Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG SENI TARI MELALUI METODE PEMBELAJARAN  TUTOR SEBAYA DI KELAS VI SDN 5 LASOLO KEPULAUAN KABUPATEN KONAWE UTARA
Sitti Jumaida
Pembimbing: Prof. Dr. H. Zalili Sailan, M.Pd. dan Dr. H. Sahlan, M.Pd
Abstrak
ABSTRAK   Sitti Jumaida (G2P1 15 011) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Bidang Seni Tari melalui Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Di Kelas VI SDN 5 Lasolo Kepulauan Kabupaten Konawe Utara, dibimbing oleh Prof. Dr. H. Zalili Sailan, M.Pd. dan Dr. H. Sahlan, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan: 1) Hasil belajar siswa pada bidang Seni Tari di kelas VI SDN 5 Lasolo Kepulauan melalui metode pembelajaran tutor sebaya. 2) Aktivitas mengajar guru kelas VI SDN 5 Lasolo Kepulauan ketika mengajar dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya. 3) Aktivitas belajar siswa kelas VI SDN 5 Lasolo Kepulauan ketika diajar  dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) sesuai model Kurt Lewin dan terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refkesi (reflection). Faktor-faktor yang  diteliti adalah hasil belajar siswa, aktivitas mengajar guru, dan aktivitas belajar siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui: 1) tes, 2) lembar obsevasi, 3) dokumentasi, 4) catatan lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 5 Lasolo Kepulauan. Hasil temuan penelitian adalah: 1) Hasil belajar siswa meningkat setelah diajar dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya. Ketuntasan belajar secara klasikal dari 40% meningkat menjadi 90%  pada siklus kedua dengan nilai rata-rata kelas mencapai 80.4, 2) Aktivitas mengajar guru SBK kelas VI SDN 5 Lasolo Kepulauan setelah mengajar dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya secara keseluruhan mengalami peningkatan sebesar 32%, dan 3) Aktivitas belajar siswa kelas VI SDN 5 Lasolo Kepulauan setelah diajar dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya secara keseluruhan mengalami peningkatan sebesar 38%.     Kata Kunci: Metode Pembelajaran Tutor Sebaya, Hasil Belajar, Bidang Seni Tari
Abstract

ABSTRACT Sitti Jumaida (G2P1 15 011), “Increasing Students’ Outcomes of Learning Dance Art through Peering Tutoring Method at Class VI of SDN 5 Lasolo Islands in North Konawe Regency.” Supervised by Prof. Dr. H. Zalili Sailan, M.Pd., and Dr. H. Sahlan, M.Pd. The aim of this study was to increase: 1) students’ outcomes of learning dance art through peer tutoring method at class VI of SDN 5 Lasolo Islands through peer tutoring method, 2) teachers’ instructional activities at class VI of SDN 5 Lasolo Islands when teaching viapeer tutoring method, 3) students’ learning activities at class VI of SDN 5 Lasolo Islands when they were taught using peer rutoring method. The Study was a classroom action research following Kurt Lewin method and was undertaken in two cycles, each comprised of 4 stages which included planning, action, observation, and reflection. Factor under investigation were students’ learning outcomes, teacher’s instructional activities, and students’ learning activities. Data were collected via: 1) test, 2) observation sheet, 3) documentation, 4) and field note. Subjects of the study were class VI students of SDN 5 Lasolo Islands. Findings of the study were: 1) students; learning outcomes increased after they were taught using peer tutoring method. Classial learning completeness increased from 40% to 90% in cycle II with a mean score of 80,4, 2) teacher’s instructional activities at class VI of SDN 5 Lasolo Islands improved by 32% after teaching via peer tutoring method, and 3) students’ learning activities at class VI of SDN 5 Lasolo Islands also improved by 38% after they were taught using.   Keywords: peer tutoring method, learning outcomes, dance art

Tahun Tesis: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. PENGARUH KOMPETENSI PENGELOLAAN KEUANGAN, AUDIT INTERNAL DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN UNIVERSITAS HALU OLEO oleh OMASRIANTO(Tesis, 2017)
  2. ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM BAHTERAMAS PROVINSI SULAWESI TENGGARA   oleh NURDIANA(Tesis, 2017)
  3. PENGARUH KETERLIBATAN KERJA DAN KARAKTERISTIK PEKERJAAN TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA PEGAWAI PADA INSPEKTORAT PROVINSI SULAWESI TENGGARA oleh Rina Wiranti(Tesis, 2017)
  4. Analisis Efektivitas Pembinaan Di Luar Tahanan Bagi Narapidana (Studi pada Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Kendari) oleh Muhammad Desryl Aqsah(Tesis, 2017)
  5. Nilai-nilai Budaya yang Terkandung Dalam Cerita Rakyat Muna yaitu Ratohano Fitu Ghulu Bidhadhari oleh TAMRIN(Skripsi, 2016)
  6. PENGARUH TEMPERATUR MESIN TETAS TERHADAP FERTILITAS, DAYA HIDUP EMBRIO, DAYA TETAS DAN BOBOT TETAS TELUR ITIK TEGAL oleh SRI YUNIATI SANDRA MALDANA(Skripsi, 2017)
  7. KEKERABATAN BAHASA WAWONII DAN BAHASA MENUI oleh JOFI IRFAN(Skripsi, 2016)
  8. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif IPA dan Keterampilan Proses  Sains Siswa Kelas IV SD oleh FATMAWATI HOI(Tesis, 2017)
  9. Perbedaan Hasil Pembelajaran PKN Antara Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Model Pembelajaran Konvensional Di SMP Negeri 12 Kendari oleh SUHARTI(Tesis, 2017)
  10. Pengaruh Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Wakatobi. oleh WA ODE DIAN MITHA BESTARI(Skripsi, 2017)
  11. HUBUNGAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI DIKECAMATAN TONGAUNA KABUPATEN KONAWE oleh EGUSRIN(Tesis, 2017)
  12. Hubungan Motivasi dan Disiplin dengan Hasil Belajar IPS  Pada SMP Negeri di Kecamatan Abuki dan Tongauna Kabupaten Konawe oleh BAKTI(Tesis, 2017)
  13. PEMANFAATAN LIMBAH KULIT KERANG MENJADI KAYA SENI BAGI PENGEMBANGAN USAHA KERAJINAN DI KOTA KENDARI oleh EMARIA FATIMAH PANJAITAN(Tesis, 2017)
  14. IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TARI LINDA MELALUI METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS XI SMAN 3 RAHA KABUPATEN MUNA   oleh WA HARIATI(Tesis, 2017)
  15. Kajian Pertumbuhan, Produksi Karkas dan Non Karkas Broiler Yang Diberi Pakan Komersial dan Berbagai Bobot Potong Yang Berbeda oleh Muhammad Sawadi(Tesis, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231