Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

Hubungan antara Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Bahasa Inggris (Survei di SMP Negeri Kecamatan Abuki dan Tongauna)
IMRAN MARIDU
Pembimbing: Prof. Dr. H. Anwar, M.Pd dan Dr. Abd. Halim Momo, M.Si
Abstrak
Imran Maridu (G2G115033). Hubungan antara Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Bahasa Inggris (Dibimbing oleh: H. Anwar dan Abd. Halim Momo). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan ada tidaknya hubungan antara: (1) disiplin belajar dengan hasil belajar bahasa Inggris siswa di SMP Negeri Kecamatan Abuki dan Tongauna Kabupaten Konawe, (2) motivasi belajar dengan hasil belajar bahasa Inggris siswa di SMP Negeri Kecamatan  Abuki dan Tongauna Kabupaten Konawe, dan (3) disiplin belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar bahasa Inggris siswa di SMP Negeri Kecamatan  Abuki dan Tongauna kabupaten Konawe. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 268 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 73 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen yang dikembangkan sendiri oleh peneliti dengan terlebih dahulu diuji coba secara empirik untuk melihat validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini menemukan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan sangat signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar bahasa Inggris siswa di SMP Negeri Kecamatan  Abuki dan Tongauna Kabupaten Konawe seperti ditunjukkan oleh koefisien korelasi (ry1) 0,579  dan koefisien deteminasi 0,3352; (2) terdapat hubungan yang positif dan sangat signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar bahasa Inggris siswa di SMP Negeri Kecamatan Abuki dan Tongauna Kabupaten Konawe seperti ditunjukkan oleh koefisien korelasi (ry2) 0,533 dan koefisien deteminasi 0,2841; dan (3) terdapat  hubungan yang positif dan sangat signifikan antara disiplin belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar bahasa Inggris siswa di SMP Negeri Kecamatan  Abuki dan Tongauna Kabupaten Konawe, seperti ditunjukkan oleh koefisien korelasi ganda (Ry12) 0,748  dan koefisien deteminasi 0,5595. Kata kunci: disiplin belajar, motivasi belajar, hasil belajar bahasa Inggris
Abstract

Imran Maridu (G2G115033), “Correlation between Learning Discipline and Learning Motivation and Students’ Results of Learning English.”(Supervised by H. Anwar and Abd. Halim Momo). This study aimed to analyze and explain whether or not there was a correlation between: (1) learning discipline and results of learning English by junior high school students at Abuki and Tongauna sub-districts in Konawe regency; (2) junior high school students’ learning motivation and their results of learning English at Abuki and Tongauna sub-districts in Konawe regency; (3) learning discipline combined simultaneously with learning motivation and junior high school students’ results of learning English at Abuki and Tongauna sub-districts in Konawe regency. The study used a survey method and a correctional approach. Population of the study included 286 students. Samples of the study were 73 students. Data were collected using an instrument developed by the researchers himself, which had been first tried out empirically to determine its validity and reliability. The study found that: (1) there was a positive, very significant correlation between learning discipline and results of learning English by junior high school students at Abuki and Tongauna sub-districts in Konawe regency, as showed by the coefficient of correlation (ry1) 0.579 and the coefficient of determination 0.3352; (2) there was a positive, very significant correlation between junior high school students’ learning motivation and their results of learning English at Abuki and Tongauna sub-districts in Konawe regency, as showed by the coefficient of correlation (ry2) 0.533 and the coefficient of determination 0. 2841; (3) there was a positive, very significant correlation between learning discipline combined simultaneously with learning motivation and junior high school students’ results of learning English at Abuki and Tongauna sub-districts in Konawe regency, as indicated by the coefficient of multiple correlation (Ry12) 0.748 and the coefficient of determination 0.5595.   Keywords: learning discipline, learning motivation, results of learning English    

Tahun Tesis: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. PENGARUH KOMPETENSI PENGELOLAAN KEUANGAN, AUDIT INTERNAL DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN UNIVERSITAS HALU OLEO oleh OMASRIANTO(Tesis, 2017)
  2. ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM BAHTERAMAS PROVINSI SULAWESI TENGGARA   oleh NURDIANA(Tesis, 2017)
  3. PENGARUH KETERLIBATAN KERJA DAN KARAKTERISTIK PEKERJAAN TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA PEGAWAI PADA INSPEKTORAT PROVINSI SULAWESI TENGGARA oleh Rina Wiranti(Tesis, 2017)
  4. Analisis Efektivitas Pembinaan Di Luar Tahanan Bagi Narapidana (Studi pada Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Kendari) oleh Muhammad Desryl Aqsah(Tesis, 2017)
  5. Nilai-nilai Budaya yang Terkandung Dalam Cerita Rakyat Muna yaitu Ratohano Fitu Ghulu Bidhadhari oleh TAMRIN(Skripsi, 2016)
  6. PENGARUH TEMPERATUR MESIN TETAS TERHADAP FERTILITAS, DAYA HIDUP EMBRIO, DAYA TETAS DAN BOBOT TETAS TELUR ITIK TEGAL oleh SRI YUNIATI SANDRA MALDANA(Skripsi, 2017)
  7. KEKERABATAN BAHASA WAWONII DAN BAHASA MENUI oleh JOFI IRFAN(Skripsi, 2016)
  8. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif IPA dan Keterampilan Proses  Sains Siswa Kelas IV SD oleh FATMAWATI HOI(Tesis, 2017)
  9. Perbedaan Hasil Pembelajaran PKN Antara Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Model Pembelajaran Konvensional Di SMP Negeri 12 Kendari oleh SUHARTI(Tesis, 2017)
  10. Pengaruh Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Wakatobi. oleh WA ODE DIAN MITHA BESTARI(Skripsi, 2017)
  11. HUBUNGAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI DIKECAMATAN TONGAUNA KABUPATEN KONAWE oleh EGUSRIN(Tesis, 2017)
  12. Hubungan Motivasi dan Disiplin dengan Hasil Belajar IPS  Pada SMP Negeri di Kecamatan Abuki dan Tongauna Kabupaten Konawe oleh BAKTI(Tesis, 2017)
  13. PEMANFAATAN LIMBAH KULIT KERANG MENJADI KAYA SENI BAGI PENGEMBANGAN USAHA KERAJINAN DI KOTA KENDARI oleh EMARIA FATIMAH PANJAITAN(Tesis, 2017)
  14. IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TARI LINDA MELALUI METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS XI SMAN 3 RAHA KABUPATEN MUNA   oleh WA HARIATI(Tesis, 2017)
  15. Kajian Pertumbuhan, Produksi Karkas dan Non Karkas Broiler Yang Diberi Pakan Komersial dan Berbagai Bobot Potong Yang Berbeda oleh Muhammad Sawadi(Tesis, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231