Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

IMPLEMENTASI PELAYANAN RUJUKAN PASIEN BPJS (BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL) DI PUSKESMAS GUALI KABUPATEN MUNA BARAT TAHUN 2017
ISMILIANI SAFLIA
Pembimbing: AMBO SAKKA, S.KM., M.A.R.S dan PARIDAH, S.Si., M.Kes
Abstrak
IMPLEMENTASI PELAYANAN RUJUKAN PASIEN BPJS (BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL) DI PUSKESMAS GUALI KABUPATEN MUNA BARAT TAHUN 2017     Ismiliani Saflia1 Ambo Sakka 2 Paridah3 Fakultas Kesehatan Masyarakat123Universitas Halu Oleo Ismilianisaflia@yahoo.com 1 Abufaadhl@gmail.com 2 Paridah@gmail.com 3     ABSTRAK   Sistem rujukan pelayanan kesehatan merupakan penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang mengatur pelimpahan tugas dan tanggung jawab pelayanan kesehatan secara timbal balik baik vertikal maupun horizontal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pelayanan rujukan pasien BPJS Kesehatan di Puskesmas Guali Kabupaten Muna Barat Tahun 2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang didukung oleh data primer berupa hasil wawancara mendalam, observasi, pemeriksaan dokumen, dan dokumentasi serta data sekunder berupa telaah dokumen dengan peneliti berperan sebagai instrument utama penelitian.Teknik analisis data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari segi ketersediaan tenaga medis Puskesmas Guali hanya memiliki 1 orang dokter umum dan jika dokter tidak datang maka tenaga kesehatan lain yang memberikan surat rujukan atau dalam memberikan pelayanan kesehatan. Dari segi ketersediaan fasilitas kesehatan Puskesmas Guali berkoordinasi dengan pihak RSUD Kab. Muna untuk merujuk pasien yang membutuhkan penanganan serius seperti pelayanan rawat inap dimana alat kesehatan di Puskesmas Guali peralatan diagnostik itu masih kurang. Dari segi aksesibilitas masih minimnya jumlah transportasi yang digunakan dalam proses rujukan dan waktu tempuh selama 120 menit ke RSUD Kab. Muna telah efisien. Diharapkan kepada pihak puskesmas meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan sehingga pasien menumbuhkan kepercayaan terhadap kinerja puskesmas, meningkatkan kedisiplinan petugas kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan.  Kata kunci: pelayanan rujukan, ketersediaan tenaga medis, ketersediaan fasilitaskesehatan, aksesibilitas
Abstract

IMPLEMENTATION OF REFERRAL SERVICE OF BPJS PATIENT IN GUALI PUBLIC HEALTH CENTER,WEST MUNA REGENCY 2017 Ismilianisaflia1 Ambo Sakka 2Paridah3 Faculty of Public Health 123haluoleo university Ismilianisaflia@yahoo.com 1 Abufaadhl@gmail.com 2 Paridah@gmail.com 3   ABSTRACT Referral health service system is a health service arrangement that regulates the delegation of duties and responsibilities of health services in reverse either vertical or horizontal. This research aimed to determine the implementation of referral service of BPJS Patient in Guali public health center West Muna regency 2017.  This research uses descriptive qualitative approach supported by primary data in the form of in-depth interview, observation, document examination and documentation also secondary data in the form of document review with researcher acting as the main instrument of the research. The analysis of the data was using data reduction, presentment of the data, and conclusion. The results of this study show that in terms of availability of medical personnel, referral services provided by the Guali public health center to the patients is through a doctor and if the doctor was unable to attend then the other health workers who provide referral or in providing health services. In terms of health facility availability Puskesmas Guali coordinate with the General Hospital of Muna to refer patients who require serious treatment such as inpatient services where there a lack of health equipment in public health services such as diagnostic equipment. In terms of accessibility which there were a minimum number of transportation used in the referral process and also travel time for 120 minutes to General Hospital of Muna has been efficient. It is expected that the public health center improves the quality of health services to BPJS patients so that the patient became confidence in the performance of the public health center, improving the discipline of health workers in providing health services. Keywords: referral services, the availability of medical personnel, the availability of health facilities, accessibility

Tahun Skripsi: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1.  DESKRIPSI INDEKS PRESTASI MAHASISWA BIDIKMISI JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI KONSENTRASI KOPERASI ANGKATAN 2013 UNIVERSITAS HALU OLEO oleh SITTI NURMALA(Skripsi, 2017)
  2. PRODUKSI DAN EKSTRAKSI METANOL KULIT DURIAN DENGAN METODE PIROLISIS DAN DESTILASI BERTINGKAT oleh FERNI SASMITA(Skripsi, 2017)
  3. Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Harga Diri melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) pada Siswa Kelas III SD Negeri 7 Langara Kabupaten Konawe Kepulauan oleh MAESARI(Skripsi, 2017)
  4. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI MASALAH SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 2 WAWOROPE KABUPATEN KONAWE KEPULAUAN oleh MISNAWIAH(Skripsi, 2017)
  5. PERANCANGAN DAN PEMBUATAN DINAMOMETER TIPE CAKRAM UNTUK SARANA PRAKTIKUM PRESTASI MESIN  oleh KASMAN HIDAYAT(Skripsi, 2017)
  6. PENGARUH PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU SD DI KECAMATAN UNAAHA KABUPATEN KONAWE oleh GOMIN(Tesis, 2018)
  7. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA PADA MATERI MENJAGA KEUTUHAN NKRI KELAS V SDN 4 BATAIWORU oleh WA ODE RABANIA(Skripsi, 2017)
  8. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI PEMBELAJARAN SISTEM PEMERINTAHAN DESA DAN KECAMATAN PADA SISWA KELAS IV SDN 4 BATALAIWORU oleh WA ODE ROSMA(Skripsi, 2017)
  9. PENGARUH KARAKTERISTIK STRUKTUR ORGANISASI DAN PERILAKU KERJA PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAHKABUPATEN KOLAKA oleh ENDRY WIJAYA(Tesis, 2017)
  10. PENGARUH AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI, DAN PENGAWASAN TERHADAP PENGELOLAAN ANGGARAN BERKONSEP VALUE FOR MONEY PADA BADAN PENGELOLA KEUANGAN DAN ASET DAERAH KOTA KENDARI oleh VINA OLIVIA PEBRIANTY(Tesis, 2017)
  11. STUDI PENGELOLAAN KEUANGAN DANA DESA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KABUPATEN KONAWE SELATAN oleh UMMUL HAERAT(Tesis, 2018)
  12. MENINGKATKAN KEMAMPUAN NATURALIS ANAK MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN OUTDOOR DI KELOMPOK B TK SANGIA JAMPAKA KECAMATAN MAWASANGKA KABUPATEN BUTON TENGAH oleh FITRI AYU FINCE(Skripsi, 2017)
  13. MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA VISUAL KARTU DI KELOMPOK B TK ISLAM KEMARAYA KENDARI oleh AYU KARTIKA SARI(Skripsi, 2017)
  14. Simulasi Persamaan Getaran Harmonik Teredam pada Pegas Ganda 2D Menggunakan Visual Basic for Application (VBA) Spreadsheet Excel oleh SARIPATI(Skripsi, 2017)
  15. BENTUK UPAYA GURU PPKN DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 WATOPUTE KECAMATAN WATOPUTE KABUPATEN MUNA oleh WA ASMA(Skripsi, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231