Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

KARAKTERISTIK FISIK DAN ORGANOLEPTIK DAGING SAPI BALI PADA BERBAGAI LOKASI OTOT YANG BERBEDA
NELA FEBRIANI RANTI
Pembimbing: Prof. Dr. Ir. H. Harapin Hafid., M.Si dan Rahman. S.Pt., M.T
Abstrak
ABSTRAK Nela Febriani Ranti (L1A1 12 128): Karakteristik Fisik dan Organoleptik Daging  Sapi Bali pada Berbagai Lokasi Otot yang Berbeda. Dibimbing oleh Harapin Hafid, sebagai Pembimbing I dan Rahman, sebagai Pembimbing II.   Daging merupakan bahan pangan sumber protein hewani yang digemari oleh seluruh lapisan masyarakat karena rasanya yang lezat dan mengandung nilai gizi yang tinggi. Daging pada lokasi otot yang berbeda pada dasarnya memiliki perbedaan dalam hal aktivitas dan fungsinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik fisik dan organoleptik daging sapi bali pada berbagai lokasi otot yang berbeda. Penelitian ini menggunakan daging sapi pada lokasi otot yang berbeda yaitu otot longissimus dorsi  (LD), biceps femoris (BF), pectoralis profundus (PP), dan otot gastrocnemius. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengap (RAL) dengan  4 perlakuan dan 5 ulangan.Hasil penelitian menunjukan bahwa secara statistik, karakteristik fisik daging sapi segar pada otot yang berbeda menunjukkan perbedaan yang nyata (P<0,05) dari segi pH, susut masak dan warna daging. Sedangkan  karakteristik organoleptik daging sapi pada otot yang berbeda menunjukan perbedaan yang nyata (P<0,05) pada cita rasa dan keempukan, namun tidak menunjukan perbedaan yang nyata (P>0,05) pada aroma, tekstur, dan kesan jus daging. Disimpulkan bahwa lokasi otot yang berbeda secara umum memiliki karakteristik fisik dan organoleptik yang berbeda   Kata Kunci: daging sapi, lokasi otot, fisik dan organoleptik
Abstract

ABSTRACT   Nela Febriani Ranti (L1A1 12 128): physical characteristics and organoleptic of bali cattle meat on several different muscle locations by Harapin Hafid, as Supervisor I and Rahman, as Supervisor II.   Meat is one of adore food because of its delicious taste and high nutrient.  Meat on different muscle locations has different activities and functions.  The aim of this research was to understand physical characteristics and organoleptic of Bali cattle meat from different muscle locatios.  This study used beef cattle meat from different muscle locations were longissimus dorsi (LD) muscle, biceps femoris (BF), pectoral profundus (PP), and gastrocnemius muscle.  This research used Completely Randomized Designs (CRD) with 4 treatments and 5 replications. Results showed that statistically characteristics of fresh beef on different muscle was significantly different (P<0.05) on pH, cooking lost, and meat color.  Whereas organoleptic characteristics of meat on different muscles were significantly different (P<0.05) on taste and tenderness, but it were not significantly different (P>0.05) on aroma, texture, and juicy of meat.  It could be concluded that different muscle locations generally has different physical characteristics and organoleptic. Key words: beef, muscle locations, physical, organoleptic          

Tahun Skripsi: 2016   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. MODEL PEMBERDAYAAN  MELALUI PROGRAM DAY CARE DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL LANSIA (Studi Kasus Di Panti Sosial Tresna Werdha Minaula Kendari)   oleh Yulianti(Skripsi, 2017)
  2. MODEL INTERVENSI  PEKERJA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN  KEBERFUNGSIAN SOSIAL LANSIA DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA MINAULA KENDARI oleh Sulfiah(Skripsi, 2017)
  3. SINTESIS DAN KARAKTERISASI Cu-MCM-41 DAN UJI POTENSI SEBAGAI  ADSORBEN ZAT WARNA METILEN BIRU oleh RAWALUDDIN(Skripsi, 2017)
  4. STUDI ISOTERMAL DAN KINETIKA ADSORPSI ZAT WARNA RHODAMIN B MENGGUNAKAN PERSIMMON TANNIN GEL oleh AFANDI MUH. MUSA(Skripsi, 2017)
  5. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Provinsi Sulawesi Tenggara oleh PERAWATI(Skripsi, 2017)
  6. PERKEMBANGAN POPULASI  SAPI BALI  DI KECAMATAN KULISUSU DAN KECAMATAN KULISUSU BARAT  oleh Jusdin, S.Pt(Skripsi, 2017)
  7. TANGGUNGJAWAB HUKUM PELAKU USAHA DAN PEKERJA PENCUCIAN MOBIL ATAS KERUSAKAN KENDARAAN (Studi Kasus Pada Agung Car Wash Di Kota Kendari) oleh JULIADI SAPUTRA(Skripsi, 2017)
  8. BENTUK JARINGAN SOSIAL WANITA PEMECAH BATU (STUDI DI DESA MATA WAWATU KECAMATAN MORAMO UTARA KABUPATEN KONAWE SELATAN) oleh AFRIDA(Skripsi, 2017)
  9. PENGARUH KREATIFITAS DAN INOVASI TERHADAP KEBERHASILAN USAHA (Studi Pada Seluruh Produsen Roti di Kota Kendari Yang Telah Memiliki Toko / Outlet Tersendiri) oleh HAZAIRIN ADHA(Skripsi, 2017)
  10. Pengaruh Kualitas Layanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Menginap pada Hotel Arieskha Kendari oleh ST. QORIAH(Skripsi, 2017)
  11. ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA UD. BARUASA MEMBIRI KENDARI oleh ZULFARHANA SARI MUIN(Skripsi, 2017)
  12. PENGARUH  MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN MODEL PEMBELAJARAN TAKTIS TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLY SISWA SMPN 3 RAHA oleh YUNARSIH(Tesis, 2017)
  13. Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Universitas Halu Oleo) oleh ANITA SUKARNIATI(Skripsi, 2017)
  14. Pengaruh Kepuasan Dan Pengetahuan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Samsung Galaxy (Studi pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Halu Oleo angkatan 2012-2016). oleh NIKEN JULIANTI(Skripsi, 2017)
  15. HUBUNGAN LAMA KERJA, GERAKAN REPETITIF DAN POSTUR JANGGAL PADA TANGAN DENGAN KELUHAN CARPAL TUNNEL SYNDROME (CTS) PADA PEKERJA PEMECAH BATU DI KECAMATAN MORAMO UTARA KABUPATEN KONAWE SELATAN TAHUN 2016 oleh DEWI SEKARSARI(Skripsi, 2016)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231