Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

IMPLEMENTATION OF FLIPPED CLASSROOM TO FOSTER STUDENT'S LEARNING, MOTIVATION AND ENGAGEMENT
Sulfajriyani Indah
Pembimbing: Dr. Sahlan, M.Pd. dan Alberth, S.Pd., M.A., Ph.D.
Abstrak
ABSTRAK   IMPLEMENTASI KELAS FLIPPED UNTUK MEMBANTU PEMBELAJARAN, MOTIVASI, DAN KETERLIBATAN SISWA TAHUN KEDUA DI SMA KARTIKA KENDARI SULFAJRIANI INDAH   G2Q1 15 002   Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan pemahaman membaca siswa, motivasi, dan keterlibatan mereka setelah diajar menggunakan kelas Flipped pada siswa kelas dua SMA Kartika Kendari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan siswa dalam pemahaman membaca mereka setelah diajar menggunakan model pembelajaran Flipped, mengukur tingkat motivasi dan keterlibatan siswa. Penelitian ini dirancang menggunakan metode campuran. Peserta dalam penelitian ini adalah siswa tahun kedua SMA Kartika Kendari. Jumlah peserta sebanyak 60 siswa yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas control. Dalam mengambil sampel, peneliti menggunakan random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pemahaman membaca, kuesioner motivasi, dan kuesioner keterlibatan siswa serta skrip wawancara untuk mendapatkan data kualitatif. Tes membaca terdiri dari 13 soal dalam bentuk pilihan ganda. Kuesioner motivasi terdiri dari 17 pernyataan dengan model close-ended kuesioner dan terdapat 16 pernyataan untuk kuesioner keterlibatan siswa. Selain itu, terdapat naskah wawancara yang terdiri dari 4 pertanyaan. Analisis statistic deskriptif dan analisis t digunakan untuk mencari data kuantitatif. Hasil dari post test menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman membaca siswa. Selain itu, hasil motivasi siswa menunjukkan bahwa peserta memiliki tingkat motivasi yang tinggi. Pada kuesioner keterlibatan menunjukkan siswa memiliki tingkat keterlibatan yang tinggi setelah diajar menggunakan model pembelajaran Flipped. Disamping itu, kualitatif data menunjukkan bahwa siswa menikmati dan mempunyai keinginan yang tinggi untuk berperan dalam proses pembelajaran khususnya pada saat menonton video dan mengerjakan tugas.   Kata kunci: metode campuran, pemahaman membaca, motivasi, keterlibatan, kelas Flipped
Abstract

ABSTRACT   IMPLEMENTATION OF FLIPPED CLASSROOM TO FOSTER STUDENT’S LEARNING, MOTIVATION AND ENGAGEMENT AT SECOND GRADE OF SMA KARTIKA KENDARI   SULFAJRIYANI INDAH G2Q1 15 002   This research is accomplished to investigate students’ improvement on reading comprehension, their motivation and engagement after being taught using Flipped classroom at the second grade of SMA Kartika Kendari. This study intended to discover students’ improvement on their reading comprehension after getting taught using Flipped learning, measure the degree of students’ motivation and engagement. The design of this study is mixed method. The participants are the second grade students of SMA Kartika Kendari. The total number of students is 60 students which divided into two classes namely experimental and control class. In taking sample,researcher used purposive sampling. The instruments to obtain data collection arereading test, motivation questionnaire and engagement questionnaire as well as interview script to get qualitative data. The reading test consists of 13 items in formof multiple choice questions. The motivation questionnaire was settled into 17 items of close-ended questionnaire and 16 items for engagement questionnaire. In addition, the interview script was consists of 4 questions. Descriptive Statistic and t-testanalysis was employed to seek the quantitative data. The result from post test showed that student’s improvement of experiment class was lower than those in control class. Moreover, the result of students’ motivation showed that the participants in control class was higher than those in experiment class. On the side of engagement questionnaire, students’ are moderate in degree of their engagement after being taught using Flipped learning. Additionally, the qualitative data revealed that students enjoy and have a high willingness to get involve in learning process especially watching videos and to do the tasks. Keywords: mixed method, reading comprehension, motivation, engagement, flipped  classroom

Tahun Tesis: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. PENGARUH KOMPETENSI PENGELOLAAN KEUANGAN, AUDIT INTERNAL DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN UNIVERSITAS HALU OLEO oleh OMASRIANTO(Tesis, 2017)
  2. ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM BAHTERAMAS PROVINSI SULAWESI TENGGARA   oleh NURDIANA(Tesis, 2017)
  3. PENGARUH KETERLIBATAN KERJA DAN KARAKTERISTIK PEKERJAAN TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA PEGAWAI PADA INSPEKTORAT PROVINSI SULAWESI TENGGARA oleh Rina Wiranti(Tesis, 2017)
  4. Analisis Efektivitas Pembinaan Di Luar Tahanan Bagi Narapidana (Studi pada Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Kendari) oleh Muhammad Desryl Aqsah(Tesis, 2017)
  5. Nilai-nilai Budaya yang Terkandung Dalam Cerita Rakyat Muna yaitu Ratohano Fitu Ghulu Bidhadhari oleh TAMRIN(Skripsi, 2016)
  6. PENGARUH TEMPERATUR MESIN TETAS TERHADAP FERTILITAS, DAYA HIDUP EMBRIO, DAYA TETAS DAN BOBOT TETAS TELUR ITIK TEGAL oleh SRI YUNIATI SANDRA MALDANA(Skripsi, 2017)
  7. KEKERABATAN BAHASA WAWONII DAN BAHASA MENUI oleh JOFI IRFAN(Skripsi, 2016)
  8. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif IPA dan Keterampilan Proses  Sains Siswa Kelas IV SD oleh FATMAWATI HOI(Tesis, 2017)
  9. Perbedaan Hasil Pembelajaran PKN Antara Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Model Pembelajaran Konvensional Di SMP Negeri 12 Kendari oleh SUHARTI(Tesis, 2017)
  10. Pengaruh Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Wakatobi. oleh WA ODE DIAN MITHA BESTARI(Skripsi, 2017)
  11. HUBUNGAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI DIKECAMATAN TONGAUNA KABUPATEN KONAWE oleh EGUSRIN(Tesis, 2017)
  12. Hubungan Motivasi dan Disiplin dengan Hasil Belajar IPS  Pada SMP Negeri di Kecamatan Abuki dan Tongauna Kabupaten Konawe oleh BAKTI(Tesis, 2017)
  13. PEMANFAATAN LIMBAH KULIT KERANG MENJADI KAYA SENI BAGI PENGEMBANGAN USAHA KERAJINAN DI KOTA KENDARI oleh EMARIA FATIMAH PANJAITAN(Tesis, 2017)
  14. IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TARI LINDA MELALUI METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS XI SMAN 3 RAHA KABUPATEN MUNA   oleh WA HARIATI(Tesis, 2017)
  15. Kajian Pertumbuhan, Produksi Karkas dan Non Karkas Broiler Yang Diberi Pakan Komersial dan Berbagai Bobot Potong Yang Berbeda oleh Muhammad Sawadi(Tesis, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231