Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

ANALISIS LITERASI MATEMATIK DAN KEYAKINAN MATEMATIK SISWA SMA NEGERI DI KOTA KENDARI
Arsidaryani Putri Imran
Pembimbing: Dr. Kadir, S.Pd., M.Si dan Dr. Mustamin Anggo, M.Si
Abstrak
Analisis Literasi Matematik dan Keyakinan Matematik Siswa SMA Negeri di Kota Kendari (Studi Eksperimen di SMA Negeri 3, SMA Negeri 4, SMA Negeri 7, dan SMA Negeri 8)     Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi dan keyakinan matematik; faktor-faktor yang mempengaruhi literasi dan keyakinan matematik dan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan literasi dan keyakinan matematik, serta untuk mendeskripsikan kemampuan literasi pada setiap faktor keyakinan matematik siswa SMA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex post facto dengan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMA Negeri di Kota Kendari dengan menggunakan metode cluster stratified random sampling sehingga terpilih responden sebanyak 109 siswa. Data diolah dengan menggunakan SPSS dan hasilnya menunjukkan bahwa rendahnya kemampuan literasi matematik siswa; faktor-faktor yang mempengaruhi literasi yaitu pemahaman yang rendah terhadap literasi, siswa menunjukkan sikap kurang tertarik terhadap pelajaran matematika; keyakinan matematika siswa tergolong rendah; faktor-faktor yang mempengaruhi keyakinan matematik yaitu siswa menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit, membosankan serta pelajaran yang kurang menarik; kemampuan literasi memiliki hubungan yang signifikan dengan keyakinan matematika; siswa dengan keyakinan matematik tinggi memiliki kemampuan literasi yang cukup, siswa dengan keyakinan matematik sedang memiliki kemampuan literasi berimbang antara kategori cukup dan kurang, siswa dengan keyakinan matematik rendah memiliki kemampuan literasi yang sangat kurang.     Kata kunci:  Literasi Matematik, Keyakinan Matematik.            
Abstract

Analisis Literasi Matematik dan Keyakinan Matematik Siswa SMA Negeri di Kota Kendari (Studi Eksperimen di SMA Negeri 3, SMA Negeri 4, SMA Negeri 7, dan SMA Negeri 8)   Abstrack: This study aims to describe mathematic literacy and mathematic beliefs; factors that affect mathematic literacy and mathematic beliefs, and to determine the relationship between mathematic literacy and mathematic beliefs, as well as to describe mathematic literacy on every factor of senior high school student’s mathematic beliefs. The study employed the ex post facto design and used descriptive quantitative method. The study involved students of state senior high schools in Kendari city. Samples were 109 students which were determined using the cluster stratified random sampling method. Data were analyzed using the SPSS. Results showed that the students’ mathematic literacy ability was low; factors affecting mathematic literacy included poor understanding of literacy, lack of students’ interest in mathematics, students’ weak belief in mathematics; factor affecting students’ mathematic beliefs were the students see mathematics as a difficult, boring, and uninteresting subject; mathematic literacy has a significant correlation with mathematic beliefs; students with strong belief in mathematics have moderate level of mathematic literacy, students with mild belief in mathematics have mathematic literacy that is balanced between moderate and inadequate, students with weak mathematic belief have a very poor ability of mathematic literacy.   Keywords: Mathematic Literacy, Mathematic Belief

Tahun Tesis: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. PARTISIPASI PETANI DALAM PROGRAM PENGEMBANGAN USAHA AGRIBISNIS PERDESAAN (PUAP) DI DESA SILEA JAYA KECAMATAN BUKE KABUPATEN KONAWE SELATAN oleh SANTRY VYANI(Skripsi, 2017)
  2. FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENERAPAN  TEKNOLOGI USAHA TANI PADI SAWAH  DI DESA PUOSU JAYA KECAMATAN KONDA KABUPATEN KONAWE SELATAN oleh NITA PURNAMASARI(Skripsi, 2017)
  3. KENAKALAN REMAJA (Studi di Desa Benua Kecamatan Amonggedo Kabupaten Konawe) oleh muhammad fadhli saytno(Skripsi, 2017)
  4. PENGARUH SUKU BUNGA, KURS, INFLASI DAN PERTUMBUHAN PDB TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (IHSG) DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) oleh DWI RANDI KASAKTIAN(Skripsi, 2017)
  5. TANGGUNG JAWAB UTANG PIUTANG SUAMI ISTRI DALAM PERJANJIAN PERKAWINAN ATAS HARTA BERSAMA PASCA PUTUSAN MAHKAMAH KONSTITUSI NOMOR 69/PUU-XIII/2015 oleh AHMAT YANI(Skripsi, 2017)
  6. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi sumber daya alam di kelas IV SD Negeri 11 Loghia oleh WA ODE SAHARIA(Skripsi, 2017)
  7. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar IPA_Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Duruka pada Materi POkok Tekanan oleh SATRI MULAN(Skripsi, 2017)
  8. Meningkatkan Perbendaharaan Kata Anak melalui Metode Tanya Jawab dengan Menggunakan Media Boneka Tangan di Kelompok B TK Tunas Makarti Kendari oleh MELATI SULISTIANI (Skripsi, 2017)
  9. MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI BERMAIN SAIN DI KELOMPOK B TK HANDAYANI MATABUNDU TOARI KABUPATEN BOMBANA oleh Nur Amalia(Skripsi, 2017)
  10. STUDI PEMANFAATAN LIMBAH CANGKANG POKEA   (Batissa Violacea C.) SEBAGAI NANOKALSIUM TEETH  SERUM  UNTUK REKALSIFIKASI GIGI BERKARIES  oleh SITI MARSALINA(Skripsi, 2017)
  11. KEANEKARAGAMAN SERANGGA POLINATOR PADA PERKEBUNAN KAKAO (Theobromae cacao L.) DI DESA PUUDONGI KECAMATAN KOLONO KABUPATEN KONAWE SELATAN oleh DESI AFDALIANA(Skripsi, 2017)
  12. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI POKOK GEJALA-GEJALA YANG TERJADI DI ATMOSFER KELAS VII SMP NEGERI 1 WADAGA oleh WA ODE HALFINA(Skripsi, 2017)
  13. Komunikasi Persuasif Pustakawan dalam Peminjaman Koleksi pada Layanan Sirkulasi di Perpustakaan SMP Negeri 5 Kulisusu Kabupaten Buton Utara oleh EKA SRI WAHYUNI(Skripsi, 2017)
  14. JENIS-JENIS TUMBUHAN HERBA YANG TERDAPAT DI KAWASAN HUTAN LALAPINI DESA LAMETONO KECAMATAN LASOLO KABUPATEN KONAWE UTARA oleh Mega putri(Skripsi, 2017)
  15. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA MATERI POKOK TINDAKAN-TINDAKAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP MELALUI METODE TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS XI IPS5 DI SMA NEGERI 3 KENDARI oleh ASKAL ISWANTO(Skripsi, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231