Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

MENINGKATKAN PENGENALAN SENI KREATIF ANAK MELALUI PEMANFAATAN KAIN PERCA DI KELOMPOK B TK TUNAS MAKARTI KENDARI
NUR HASANAH
Pembimbing: Dr. Hj. Aisyah, S.Pd., M.Pd dan Dr. Salwiah, S.Pd., M.Pd
Abstrak
ABSTRAK Nur Hasanah. 2017. “Meningkatkan Pengenalan Seni Kreatif Anak melalui Pemanfaatan Kain Perca di Kelompok B TK Tunas Makarti Kendari”. Jurusan  Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Pembimbing I Ibu Hj. Aisyah dan pembimbing II Ibu Salwiah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan pengenalan seni kreatif anak melalui pemanfaatan kain perca di kelompok B TK Tunas Makarti Kendari?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengenalan seni kreatif anak melalui pemanfaatan kain perca di Kelompok B TK Tunas Makarti Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahapan dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi.  Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak  didik di Kelompok B-5 TK Tunas Makarti Kendari yang berjumlah 15 orang anak didik yang terdiri dari 8 anak didik laki-laki dan 7 anak didik perempuan dengan rentang usia 5-6 tahun. Berdasarkan hasil belajar anak tentang peningkatan pengenalan seni kreatif anak melalui pemanfaatan kain perca di kelompok B diperoleh persentase ketercapaian sebesar 60% atau 9 anak didik dan ada 6 anak didik yang tidak mengalami ketercapaian atau sebesar 40%. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketercapaian sebesar 87% atau 13 anak didik, sedangkan anak didik yang tidak mengalami ketercapaian sebesar 13% atau 2 anak didik dari jumlah peserta 15 anak didik. Berdasarkan hasil analisis data dari aktivitas mengajar guru pada siklus I sebanyak 14 aspek diperoleh persentase ketercapaian sebesar 71% atau 10 aspek yang tercapai dan ada 4 aspek yang tidak mengalami ketercapian atau sebesar 29%. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketercapaian sebesar 93% atau 13 aspek yang tercapai dan 7% atau 1 aspek yang tidak tercapai. Pada aktivitas belajar anak didik siklus I dari 13 aspek diperoleh persentase ketercapaian sebesar 62% atau 8 aspek yang tercapai dan 38% atau 5 aspek yang tidak tercapai, sedangkan aktivitas belajar anak siklus II mengalami peningkatan menjadi 92% atau 12 aspek yang tercapai dan sebesar 8% atau 1 aspek yang tidak tercapai. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengenalan seni kreatif anak dapat ditingkatkan melalui pemanfaatan kain perca di kelompok B-5 TK Tunas Makarti Kendari.   Kata kunci: seni kreatif anak, pemanfaatan kain perca
Abstract

ABSTRACT Nur Hasanah. 2017. "The Increasing of Children Creative Art Identification through the Scraps of Clothes Utilization in Group B TK Tunas Makarti Kendari". Department of Teacher Education Early Childhood Education, Faculty of Teacher Training and Education Halu Oleo University. The first advisor by Mrs. Hj. Aisyah and the second advisor by Mrs. Salwiah. The formulation of the problem in this research is how to increased the children creative art identification through the scraps of clothes utilization in group B TK Tunas Makarti Kendari?. This study aims to increased the children creative art identification through the scraps of clothes utilization in group B TK Tunas Makarti Kendari. The type of the research is a classroom action research. This study was conducted in two cycles. Stages in this study follows a classroom action research procedures, namely: (1) planning, (2) implementation, (3) observation and (4) reflection. Subjects in this study were teachers and students in group B-5 TK Tunas Makarti Kendari which amount to 15 children consist of 8 boys and 7 girls by interval age of 5-6 year. Based on the students learning outcomes about increased the children creative art identification through scraps of clothes utilization in group B TK Tunas Makarti Kendari obtained percentage achieved to 60% or 9 students and there are 6 students unreached or 40%. And increased in the second cycle by percentage of achieved to 87% or 13 students, while the children unreached to 13% or 2 students from the number of 15 participants students. Based on the results of data analysis of teacher teaching activities in the first cycle  amount to 14 aspects obtained percentage of achieved to 71% or 10 aspects are achieved and there are 4 aspects reached or 29% unreached. At the second cycle  increased with percentage of achieved to 93% or 13 aspects achieved and 7% or 1 aspect unreached. In the students learning activities at the first cycle from 13 aspects obtained percentage achieved to 62% or 8 aspects achieved and 38% or 5 aspects unreached, while the students learning activities at the second cycle increased to 92% or 12 aspects are achieved and 8 % or 1 aspect unreached. The research can be concluded that the children creative art identification can be increased through the scraps of clothes utilization in group B TK Tunas Makarti Kendari.   Keywords: children creative art, scraps of clothes utilization 

Tahun Skripsi: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar IPA_Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Duruka pada Materi POkok Tekanan oleh SATRI MULAN(Skripsi, 2017)
  2. Meningkatkan Perbendaharaan Kata Anak melalui Metode Tanya Jawab dengan Menggunakan Media Boneka Tangan di Kelompok B TK Tunas Makarti Kendari oleh MELATI SULISTIANI (Skripsi, 2017)
  3. MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI BERMAIN SAIN DI KELOMPOK B TK HANDAYANI MATABUNDU TOARI KABUPATEN BOMBANA oleh Nur Amalia(Skripsi, 2017)
  4. STUDI PEMANFAATAN LIMBAH CANGKANG POKEA   (Batissa Violacea C.) SEBAGAI NANOKALSIUM TEETH  SERUM  UNTUK REKALSIFIKASI GIGI BERKARIES  oleh SITI MARSALINA(Skripsi, 2017)
  5. KEANEKARAGAMAN SERANGGA POLINATOR PADA PERKEBUNAN KAKAO (Theobromae cacao L.) DI DESA PUUDONGI KECAMATAN KOLONO KABUPATEN KONAWE SELATAN oleh DESI AFDALIANA(Skripsi, 2017)
  6. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI POKOK GEJALA-GEJALA YANG TERJADI DI ATMOSFER KELAS VII SMP NEGERI 1 WADAGA oleh WA ODE HALFINA(Skripsi, 2017)
  7. Komunikasi Persuasif Pustakawan dalam Peminjaman Koleksi pada Layanan Sirkulasi di Perpustakaan SMP Negeri 5 Kulisusu Kabupaten Buton Utara oleh EKA SRI WAHYUNI(Skripsi, 2017)
  8. JENIS-JENIS TUMBUHAN HERBA YANG TERDAPAT DI KAWASAN HUTAN LALAPINI DESA LAMETONO KECAMATAN LASOLO KABUPATEN KONAWE UTARA oleh Mega putri(Skripsi, 2017)
  9. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA MATERI POKOK TINDAKAN-TINDAKAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP MELALUI METODE TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS XI IPS5 DI SMA NEGERI 3 KENDARI oleh ASKAL ISWANTO(Skripsi, 2017)
  10. Penerapan Model Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Kebebasan Berorganisasi pada Siswa Kelas V SDN 2 Anggalomoare” oleh WERIATIN(Skripsi, 2017)
  11. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Ekskresi Kelas VIII 2 MTs Negeri 2 Kendari oleh Astaliati(Skripsi, 2017)
  12. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RANAH PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN BERINKUIRI PESERTA DIDIK  KELAS VIII5  SMPN 14 KENDARI PADA PEMBELAJARAN MATERI POKOK CAHAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN KIT IPA oleh Khaerun Nisa(Skripsi, 2017)
  13. DAMPAK PEMILIHAN KEPALA DAERAH (PILKADA) TERHADAP HUBUNGAN KEKERABATAN (STUDI DI KECAMATAN KABAENA TIMUR KABUPATEN BOMBANA) oleh AMRAN(Skripsi, 2017)
  14. PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN MODERNISASI SISTEM PERPAJAKAN TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA KENDARI oleh RAHMATIA(Skripsi, 2017)
  15. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat- sifat Cahaya di kelas V SD Negeri 5 Tongkuno Selatan oleh DIANA(Skripsi, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231