Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR  KRITIS MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK
WA NURIALI
Pembimbing: Dr. Busnawir, M.Si dan Dr. Hafiludin Samparadja, M.Si
Abstrak
  ABSTRAK  Wa Nuriali (G2I1 15 039). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa SMK.  Kemampuan berpikir kritis matematika siswa masih rendah. Hal ini disebabkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran, kurang mandiri, butuh banyak bimbingan, dan lemah dalam memecahkan soal keterampilan berpikir. Keterampilan berpikir tersebut diarahkan untuk memperbaiki pembelajaran agar siswa aktif. Model inkuiri terbimbing dipandang dapat memecahkan masalah tersebut. Tujuan utama model ini adalah untuk mengembangkan keterampilan berpikir, yaitu berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Raha. Sampel penelitian diambil dua kelas dengan teknik purposive sampling dan penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dipilih secara random. Siswa kelas eksperimen diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Siswa kelas kontrol diajar dengan model pembelajaran langsung. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pretest dan posttest kemampuan berpikir kritis matematika, skala kemandirian belajar, dan lembar observasi. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji hipotesis menggunakan Uji t dan anava RAK pada ᾳ = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematik siswa kelas inkuiri terbimbing lebih besar daripada kemampuan berpikir krtis matematika siswa kelas pembelajaran langsung ditinjau dari kemandirian belajar maupun pada kategori kemandirian belajar tinggi. Kata kunci: Kemampuan berpikir kritis  matematika,  kemandirian belajar,                         pembelajaran inkuiri terbimbing,
Abstract

  ABSTRACT  Wa Nuriali (G2I1 15 039). The Influence Of Guided Inquiry Learning Model Toward Critical Thinking Ability About Mathematics Reviewed From Students’ Learning Independence In SMK.  Abstrak: The students' critical mathematical thinking ability is still low. This is because students are less active in learning, less independent, need a lot of guidance, and weak in solving the problem of thinking ability. This thinking ability is directed to improve learning to enable students to be active. The guided inquiry model is seen to solve the problem. The main purpose of this model is to develop thinking ability, namely critical thinking. This research is Quasi Experiment research by using pretest-posttest control group design. The population of this study is all students of class X SMK Negeri 1 Raha. The sample was taken by two classes with purposive sampling technique and the determination of experimental class and control class were chosen randomly. The experimental class students are taught by guided inquiry learning model. Students of control class are taught by direct learning model. The research instruments used were pretest and posttest of critical mathematical thinking ability, scale of learning independence, and observation sheet. Data were analyzed by using descriptive statistic and inferential statistic with hypothesis test using t test and ANOVA RAK at ᾳ = 0,05. The result of the research shows that the critical thinking ability of mathematic students in guided inquiry class is greater than the students' mathematical thinking ability in the learning class directly from the learning independence and the high learning independence category.  Keywords: Mathematical critical thinking ability, learning independence,                       Guided inquiry learning  

Tahun Tesis: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. PARTISIPASI PETANI DALAM PROGRAM PENGEMBANGAN USAHA AGRIBISNIS PERDESAAN (PUAP) DI DESA SILEA JAYA KECAMATAN BUKE KABUPATEN KONAWE SELATAN oleh SANTRY VYANI(Skripsi, 2017)
  2. FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENERAPAN  TEKNOLOGI USAHA TANI PADI SAWAH  DI DESA PUOSU JAYA KECAMATAN KONDA KABUPATEN KONAWE SELATAN oleh NITA PURNAMASARI(Skripsi, 2017)
  3. KENAKALAN REMAJA (Studi di Desa Benua Kecamatan Amonggedo Kabupaten Konawe) oleh muhammad fadhli saytno(Skripsi, 2017)
  4. PENGARUH SUKU BUNGA, KURS, INFLASI DAN PERTUMBUHAN PDB TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (IHSG) DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) oleh DWI RANDI KASAKTIAN(Skripsi, 2017)
  5. TANGGUNG JAWAB UTANG PIUTANG SUAMI ISTRI DALAM PERJANJIAN PERKAWINAN ATAS HARTA BERSAMA PASCA PUTUSAN MAHKAMAH KONSTITUSI NOMOR 69/PUU-XIII/2015 oleh AHMAT YANI(Skripsi, 2017)
  6. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi sumber daya alam di kelas IV SD Negeri 11 Loghia oleh WA ODE SAHARIA(Skripsi, 2017)
  7. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar IPA_Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Duruka pada Materi POkok Tekanan oleh SATRI MULAN(Skripsi, 2017)
  8. Meningkatkan Perbendaharaan Kata Anak melalui Metode Tanya Jawab dengan Menggunakan Media Boneka Tangan di Kelompok B TK Tunas Makarti Kendari oleh MELATI SULISTIANI (Skripsi, 2017)
  9. MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI BERMAIN SAIN DI KELOMPOK B TK HANDAYANI MATABUNDU TOARI KABUPATEN BOMBANA oleh Nur Amalia(Skripsi, 2017)
  10. STUDI PEMANFAATAN LIMBAH CANGKANG POKEA   (Batissa Violacea C.) SEBAGAI NANOKALSIUM TEETH  SERUM  UNTUK REKALSIFIKASI GIGI BERKARIES  oleh SITI MARSALINA(Skripsi, 2017)
  11. KEANEKARAGAMAN SERANGGA POLINATOR PADA PERKEBUNAN KAKAO (Theobromae cacao L.) DI DESA PUUDONGI KECAMATAN KOLONO KABUPATEN KONAWE SELATAN oleh DESI AFDALIANA(Skripsi, 2017)
  12. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI POKOK GEJALA-GEJALA YANG TERJADI DI ATMOSFER KELAS VII SMP NEGERI 1 WADAGA oleh WA ODE HALFINA(Skripsi, 2017)
  13. Komunikasi Persuasif Pustakawan dalam Peminjaman Koleksi pada Layanan Sirkulasi di Perpustakaan SMP Negeri 5 Kulisusu Kabupaten Buton Utara oleh EKA SRI WAHYUNI(Skripsi, 2017)
  14. JENIS-JENIS TUMBUHAN HERBA YANG TERDAPAT DI KAWASAN HUTAN LALAPINI DESA LAMETONO KECAMATAN LASOLO KABUPATEN KONAWE UTARA oleh Mega putri(Skripsi, 2017)
  15. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA MATERI POKOK TINDAKAN-TINDAKAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP MELALUI METODE TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS XI IPS5 DI SMA NEGERI 3 KENDARI oleh ASKAL ISWANTO(Skripsi, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231