Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

PENGARUH KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN SATU ATAP 6 KONAWE SELATAN
SANGKA ALAM
Pembimbing: Dr. ZAMSIR, M.Pd dan Dr. MAKKULAU, S.Si., M.Si
Abstrak
ABSTRAK Sangka Alam (G2I115047), Pengaruh Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN Satu Atap 6 Konawe Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kombinasi Model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dan tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa SMPN Satu Atap 6 Konawe Selatan. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimen preetest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN Satu Atap 6 Konawe Selatan sebanyak 30 orang siswa, dengan membandingkan rata-rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan kombinasi model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw-STAD melalui tes awal (pretes) dan setelah menggunakan kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw-STAD melalui tes akhir (postes). Instrumen yang digunakan meliputi tes hasil belajar matematika dan lembar pengamatan aktivitas siswa. Untuk keperluan pengujian hipotesis, data dianalisis dengan uji t (Paired sampel T-tes ) dan dilengkapi dengan analisis deskriftif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data, gambaran hasil belajar Matematika sebelum menggunakan kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe STAD dalam proses pembelajaran dengan deskripsi nilai maksimum = 75; nilai minimum = 15; nilai rata-rata = 46,67; median = 45 modus = 60, ; range = 60; standar deviasi = 16,73 dan varians = 279,885. Gambaran hasil belajar Matematika setelah menggunakan kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe STAD dalam proses pembelajaran dengan deskripsi nilai maksimum = 85;  nilai minimum =  40; nilai rata-rata = 60, 50; median = 60 modus = 45, ; range = 45; standar deviasi = 14,163 dan varians = 200,603. Penggunaan Kombinasi Model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dan tipe STAD berpengaruh positif secara signifikan terhadap hasil belajar Matematika siswa, hal ini dapat dilihat pada peningkatan rata-rata hasil belajar Matematika siswa setelah menggunakan kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw-STAD lebih tinggi dari pada sebelum menggunakan kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw-STAD, dengan nilai peningkatan sebesar 0,253.   Kata kunci: Hasil Belajar Matematika, Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw-STAD.
Abstract

ABSTRACT Sangka Alam (G2I115047), Influence of Jigsaw Model Cooperative Model Combination Model and STAD Model on Student Learning Outcomes at SMPN Satu Atap 6 Konawe Selatan. This study aims to determine the effect of Jigsaw Model Cooperative Model Combination and STAD type to mathematics learning outcomes of SMPN Satu Atap 6 Konawe Selatan students. This study uses quasi-experimental design preetest-postest control group design. The population of this study is all students of class VIII SMPN Satu Atap 6 Konawe Selatan as many as 30 students.of compare the average student learning outcomes before using a combination of Jigsaw-STAD type cooperative learning model through pretest and after using a combination of cooperative learning model type Jigsaw-STAD through the final (postes). Instruments used include the test of mathematics learning and student activity observation sheet. For the purpose of hypothesis testing, the data were analyzed by t test (Paired T-test sample) and completed with descriptive and qualitative analysis. Based on data analysis result, description of Mathematics learning result before using combination of Jigsaw type cooperative learning model and STAD type in learning process with description of maximum value = 75; minimum value = 15; average value = 46, 67; median = 45 mode = 60; range = 60; standard deviation = 16,73 and variance = 279,885. Overview of Mathematics learning outcomes after using combination of Jigsaw type cooperative learning model and STAD type in learning process with description of maximum value = 85; minimum value = 40; average value = 60, 50; median = 60 mode = 45,; range = 45; standard deviation = 14,163 and variance = 200,603 Combination of Jigsaw type and STAD type co-operative learning model have a significant positive effect on students' mathematics learning achievement, this can be seen in the improvement of learning achievement of the students after using cooperative learning model type Jigsaw- STAD is higher than before using a combination of Jigsaw-STAD type cooperative learning model, with an increase value of 0.253. Keywords: Mathematics Learning Outcome, Combination of Jigsaw-STAD Cooperative Learning Model.

Tahun Tesis: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. PERENCANAAN MUSEUM SEJARAH DAN BUDAYA KABUPATEN BOMBANA oleh AHMAD AMIRUDDIN(Skripsi, 2017)
  2. PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN PADA SISWA SMA NEGERI 5 KENDARI oleh RUSMAN MAEDA(Tesis, 2018)
  3. KINERJA GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK DITINJAU DARI KOMPETENSI PROFESIONAL PADA GURU RUMPUN IPS SMP NEGERI 12 POLEANG BARAT oleh JUMRAWATI(Tesis, 2018)
  4. Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Pada Poli Jantung Dengan Metode IPA (Importance Performance Analysis) Di RSUD Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2017 oleh DINDA DWI KUSUMA MUNSIL(Skripsi, 2018)
  5. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Pemahaman Konsep Biologi, Keterampilan Pemecahan Masalah, dan Pengetahuan Metakognitif Siswa pada Materi Sistem Pernapasan Manusia oleh Haerunnisa Hakim(Tesis, 2018)
  6. Pengaruh Model Disovery Learning terhadap Keterampilan Metakognitif dan Retensi Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Sistem Regulasi Manusia di Kelas XI SMA Negeri 8 Kendari oleh Yuli Muliasari(Tesis, 2018)
  7. Gambaran Terapi Dan Efek Samping Penggunaan Obat Antipsikotik Pada Pasien Skizofrenia Di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Sulawesi Tenggara Di Kota Kendari Tahun 2016 oleh Sitti Asmin(Skripsi, 2017)
  8. ANALISIS PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KOTA KENDARI oleh NURFADHILAWATI(Skripsi, 2017)
  9. ANALISIS TEKANAN HIDROSTATIK PADA ZAT CAIR DIAM (UJI LABORATORIUM) oleh TRY ASRUN ALI(Skripsi, 2017)
  10. PENGARUH PENDAPATAN DAN PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 1 BARANGKA oleh WANDRAYANTI(Skripsi, 2018)
  11. PEMETAAN POLA SEBARAN MUKA AIR TANAH   DI KAWASAN KARST DI DAERAH TOMOAHI KABUPATEN BUTON UTARA PROVINSI SULAWESI TENGGARA oleh RIA ASRIA(Skripsi, 2018)
  12. MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MENGGUNAKAN MEDIA KOTAK HURUF DI KELOMPOK B RA AR-RASYID KOTA KENDARI oleh MASNIAR(Skripsi, 2017)
  13. Analisis Perbandingan Kualitas Fisik Mayonnaise Berbahan Dasar Putih Telur dan Kuning Telur Dengan Penggunaan Berbagai Jenis Minyak Nabati   oleh Muhammad Mifthah Rusalim (Skripsi, 2018)
  14. Pengaruh Perbandingan Sari Wortel, Tepung Ubi Jalar Putih (Ipomoea Batatas L.) dan Tepung Terigu Terhadap Karakteristik Organoleptik dan Fisikokimia Mie Basah oleh Satriadin(Skripsi, 2018)
  15. PENERAPAN MOTIVASI KERJA DALAM MENUNJANG TERTIB ADMINISTRASI PADA DINAS SOSIAL PROVINSI SULAWESI TENGGARA oleh DEWI HARTINA(Skripsi, 2018)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231