Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

STUDI PEMANFAATAN PUSKESMAS OLEH PESERTA BPJS DI PUSKESMAS MOKOAU KOTA KENDARI TAHUN
GUSTI AYU INTAN NIRWANA
Pembimbing: Drs.H.Junaid.,M.,Kes dan Wd.Stti Nurzalmaria A., S.Kep.,M.Kes
Abstrak
  STUDI PEMANFAATAN PUSKESMAS OLEH PESERTA BPJS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MOKOAU TAHUN 2017         Gusti Ayu Intan Nirwana1 Junaid2 Wa Ode SittiNurzalmariah Andisiri3 FakultasKesehatanMasyarakatUniversitasHalu Oleo123 gustiayuintan39@gmail.com1 Junaidjunaid1958@gmail.com 2andisirizalma@yahoo.co.id3 ABSTRAK   Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) adalah Badan hokum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan. Jaminan Kesehatan adalah jaminan berupa perlindungan kesehatan agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan yang diberikan kepada setiap orang tentunya.Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang hal-hal yang berkaitan dengan pemanfaatan pelayan kesehatan oleh peserta BPJS di Wilayah Kerja Puskesmas Mokoau Kota Kendari Tahun 2017. Jenis penelitian ini menggunakan metodede skriptif dengan pendekatan kuantitatif.  Sampel pada penelitian ini yaitu berjumlah 96 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan tingkat pengetahuan, responden yang memiliki tingkat pengetahuan sedang sebanyak 15 responden (15,0%). Berdasarkan tingkat pendidikan responden yang memiliki tingkat rendah sebanyak 57 responden  (59,4%). Berdasarkan tingkat kualitas pelayanan (Tangible) atau bukti nyata yang menyatakan buruk sebanyak 51 responden (53,1%) ,untuk (reability) atau kehandalan yang menyatakan buruk sebanyak 62 responden (64,4%) untuk (responsivenees) atau daya tangkap responden yang menyatakan buruk sebanyak 44 responden (45,8%), untuk (Assurance) atau jaminan kemampuan serta kesopanan yang menyatakan buruk sebanyak 53 responden (55,2%) untuk (emphaty) atau perhatian yang menyatakan buruk sebanyak 46 responden (47,9%). Berdasarkan kepuasan pelayanan administrasi yang menyatakan buruk sebanyak 48 responden (50,0%), untuk kepuasan pelayanan dokkter responden yang menyatakan buruk sebanyak 44 responden (45,8%), untuk kepuasan pelayanan perawat yang menyatakan buruk sebanyak 53 responden (55,2%) serta kepuasan pelayanan obat yang menyatakanb uruk sebanyak 45 responden (46,9%).   Kata kunci:BPJS, Pemanfaatan, Puskesmas          
Abstract

STUDY OF PUBLIC HEALTH CENTRE UTILIZATION BY BPJS PARTICIPANTS IN THE WORKING AREA OF MOKOAU PUBLIC HEALTH CENTRE IN 2017         Gusti Ayu Intan Nirwana1 Junaid2 Wa Ode SittiNurzalmariah Andisiri3 Faculty Of Public Health Halu Oleo University123 gustiayuintan39@gmail.com1 Junaidjunaid1958@gmail.com 2andisirizalma@yahoo.co.id3 ABSTRACT   The Health and Social Security Agency (BPJS) is a legal entity formed to organize a health insurance program. Health Insurance is a insurance in the form of health protection so that participants obtain health care benefits and protection in meeting basic health needs given to each person for sure. This research aims to describe related matters to the utilization of health care by BPJS participants in the Working Areas of Mokoau Public Health Centre Kendari in 2017. This research was a descriptive research with quantitative approach. The sample in this research were 96 respondents. The results showed that based on the level of knowledge, respondents who have moderate level of knowledge were 15 respondents (15.0%). Based on the education level, respondents who have low education level were 57 respondents (59.4%). Based on the level of quality of service (Tangible) or conclusive evidence that stated poor were 51 respondents (53.1%), for reliability dimension that states poor were 62 respondents (64.4%) for (responsivenees) or comprehension ability respondents who stated poor were 44 respondents (45,8%), for assurance ability and decency 53 respondents expressed it poor (55,2%) for (empathy) or concern 46 respondents stated it poor (47,9% ). Based on the satisfaction of administrative services 48 respondents stated it was poor (50.0%), for satisfaction of doctor services 44 respondents stated it was poor (45,8%), for the service of nurses 53 respondents stated it was poor (55,2%) As well as satisfaction of drug service 45 respondents (46,9%).   Keyword: Health and Social Security Agency (BPJS), Public Health Centre (PHC).  

Tahun Skripsi: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. PENGARUH DESKRIPSI DAN SPESIFIKASI PEKERJAAN TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI (Studi pada Badan Kepegawaian Daerah   Kabupaten Konawe Utara) oleh Heppy Apriyanti(Tesis, 2017)
  2. KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT TRANSMIGRAN ASAL JAWA DI DESA SUMBER SARI KECAMATAN SIOTAPINA KABUPATEN BUTON oleh AISA(Skripsi, 2017)
  3. Laju Dekomposisi Serasah Daun Tumbuhan Kayu Besi (Metrosideros Petiolata Koord.) Di Kawas Hutan Lindung Nanga-Nanga Papalia Kota Kendari Sulawesi Tenggara oleh Putra Prabowo(Skripsi, 2017)
  4. MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK MELALUI KEGIATAN MENDONGENG DI TK SANGIA JAMPAKA KECAMATAN MAWASANGKA KABUPATEN BUTON TENGAH oleh DEWI WIDIASTUTI SINTA(Skripsi, 2017)
  5. PENENTUAN ARAH DAN JENIS LONGSORAN DENGAN METODE PROYEKSI STEREOGRAFIS PADA QUARRY BATUGAMPING PT. SEMEN TONASA, KABUPATEN PANGKEP PROVINSI SULAWESI SELATAN oleh FAUZI DWI DZUL FAHMI(Skripsi, 2017)
  6. FAKTOR YANG BERHUBUNGAN TERHADAP KEPATUHAN MEMBAYAR IURAN BPJS MANDIRI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BATALAIWORU KECAMATAN BATALAIWORU KABUPATEN MUNA TAHUN 2017 oleh RISMAWATI(Skripsi, 2017)
  7. PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING IKATAN KIMIA BERBASIS ANIMASI WEB UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X-MIA SMA NEGERI 6 KENDARI oleh AGRY SAPUTRA DANY(Skripsi, 2017)
  8. EKSTRAKSI KANDUNGAN NIKEL (Ni2+) DESA BOEDINGI LASOLO SECARA HEAP LEACHING MENGGUNAKAN ASAM SULFAT oleh DOMA SATMAN(Skripsi, 2017)
  9. Respon Pasien Pengguna Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Rawat Inap Pada Pelayanan Puskesmas Poasia Kota Kendari oleh ARDIANTO(Skripsi, 2017)
  10. IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI KECAMATAN ABELI KOTA KENDARI oleh ISWAR AFANDY(Skripsi, 2017)
  11. Teachers’ Perception on The Use of Bahasa Indonesia as A Media of Instruction in Teaching English at Senior High Schools Level in Kendari City oleh LA ODE MASAALU(Skripsi, 2017)
  12. PERBAIKAN PADA SUATU CITRA DIGITAL YANG MENGANDUNG NOISE MENGUNAKAN MEDIAN FILTERING oleh NUR HIKMA MILA(Skripsi, 2017)
  13. THE SCAFFOLDING TALK TECHNIQUE ON STUDENTS’ SPEAKING ACHIEVEMENT AT FIRST GRADE STUDENTS’ OF SMAN 5 KENDARI (A Quasi Experimental Study at X IPA 1 Class of SMAN 5 Kendari) oleh NOVIANTI(Skripsi, 2013)
  14. Pirolisis Cangkang Kakao Menggunakan Oven Microwave Untuk Produksi Bio-Oil oleh MUHAMMAD AKBAR(Skripsi, 2017)
  15. KARAKTERISASI MINERAL PASIR PANTAI TAIPA DAN APLIKASINYA  SEBAGAI MEDIA FILTER PADA PENGOLAHAN AIR SUMUR GALI oleh NUR HAYANA NINGSIH(Skripsi, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231