Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS LAPORAN HASIL PENGAMATAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAILKEM PADA SISWA KELAS VII-1 MTsN 2 KENDARI
SRIASTUTI
Pembimbing: Dra. Sri Suryana Dinar, M.Hum dan Prof. Dr. La Niampe, M.Hum
Abstrak
                                                          ABSTRAK             Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya masalah yang dihadapi guru, yaitu rendahnya hasil belajar menulis teks laporan hasil pengamatan pada siswa tahun sebelumnya dengan materi yang sama, guru yang sama dan metode yang sama pula dan hasilnya lebih banyak siswa yang mencapai nilai rata-rata dibawah kkm, sehingga diprediksikan tahun ajaran 2016/2017 ini akan sama hasilnya dengan tahun lalu. Adapun nilai kkm tersebut berasal dari jumlah nilai siswa yang tuntas dikalikan seratus lalu dibagi jumlah keseluruhan siswa. Selanjutnya nilai rata-rata kelas berasal dari jumlah nilai seluruh siswa dibagi jumlah siswa keseluruhan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan rumusan masalah apakah penggunaan metode PAILKEM dapat meningkatkan keterampilan menyusun teks laporan hasil pengamatan pada siswa kelas VII/1 MTsN 2 Kendari? Penelitian ini bertujuan  meningkatkan hasil belajar   bahasa Indonesia  pada materi keterampilan menyusun teks laporan hasil pengamatan pada siswa kelas VII/1 MTsN 2 Kendari. Penelitian ini dilakukan hanya dalam 1 siklus, dalam siklus ini terdiri dari : (a) Perencanaan, (b) Pelaksanaan Tindakan, Observasi, evaluasi, (c) dan Refleksi.Subjek penelitian ini adalah kelas VII/1 MTsN 2 Kendari dengan jumlah 42 orang siswa yang terdiri dari 18 orang laki-laki dan 24 orang perempuan. Sumber data penelitian ini adalah siswa dan guru. Indikator keberhasilan yaitu (1) dari segi hasil minimal 92,8% siswa telah mencapai ketuntasan belajar klasikal dengan memperoleh  nilai minimal 50, (2) dari  85% proses pelaksanaan tindakan pembelajaran PAILKEM, teori praktek telah dilaksanakan sesuai dengan rencana perbaikan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data pembahasan diperoleh kesimpulan, proses pembelajaran siswa kelas VII/1 MTsN 2 Kendari telah mencapai indikator kinerja yaitu 92,8%, hanya dalam 1 siklus siswa telah mencapai ketuntasan belajar. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode PAILKEM dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar bahasa Indonesia Siswa kelas V11/1 pada materi keterampilan menyusun teks laporan hasil pengamatan   Kata Kunci      : Teks laporan hasil pengamatan, Metode Pailkem, Siswa      
Abstract

ABSTRACT                    This research is motivated by the problems faced by the teacher, that is the low learning result of writing the text of the observation report on the previous year students with the same material, the same teacher and the same method and the result is more students who reach the average value below kkm, So predicted this 2016/2017 academic year will be the same result with last year. The kkm value is derived from the total number of students who completed by hundred and then divided by the total number of students. Furthermore the grade point average is derived from the total value of all students divided by the total student number.                This research is a classroom action research, with problem formulation whether the use of PAILKEM method can improve skill to arrange text of observation result report on grade VII / 1 student MTsN 2 Kendari?                This study aims to improve the learning outcomes of Indonesian language on the skills of composing text reports of observations on students of grade VII / 1 MTsN 2 Kendari.                This research is conducted in 1 cycle, in this cycle consist of: (a) Planning, (b) Action Implementation, Observation, Evaluation, (c) and Reflection. The subject of this research is class VII / 1 MTsN 2 Kendari with number 42 Students consisting of 18 men and 24 women. The data sources of this research are students and teachers. The success indicators are (1) in terms of the minimum result of 92.8% of students have achieved the completeness of classical learning by obtaining the minimum score of 50, (2) from 85% of the implementation process of PAILKEM learning action, the theory of practice has been implemented in accordance with the improvement plan of learning. Based on the results of data analysis of the discussion obtained conclusion, the learning process of students of grade VII / 1 MTsN 2 Kendari has achieved the performance indicator of 92.8%, only in 1 cycle of students have reached mastery learning. Based on this matter, it can be concluded that the application of PAILKEM method can improve learning process and learning result of Indonesian language V11 / 1 class student on skill material compile text report of observation result   Keywords: Text of observation report, Pailkem Method, Student  

Tahun Skripsi: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. PARTISIPASI PETANI DALAM PROGRAM PENGEMBANGAN USAHA AGRIBISNIS PERDESAAN (PUAP) DI DESA SILEA JAYA KECAMATAN BUKE KABUPATEN KONAWE SELATAN oleh SANTRY VYANI(Skripsi, 2017)
  2. FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENERAPAN  TEKNOLOGI USAHA TANI PADI SAWAH  DI DESA PUOSU JAYA KECAMATAN KONDA KABUPATEN KONAWE SELATAN oleh NITA PURNAMASARI(Skripsi, 2017)
  3. KENAKALAN REMAJA (Studi di Desa Benua Kecamatan Amonggedo Kabupaten Konawe) oleh muhammad fadhli saytno(Skripsi, 2017)
  4. PENGARUH SUKU BUNGA, KURS, INFLASI DAN PERTUMBUHAN PDB TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (IHSG) DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) oleh DWI RANDI KASAKTIAN(Skripsi, 2017)
  5. TANGGUNG JAWAB UTANG PIUTANG SUAMI ISTRI DALAM PERJANJIAN PERKAWINAN ATAS HARTA BERSAMA PASCA PUTUSAN MAHKAMAH KONSTITUSI NOMOR 69/PUU-XIII/2015 oleh AHMAT YANI(Skripsi, 2017)
  6. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi sumber daya alam di kelas IV SD Negeri 11 Loghia oleh WA ODE SAHARIA(Skripsi, 2017)
  7. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar IPA_Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Duruka pada Materi POkok Tekanan oleh SATRI MULAN(Skripsi, 2017)
  8. Meningkatkan Perbendaharaan Kata Anak melalui Metode Tanya Jawab dengan Menggunakan Media Boneka Tangan di Kelompok B TK Tunas Makarti Kendari oleh MELATI SULISTIANI (Skripsi, 2017)
  9. MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI BERMAIN SAIN DI KELOMPOK B TK HANDAYANI MATABUNDU TOARI KABUPATEN BOMBANA oleh Nur Amalia(Skripsi, 2017)
  10. STUDI PEMANFAATAN LIMBAH CANGKANG POKEA   (Batissa Violacea C.) SEBAGAI NANOKALSIUM TEETH  SERUM  UNTUK REKALSIFIKASI GIGI BERKARIES  oleh SITI MARSALINA(Skripsi, 2017)
  11. KEANEKARAGAMAN SERANGGA POLINATOR PADA PERKEBUNAN KAKAO (Theobromae cacao L.) DI DESA PUUDONGI KECAMATAN KOLONO KABUPATEN KONAWE SELATAN oleh DESI AFDALIANA(Skripsi, 2017)
  12. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI POKOK GEJALA-GEJALA YANG TERJADI DI ATMOSFER KELAS VII SMP NEGERI 1 WADAGA oleh WA ODE HALFINA(Skripsi, 2017)
  13. Komunikasi Persuasif Pustakawan dalam Peminjaman Koleksi pada Layanan Sirkulasi di Perpustakaan SMP Negeri 5 Kulisusu Kabupaten Buton Utara oleh EKA SRI WAHYUNI(Skripsi, 2017)
  14. JENIS-JENIS TUMBUHAN HERBA YANG TERDAPAT DI KAWASAN HUTAN LALAPINI DESA LAMETONO KECAMATAN LASOLO KABUPATEN KONAWE UTARA oleh Mega putri(Skripsi, 2017)
  15. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA MATERI POKOK TINDAKAN-TINDAKAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP MELALUI METODE TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS XI IPS5 DI SMA NEGERI 3 KENDARI oleh ASKAL ISWANTO(Skripsi, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231