Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

KARAKTERISTIK FISIK DAN ORGANOLEPTIK DAGING SAPI BALI PADA BERBAGAI LOKASI OTOT YANG BERBEDA
NELA FEBRIANI RANTI
Pembimbing: Prof. Dr. Ir. H. Harapin Hafid., M.Si dan Rahman. S.Pt., M.T
Abstrak
ABSTRAK Nela Febriani Ranti (L1A1 12 128): Karakteristik Fisik dan Organoleptik Daging  Sapi Bali pada Berbagai Lokasi Otot yang Berbeda. Dibimbing oleh Harapin Hafid, sebagai Pembimbing I dan Rahman, sebagai Pembimbing II.   Daging merupakan bahan pangan sumber protein hewani yang digemari oleh seluruh lapisan masyarakat karena rasanya yang lezat dan mengandung nilai gizi yang tinggi. Daging pada lokasi otot yang berbeda pada dasarnya memiliki perbedaan dalam hal aktivitas dan fungsinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik fisik dan organoleptik daging sapi bali pada berbagai lokasi otot yang berbeda. Penelitian ini menggunakan daging sapi pada lokasi otot yang berbeda yaitu otot longissimus dorsi  (LD), biceps femoris (BF), pectoralis profundus (PP), dan otot gastrocnemius. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengap (RAL) dengan  4 perlakuan dan 5 ulangan.Hasil penelitian menunjukan bahwa secara statistik, karakteristik fisik daging sapi segar pada otot yang berbeda menunjukkan perbedaan yang nyata (P<0,05) dari segi pH, susut masak dan warna daging. Sedangkan  karakteristik organoleptik daging sapi pada otot yang berbeda menunjukan perbedaan yang nyata (P<0,05) pada cita rasa dan keempukan, namun tidak menunjukan perbedaan yang nyata (P>0,05) pada aroma, tekstur, dan kesan jus daging. Disimpulkan bahwa lokasi otot yang berbeda secara umum memiliki karakteristik fisik dan organoleptik yang berbeda   Kata Kunci: daging sapi, lokasi otot, fisik dan organoleptik
Abstract

ABSTRACT   Nela Febriani Ranti (L1A1 12 128): physical characteristics and organoleptic of bali cattle meat on several different muscle locations by Harapin Hafid, as Supervisor I and Rahman, as Supervisor II.   Meat is one of adore food because of its delicious taste and high nutrient.  Meat on different muscle locations has different activities and functions.  The aim of this research was to understand physical characteristics and organoleptic of Bali cattle meat from different muscle locatios.  This study used beef cattle meat from different muscle locations were longissimus dorsi (LD) muscle, biceps femoris (BF), pectoral profundus (PP), and gastrocnemius muscle.  This research used Completely Randomized Designs (CRD) with 4 treatments and 5 replications. Results showed that statistically characteristics of fresh beef on different muscle was significantly different (P<0.05) on pH, cooking lost, and meat color.  Whereas organoleptic characteristics of meat on different muscles were significantly different (P<0.05) on taste and tenderness, but it were not significantly different (P>0.05) on aroma, texture, and juicy of meat.  It could be concluded that different muscle locations generally has different physical characteristics and organoleptic. Key words: beef, muscle locations, physical, organoleptic          

Tahun Skripsi: 2016   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT PENGEMBANGAN KAWASAN SENTRA PETERNAKAN RAKYAT (SPR) SAPI POTONG DI KABUPATEN KONAWE   oleh PUTRA WIADNYANA(Skripsi, 2017)
  2. Studi Kesetimbangan Dan Kinetika Adsorpsi Zat Warna Remazol Yellow FG Menggunakan Persimmon Tannin Gel oleh Herman(Skripsi, 2017)
  3. PENGARUH PENAMBAHAN BUBUK KOPI TERHADAP KARAKTERISTIK ORGANOLEPTIK PRODUK BROWNIES YANG TERBUAT DARI TEPUNG UBI KAYU TERMODIFIKASI     oleh RENNY ASTUTY SABARA(Skripsi, 2017)
  4. Kajian Karakteristik dan Evaluasi Produksi Ternak Kambing Berdasarkan Indikator Ketersediaan Pakan di Kabupaten Muna Barat oleh irwansyah(Tesis, 2016)
  5. PERANAN KEPEMIMPINAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI KERJA PEGAWAI (Studi Pada Kantor Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tenggara) oleh MUTHIA PURNAMASARI(Skripsi, 2017)
  6. FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN LINGKUNGAN   (Studi Kasus: PT.Agrindo, Desa Lawonua, Kecamatan Besulutu) oleh Hasbar Basrin(Skripsi, 2017)
  7. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS IV  SDN 02 WATULIANDU KABUPATEN KOLAKA oleh ABIDIN BILO(Skripsi, 2017)
  8. KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI AKTIVITAS MEMBACA BERPIKIR TERBIMBING SISWA KELAS IV SDN 3 19 NOPEMBER oleh ASRIN WIDODO ARWAN(Skripsi, 2017)
  9. PEMETAAN PERSEPSI MEREK LAPTOP DI KALANGAN MAHASISWA  MENGGUNAKAN ANALISIS KORESPONDENSI    (Studi Kasus Mahasisiwa Program Pendidikan Vokasi UHO) oleh Nasrullah(Skripsi, 2017)
  10. ANALISI UNIT COST PELAYANAN RAWAT INAP POSTPARTUM DI RUMAH SAKIT UMUM DEWI SARTIKA DENGAN METODE ACTIVITY BASED COSTING (ABC) SYSTEM oleh NURLELY TRI WAHYUNI(Skripsi, 2017)
  11. ANALISIS KEPUTUSAN MENTERI DALAM NEGERI DALAM PEMBERHENTIAN JABATAN BUPATI OGAN ILIR MENURUT UNDANG–UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2014 TENTANG PEMERINTAHAN DAERAH oleh PRATNO KURNIAWAN(Skripsi, 2017)
  12. Sintesis Silika MCM-41 Termodifikasi Ni2+ (Ni-MCM-41) dan Uji Potensi Sebagai Adsorben Ion Logam Berat Zn2+ oleh Dedi Setiawan(Skripsi, 2017)
  13. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Datar Simetris dan Pencerminan Bangun Datar dengan Menggunakan Alat Peraga  di Kelas IV SD Negeri 4 Parigi Kabupaten Muna oleh INDRAWATI SANGAJI(Skripsi, 2016)
  14. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Datar dengan Menggunakan Alat Peraga di Kelas V SD Negeri 07 Kabangka oleh ZANURIA (Skripsi, 2016)
  15. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat di Kelas IV SD Negeri 4 Parigi Kabupaten Muna oleh DESTIFA HIDAYAHNI(Skripsi, 2016)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231