Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

IMPLEMENTATION OF FLIPPED CLASSROOM TO FOSTER STUDENT'S LEARNING, MOTIVATION AND ENGAGEMENT
Sulfajriyani Indah
Pembimbing: Dr. Sahlan, M.Pd. dan Alberth, S.Pd., M.A., Ph.D.
Abstrak
ABSTRAK   IMPLEMENTASI KELAS FLIPPED UNTUK MEMBANTU PEMBELAJARAN, MOTIVASI, DAN KETERLIBATAN SISWA TAHUN KEDUA DI SMA KARTIKA KENDARI SULFAJRIANI INDAH   G2Q1 15 002   Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan pemahaman membaca siswa, motivasi, dan keterlibatan mereka setelah diajar menggunakan kelas Flipped pada siswa kelas dua SMA Kartika Kendari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan siswa dalam pemahaman membaca mereka setelah diajar menggunakan model pembelajaran Flipped, mengukur tingkat motivasi dan keterlibatan siswa. Penelitian ini dirancang menggunakan metode campuran. Peserta dalam penelitian ini adalah siswa tahun kedua SMA Kartika Kendari. Jumlah peserta sebanyak 60 siswa yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas control. Dalam mengambil sampel, peneliti menggunakan random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pemahaman membaca, kuesioner motivasi, dan kuesioner keterlibatan siswa serta skrip wawancara untuk mendapatkan data kualitatif. Tes membaca terdiri dari 13 soal dalam bentuk pilihan ganda. Kuesioner motivasi terdiri dari 17 pernyataan dengan model close-ended kuesioner dan terdapat 16 pernyataan untuk kuesioner keterlibatan siswa. Selain itu, terdapat naskah wawancara yang terdiri dari 4 pertanyaan. Analisis statistic deskriptif dan analisis t digunakan untuk mencari data kuantitatif. Hasil dari post test menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman membaca siswa. Selain itu, hasil motivasi siswa menunjukkan bahwa peserta memiliki tingkat motivasi yang tinggi. Pada kuesioner keterlibatan menunjukkan siswa memiliki tingkat keterlibatan yang tinggi setelah diajar menggunakan model pembelajaran Flipped. Disamping itu, kualitatif data menunjukkan bahwa siswa menikmati dan mempunyai keinginan yang tinggi untuk berperan dalam proses pembelajaran khususnya pada saat menonton video dan mengerjakan tugas.   Kata kunci: metode campuran, pemahaman membaca, motivasi, keterlibatan, kelas Flipped
Abstract

ABSTRACT   IMPLEMENTATION OF FLIPPED CLASSROOM TO FOSTER STUDENT’S LEARNING, MOTIVATION AND ENGAGEMENT AT SECOND GRADE OF SMA KARTIKA KENDARI   SULFAJRIYANI INDAH G2Q1 15 002   This research is accomplished to investigate students’ improvement on reading comprehension, their motivation and engagement after being taught using Flipped classroom at the second grade of SMA Kartika Kendari. This study intended to discover students’ improvement on their reading comprehension after getting taught using Flipped learning, measure the degree of students’ motivation and engagement. The design of this study is mixed method. The participants are the second grade students of SMA Kartika Kendari. The total number of students is 60 students which divided into two classes namely experimental and control class. In taking sample,researcher used purposive sampling. The instruments to obtain data collection arereading test, motivation questionnaire and engagement questionnaire as well as interview script to get qualitative data. The reading test consists of 13 items in formof multiple choice questions. The motivation questionnaire was settled into 17 items of close-ended questionnaire and 16 items for engagement questionnaire. In addition, the interview script was consists of 4 questions. Descriptive Statistic and t-testanalysis was employed to seek the quantitative data. The result from post test showed that student’s improvement of experiment class was lower than those in control class. Moreover, the result of students’ motivation showed that the participants in control class was higher than those in experiment class. On the side of engagement questionnaire, students’ are moderate in degree of their engagement after being taught using Flipped learning. Additionally, the qualitative data revealed that students enjoy and have a high willingness to get involve in learning process especially watching videos and to do the tasks. Keywords: mixed method, reading comprehension, motivation, engagement, flipped  classroom

Tahun Tesis: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. PARTISIPASI PETANI DALAM PROGRAM PENGEMBANGAN USAHA AGRIBISNIS PERDESAAN (PUAP) DI DESA SILEA JAYA KECAMATAN BUKE KABUPATEN KONAWE SELATAN oleh SANTRY VYANI(Skripsi, 2017)
  2. FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENERAPAN  TEKNOLOGI USAHA TANI PADI SAWAH  DI DESA PUOSU JAYA KECAMATAN KONDA KABUPATEN KONAWE SELATAN oleh NITA PURNAMASARI(Skripsi, 2017)
  3. KENAKALAN REMAJA (Studi di Desa Benua Kecamatan Amonggedo Kabupaten Konawe) oleh muhammad fadhli saytno(Skripsi, 2017)
  4. PENGARUH SUKU BUNGA, KURS, INFLASI DAN PERTUMBUHAN PDB TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (IHSG) DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) oleh DWI RANDI KASAKTIAN(Skripsi, 2017)
  5. TANGGUNG JAWAB UTANG PIUTANG SUAMI ISTRI DALAM PERJANJIAN PERKAWINAN ATAS HARTA BERSAMA PASCA PUTUSAN MAHKAMAH KONSTITUSI NOMOR 69/PUU-XIII/2015 oleh AHMAT YANI(Skripsi, 2017)
  6. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi sumber daya alam di kelas IV SD Negeri 11 Loghia oleh WA ODE SAHARIA(Skripsi, 2017)
  7. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar IPA_Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Duruka pada Materi POkok Tekanan oleh SATRI MULAN(Skripsi, 2017)
  8. Meningkatkan Perbendaharaan Kata Anak melalui Metode Tanya Jawab dengan Menggunakan Media Boneka Tangan di Kelompok B TK Tunas Makarti Kendari oleh MELATI SULISTIANI (Skripsi, 2017)
  9. MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI BERMAIN SAIN DI KELOMPOK B TK HANDAYANI MATABUNDU TOARI KABUPATEN BOMBANA oleh Nur Amalia(Skripsi, 2017)
  10. STUDI PEMANFAATAN LIMBAH CANGKANG POKEA   (Batissa Violacea C.) SEBAGAI NANOKALSIUM TEETH  SERUM  UNTUK REKALSIFIKASI GIGI BERKARIES  oleh SITI MARSALINA(Skripsi, 2017)
  11. KEANEKARAGAMAN SERANGGA POLINATOR PADA PERKEBUNAN KAKAO (Theobromae cacao L.) DI DESA PUUDONGI KECAMATAN KOLONO KABUPATEN KONAWE SELATAN oleh DESI AFDALIANA(Skripsi, 2017)
  12. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI POKOK GEJALA-GEJALA YANG TERJADI DI ATMOSFER KELAS VII SMP NEGERI 1 WADAGA oleh WA ODE HALFINA(Skripsi, 2017)
  13. Komunikasi Persuasif Pustakawan dalam Peminjaman Koleksi pada Layanan Sirkulasi di Perpustakaan SMP Negeri 5 Kulisusu Kabupaten Buton Utara oleh EKA SRI WAHYUNI(Skripsi, 2017)
  14. JENIS-JENIS TUMBUHAN HERBA YANG TERDAPAT DI KAWASAN HUTAN LALAPINI DESA LAMETONO KECAMATAN LASOLO KABUPATEN KONAWE UTARA oleh Mega putri(Skripsi, 2017)
  15. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA MATERI POKOK TINDAKAN-TINDAKAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP MELALUI METODE TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS XI IPS5 DI SMA NEGERI 3 KENDARI oleh ASKAL ISWANTO(Skripsi, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231