Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

STUDI PEMANFAATAN PUSKESMAS OLEH PESERTA BPJS DI PUSKESMAS MOKOAU KOTA KENDARI TAHUN
GUSTI AYU INTAN NIRWANA
Pembimbing: Drs.H.Junaid.,M.,Kes dan Wd.Stti Nurzalmaria A., S.Kep.,M.Kes
Abstrak
  STUDI PEMANFAATAN PUSKESMAS OLEH PESERTA BPJS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MOKOAU TAHUN 2017         Gusti Ayu Intan Nirwana1 Junaid2 Wa Ode SittiNurzalmariah Andisiri3 FakultasKesehatanMasyarakatUniversitasHalu Oleo123 gustiayuintan39@gmail.com1 Junaidjunaid1958@gmail.com 2andisirizalma@yahoo.co.id3 ABSTRAK   Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) adalah Badan hokum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan. Jaminan Kesehatan adalah jaminan berupa perlindungan kesehatan agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan yang diberikan kepada setiap orang tentunya.Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang hal-hal yang berkaitan dengan pemanfaatan pelayan kesehatan oleh peserta BPJS di Wilayah Kerja Puskesmas Mokoau Kota Kendari Tahun 2017. Jenis penelitian ini menggunakan metodede skriptif dengan pendekatan kuantitatif.  Sampel pada penelitian ini yaitu berjumlah 96 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan tingkat pengetahuan, responden yang memiliki tingkat pengetahuan sedang sebanyak 15 responden (15,0%). Berdasarkan tingkat pendidikan responden yang memiliki tingkat rendah sebanyak 57 responden  (59,4%). Berdasarkan tingkat kualitas pelayanan (Tangible) atau bukti nyata yang menyatakan buruk sebanyak 51 responden (53,1%) ,untuk (reability) atau kehandalan yang menyatakan buruk sebanyak 62 responden (64,4%) untuk (responsivenees) atau daya tangkap responden yang menyatakan buruk sebanyak 44 responden (45,8%), untuk (Assurance) atau jaminan kemampuan serta kesopanan yang menyatakan buruk sebanyak 53 responden (55,2%) untuk (emphaty) atau perhatian yang menyatakan buruk sebanyak 46 responden (47,9%). Berdasarkan kepuasan pelayanan administrasi yang menyatakan buruk sebanyak 48 responden (50,0%), untuk kepuasan pelayanan dokkter responden yang menyatakan buruk sebanyak 44 responden (45,8%), untuk kepuasan pelayanan perawat yang menyatakan buruk sebanyak 53 responden (55,2%) serta kepuasan pelayanan obat yang menyatakanb uruk sebanyak 45 responden (46,9%).   Kata kunci:BPJS, Pemanfaatan, Puskesmas          
Abstract

STUDY OF PUBLIC HEALTH CENTRE UTILIZATION BY BPJS PARTICIPANTS IN THE WORKING AREA OF MOKOAU PUBLIC HEALTH CENTRE IN 2017         Gusti Ayu Intan Nirwana1 Junaid2 Wa Ode SittiNurzalmariah Andisiri3 Faculty Of Public Health Halu Oleo University123 gustiayuintan39@gmail.com1 Junaidjunaid1958@gmail.com 2andisirizalma@yahoo.co.id3 ABSTRACT   The Health and Social Security Agency (BPJS) is a legal entity formed to organize a health insurance program. Health Insurance is a insurance in the form of health protection so that participants obtain health care benefits and protection in meeting basic health needs given to each person for sure. This research aims to describe related matters to the utilization of health care by BPJS participants in the Working Areas of Mokoau Public Health Centre Kendari in 2017. This research was a descriptive research with quantitative approach. The sample in this research were 96 respondents. The results showed that based on the level of knowledge, respondents who have moderate level of knowledge were 15 respondents (15.0%). Based on the education level, respondents who have low education level were 57 respondents (59.4%). Based on the level of quality of service (Tangible) or conclusive evidence that stated poor were 51 respondents (53.1%), for reliability dimension that states poor were 62 respondents (64.4%) for (responsivenees) or comprehension ability respondents who stated poor were 44 respondents (45,8%), for assurance ability and decency 53 respondents expressed it poor (55,2%) for (empathy) or concern 46 respondents stated it poor (47,9% ). Based on the satisfaction of administrative services 48 respondents stated it was poor (50.0%), for satisfaction of doctor services 44 respondents stated it was poor (45,8%), for the service of nurses 53 respondents stated it was poor (55,2%) As well as satisfaction of drug service 45 respondents (46,9%).   Keyword: Health and Social Security Agency (BPJS), Public Health Centre (PHC).  

Tahun Skripsi: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. PENGARUH PEMBERDAYAAN PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KANTOR CAMAT KONDA KABUPATEN KONAWE SELATAN oleh RIRIN ULFARIA TAWAKAL(Skripsi, 2017)
  2. Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IVSD Negeri 06 Baruga. oleh dzulfaliyani madi(Skripsi, 2017)
  3. Pemetaan Penyakit Demam Berdarah Dengue di Kota Kendari Tahun 2013 dan 2014 dengan Analisis Pola Spasial oleh Anita Deppasau(Skripsi, 2015)
  4. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SENI KARYA MENGANYAM MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING oleh RISMAN NONE TALIB (Tesis, 2017)
  5. PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA PERIODE 2016/2021 (STUDI DI DESA BORO-BORO L KEC. RANOMEETO BARAT  KAB. KONAWE SELATAN)   oleh Pitra Kurniwati(Skripsi, 2017)
  6. PENGARUH PENAMBAHAN PASTA KACANG TANAH DAN PERBEDAAN SUHU TEMPERING TERHADAP KARAKTERISTIK FISIK DAN ORGANOLEPTIK COKELAT BATANG oleh NIRWAN SUDIRMAN(Skripsi, 2017)
  7. POLA PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN BOMBANA TAHUN 2010-2015 oleh HADIRMAN(Skripsi, 2017)
  8. TINJAUAN PELAKSANAAN KONSTRUKSI DENGAN METODE CPM/PERT (STUDI KASUS PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BOMBANA) oleh FEBRY SEPTIANI(Skripsi, 2017)
  9. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR HIDROLISIS GARAM  SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 PASARWAJO oleh TITA MARTIN(Skripsi, 2017)
  10. PENGARUH EKSTRAK TUMBUHAN BROTOWALI (Tinospora crispa, L.)  TERHADAP SPERMATOGENESIS MENCIT (Mus musculus, L.) oleh ARJUNI(Skripsi, 2017)
  11. PERSENTASE KARKAS DAN BAGIAN-BAGIAN KARKAS ENTOK (Cairina moschata) PADA BERBAGAI UMUR YANG BERBEDA oleh LA ODE AGUSALIM (Skripsi, 2016)
  12. TANGGUNG JAWAB INDUK PERUSAHAAN TERHADAP PERJANJIAN YANG DIBUAT OLEH ANAK PERUSAHAAN   oleh MUHAMMAD ISMAN SAKARIAH(Skripsi, 2017)
  13. ANALISIS REGRESI UNTUK MENGETAHUI FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PENDAPATAN DAERAH DI SULAWESI TENGGARA   oleh MAIMANAH(Skripsi, 2017)
  14. ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS JASA LAYANAN INTERNET DI @wifi.id CORNER DI KOTA KENDARI oleh MUH. AWARDHAN PAGALA(Skripsi, 2017)
  15. ANALISIS PUTUSAN NOMOR 13/Pdt.G/2016/PN.PSW TERHADAP PENGAKUAN PENGGUGAT SEBAGAI AHLI WARIS PADA TANAH AREAL PENGGUNAAN LAIN (APL) oleh GUSMAN PALEKA(Skripsi, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231