TGT) model in grade IV SD Negeri 06 Baruga. This type of research is a classroom action research. Data in this research is qualitative data and quantitative data. Qualitative data is taken by using observation sheet, while the quantitative data is obtained through student learning result test. Setting of this class action research has been conducted in SD Negeri 06 Baruga.Subjek this research is all students of class IVSD 06 Baruga registered in semester of the academic year 2016/2017 with the number of students as much as 22 students, consisting of 10 male students and 12 female students. Implementation of the action follows classroom action research procedures as follows; 1) planning; 2) implementation of action and observation; 3) evaluation; 4) reflection. This study was conducted in two cycles. Based on the results of the study, there is an increase in student learning outcomes from cycle 1 to cycle 2. In cycle 1 of 22 students 10 complete students with a percentage mastery of 45.45% with an average of 59.54 which reached the value KKM. In cycle 2 has an increase of 22 students from 18 students complete with a percentage of 81.81% completeness with an average of 73.18 has reached the standard value of KKM. Based on data analysis of observation result of teacher teaching activity and student activity, the percentage of achievement in cycle 1 from 100% to 87,5%, while the percentage of achievement in cycle 2 from 75% increased to 75%. It can be concluded that by applying TGT approach can improve yield student learning on materials Production Technology, Transportation And Communication in Class IV SD Negeri 06 Baruga. The researcher suggested the following things: 1) for the school, can apply TGT learning model because it can improve student learning outcomes, 2) for teachers, TGT learning model can build and develop students cognitive ability, 3) for the researcher, serve as reference material in conducting research to tackle learning objectives.  Keywords: Teams Games Tournament, student learning outcomes.    

Tahun Skripsi: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. PENGARUH PEMBERDAYAAN PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KANTOR CAMAT KONDA KABUPATEN KONAWE SELATAN oleh RIRIN ULFARIA TAWAKAL(Skripsi, 2017)
  2. Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IVSD Negeri 06 Baruga. oleh dzulfaliyani madi(Skripsi, 2017)
  3. Pemetaan Penyakit Demam Berdarah Dengue di Kota Kendari Tahun 2013 dan 2014 dengan Analisis Pola Spasial oleh Anita Deppasau(Skripsi, 2015)
  4. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SENI KARYA MENGANYAM MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING oleh RISMAN NONE TALIB (Tesis, 2017)
  5. PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA PERIODE 2016/2021 (STUDI DI DESA BORO-BORO L KEC. RANOMEETO BARAT  KAB. KONAWE SELATAN)   oleh Pitra Kurniwati(Skripsi, 2017)
  6. PENGARUH PENAMBAHAN PASTA KACANG TANAH DAN PERBEDAAN SUHU TEMPERING TERHADAP KARAKTERISTIK FISIK DAN ORGANOLEPTIK COKELAT BATANG oleh NIRWAN SUDIRMAN(Skripsi, 2017)
  7. POLA PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN BOMBANA TAHUN 2010-2015 oleh HADIRMAN(Skripsi, 2017)
  8. TINJAUAN PELAKSANAAN KONSTRUKSI DENGAN METODE CPM/PERT (STUDI KASUS PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BOMBANA) oleh FEBRY SEPTIANI(Skripsi, 2017)
  9. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR HIDROLISIS GARAM  SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 PASARWAJO oleh TITA MARTIN(Skripsi, 2017)
  10. PENGARUH EKSTRAK TUMBUHAN BROTOWALI (Tinospora crispa, L.)  TERHADAP SPERMATOGENESIS MENCIT (Mus musculus, L.) oleh ARJUNI(Skripsi, 2017)
  11. PERSENTASE KARKAS DAN BAGIAN-BAGIAN KARKAS ENTOK (Cairina moschata) PADA BERBAGAI UMUR YANG BERBEDA oleh LA ODE AGUSALIM (Skripsi, 2016)
  12. TANGGUNG JAWAB INDUK PERUSAHAAN TERHADAP PERJANJIAN YANG DIBUAT OLEH ANAK PERUSAHAAN   oleh MUHAMMAD ISMAN SAKARIAH(Skripsi, 2017)
  13. ANALISIS REGRESI UNTUK MENGETAHUI FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PENDAPATAN DAERAH DI SULAWESI TENGGARA   oleh MAIMANAH(Skripsi, 2017)
  14. ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS JASA LAYANAN INTERNET DI @wifi.id CORNER DI KOTA KENDARI oleh MUH. AWARDHAN PAGALA(Skripsi, 2017)
  15. ANALISIS PUTUSAN NOMOR 13/Pdt.G/2016/PN.PSW TERHADAP PENGAKUAN PENGGUGAT SEBAGAI AHLI WARIS PADA TANAH AREAL PENGGUNAAN LAIN (APL) oleh GUSMAN PALEKA(Skripsi, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231