Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

MENINGKATKAN PENGENALAN SENI KREATIF ANAK MELALUI PEMANFAATAN KAIN PERCA DI KELOMPOK B TK TUNAS MAKARTI KENDARI
NUR HASANAH
Pembimbing: Dr. Hj. Aisyah, S.Pd., M.Pd dan Dr. Salwiah, S.Pd., M.Pd
Abstrak
ABSTRAK Nur Hasanah. 2017. “Meningkatkan Pengenalan Seni Kreatif Anak melalui Pemanfaatan Kain Perca di Kelompok B TK Tunas Makarti Kendari”. Jurusan  Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Pembimbing I Ibu Hj. Aisyah dan pembimbing II Ibu Salwiah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan pengenalan seni kreatif anak melalui pemanfaatan kain perca di kelompok B TK Tunas Makarti Kendari?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengenalan seni kreatif anak melalui pemanfaatan kain perca di Kelompok B TK Tunas Makarti Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahapan dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi.  Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak  didik di Kelompok B-5 TK Tunas Makarti Kendari yang berjumlah 15 orang anak didik yang terdiri dari 8 anak didik laki-laki dan 7 anak didik perempuan dengan rentang usia 5-6 tahun. Berdasarkan hasil belajar anak tentang peningkatan pengenalan seni kreatif anak melalui pemanfaatan kain perca di kelompok B diperoleh persentase ketercapaian sebesar 60% atau 9 anak didik dan ada 6 anak didik yang tidak mengalami ketercapaian atau sebesar 40%. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketercapaian sebesar 87% atau 13 anak didik, sedangkan anak didik yang tidak mengalami ketercapaian sebesar 13% atau 2 anak didik dari jumlah peserta 15 anak didik. Berdasarkan hasil analisis data dari aktivitas mengajar guru pada siklus I sebanyak 14 aspek diperoleh persentase ketercapaian sebesar 71% atau 10 aspek yang tercapai dan ada 4 aspek yang tidak mengalami ketercapian atau sebesar 29%. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketercapaian sebesar 93% atau 13 aspek yang tercapai dan 7% atau 1 aspek yang tidak tercapai. Pada aktivitas belajar anak didik siklus I dari 13 aspek diperoleh persentase ketercapaian sebesar 62% atau 8 aspek yang tercapai dan 38% atau 5 aspek yang tidak tercapai, sedangkan aktivitas belajar anak siklus II mengalami peningkatan menjadi 92% atau 12 aspek yang tercapai dan sebesar 8% atau 1 aspek yang tidak tercapai. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengenalan seni kreatif anak dapat ditingkatkan melalui pemanfaatan kain perca di kelompok B-5 TK Tunas Makarti Kendari.   Kata kunci: seni kreatif anak, pemanfaatan kain perca
Abstract

ABSTRACT Nur Hasanah. 2017. "The Increasing of Children Creative Art Identification through the Scraps of Clothes Utilization in Group B TK Tunas Makarti Kendari". Department of Teacher Education Early Childhood Education, Faculty of Teacher Training and Education Halu Oleo University. The first advisor by Mrs. Hj. Aisyah and the second advisor by Mrs. Salwiah. The formulation of the problem in this research is how to increased the children creative art identification through the scraps of clothes utilization in group B TK Tunas Makarti Kendari?. This study aims to increased the children creative art identification through the scraps of clothes utilization in group B TK Tunas Makarti Kendari. The type of the research is a classroom action research. This study was conducted in two cycles. Stages in this study follows a classroom action research procedures, namely: (1) planning, (2) implementation, (3) observation and (4) reflection. Subjects in this study were teachers and students in group B-5 TK Tunas Makarti Kendari which amount to 15 children consist of 8 boys and 7 girls by interval age of 5-6 year. Based on the students learning outcomes about increased the children creative art identification through scraps of clothes utilization in group B TK Tunas Makarti Kendari obtained percentage achieved to 60% or 9 students and there are 6 students unreached or 40%. And increased in the second cycle by percentage of achieved to 87% or 13 students, while the children unreached to 13% or 2 students from the number of 15 participants students. Based on the results of data analysis of teacher teaching activities in the first cycle  amount to 14 aspects obtained percentage of achieved to 71% or 10 aspects are achieved and there are 4 aspects reached or 29% unreached. At the second cycle  increased with percentage of achieved to 93% or 13 aspects achieved and 7% or 1 aspect unreached. In the students learning activities at the first cycle from 13 aspects obtained percentage achieved to 62% or 8 aspects achieved and 38% or 5 aspects unreached, while the students learning activities at the second cycle increased to 92% or 12 aspects are achieved and 8 % or 1 aspect unreached. The research can be concluded that the children creative art identification can be increased through the scraps of clothes utilization in group B TK Tunas Makarti Kendari.   Keywords: children creative art, scraps of clothes utilization 

Tahun Skripsi: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1.  DESKRIPSI INDEKS PRESTASI MAHASISWA BIDIKMISI JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI KONSENTRASI KOPERASI ANGKATAN 2013 UNIVERSITAS HALU OLEO oleh SITTI NURMALA(Skripsi, 2017)
  2. PRODUKSI DAN EKSTRAKSI METANOL KULIT DURIAN DENGAN METODE PIROLISIS DAN DESTILASI BERTINGKAT oleh FERNI SASMITA(Skripsi, 2017)
  3. Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Harga Diri melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) pada Siswa Kelas III SD Negeri 7 Langara Kabupaten Konawe Kepulauan oleh MAESARI(Skripsi, 2017)
  4. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI MASALAH SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 2 WAWOROPE KABUPATEN KONAWE KEPULAUAN oleh MISNAWIAH(Skripsi, 2017)
  5. PERANCANGAN DAN PEMBUATAN DINAMOMETER TIPE CAKRAM UNTUK SARANA PRAKTIKUM PRESTASI MESIN  oleh KASMAN HIDAYAT(Skripsi, 2017)
  6. PENGARUH PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU SD DI KECAMATAN UNAAHA KABUPATEN KONAWE oleh GOMIN(Tesis, 2018)
  7. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA PADA MATERI MENJAGA KEUTUHAN NKRI KELAS V SDN 4 BATAIWORU oleh WA ODE RABANIA(Skripsi, 2017)
  8. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI PEMBELAJARAN SISTEM PEMERINTAHAN DESA DAN KECAMATAN PADA SISWA KELAS IV SDN 4 BATALAIWORU oleh WA ODE ROSMA(Skripsi, 2017)
  9. PENGARUH KARAKTERISTIK STRUKTUR ORGANISASI DAN PERILAKU KERJA PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAHKABUPATEN KOLAKA oleh ENDRY WIJAYA(Tesis, 2017)
  10. PENGARUH AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI, DAN PENGAWASAN TERHADAP PENGELOLAAN ANGGARAN BERKONSEP VALUE FOR MONEY PADA BADAN PENGELOLA KEUANGAN DAN ASET DAERAH KOTA KENDARI oleh VINA OLIVIA PEBRIANTY(Tesis, 2017)
  11. STUDI PENGELOLAAN KEUANGAN DANA DESA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KABUPATEN KONAWE SELATAN oleh UMMUL HAERAT(Tesis, 2018)
  12. MENINGKATKAN KEMAMPUAN NATURALIS ANAK MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN OUTDOOR DI KELOMPOK B TK SANGIA JAMPAKA KECAMATAN MAWASANGKA KABUPATEN BUTON TENGAH oleh FITRI AYU FINCE(Skripsi, 2017)
  13. MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA VISUAL KARTU DI KELOMPOK B TK ISLAM KEMARAYA KENDARI oleh AYU KARTIKA SARI(Skripsi, 2017)
  14. Simulasi Persamaan Getaran Harmonik Teredam pada Pegas Ganda 2D Menggunakan Visual Basic for Application (VBA) Spreadsheet Excel oleh SARIPATI(Skripsi, 2017)
  15. BENTUK UPAYA GURU PPKN DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 WATOPUTE KECAMATAN WATOPUTE KABUPATEN MUNA oleh WA ASMA(Skripsi, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231