Untitled-2

Highlight Agenda Webinar Nasional “Penegakan Hukum Tindak Pidana Pemilihan pada Pilkada Serentak Tahun 2020 di Masa Pandemi COVID-19”

Laboratorium Hukum Pidana dan Kriminologi Fakultas Hukum Universitas Halu Oleo telah mengadakan Webinar Nasional, yaitu “Penegakan Hukum Tindak Pidana Pemilihan pada Pilkada Serentak Tahun 2020 di Masa Pandemi COVID-19” pada hari Kamis, 20 Agustus 2020 pada pukul 09.30-12.00 WITA melalui konferensi video Zoom serta live streaming melalui YouTube Klinik Hukum UHO.

Suasana saat Webinar Nasional FH UHO berlangsung.
Suasana saat Webinar Nasional FH UHO berlangsung.

Webinar Nasional mendapat respons yang luar biasa karena dalam pendaftarannya diikuti oleh lebih dari 600 pendaftaran oleh berbagai kalangan, baik itu dari akademisi, penegak hukum, lembaga yang terkait dengan pemilihan umum, mahasiswa, dan masyarakat umum.

Screen 2
Dr. Herman, S.H., LL.M., Dekan Fakultas Hukum Universitas Halu Oleo dan Dr. Hamiruddin Udu, S.Pd., M.Hum., Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Tenggara membuka Webinar Nasional FH UHO.

Dalam webinar nasional ini turut hadir Dr. Herman, S.H., LL.M., Dekan Fakultas Hukum Universitas Halu Oleo sebagai pembuka kegiatan, dan Dr. Hamiruddin Udu, S.Pd., M.Hum., Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai pengantar dalam webinar nasional ini. Selain itu, webinar ini diisi oleh beberapa narasumber yang berkompeten di bidangnya, yakni Prof. Dr. Didik Endro Purwoleksono, S.H., M.H. sebagai Guru Besar Hukum Pidana Fakultas Hukum Universitas Airlangga, Dr. Ratna Dewi Pettalolo, S.H., M.H. sebagai Anggota Bawaslu RI Divisi Penindakan, dan Kompol Nur Said, S.H., M.H. sebagai Kanir 5 Subdit IV/Politik dan Dokumen Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri. Webinar ini dimoderatori oleh Asri Sarif, S.H., M.H.

Scree 3
Prof. Dr. Didik Endro Purwoleksono, S.H., M.H. (Guru Besar Hukum Pidana Fakultas Hukum Universitas Airlangga), Dr. Ratna Dewi Pettalolo, S.H., M.H. (Anggota Bawaslu RI Divisi Penindakan), dan Kompol Nur Said, S.H., M.H. (Kanir 5 Subdit IV/Politik dan Dokumen Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri) memaparkan materinya kepada peserta webinar.

Dalam webinar nasional ini, telah dibahas bagaimana penegakan hukum tindak pidana pemilihan pada Pilkada serentak tahun 2020 di masa pandemi COVID-19, bagaimana tahapan dan proses pemilihan umum, potensi pelanggaran pada pemilihan yang mungkin akan terjadi, dan strategi penyelesaian pelanggaran selama dalam kondisi pandemi COVID-19, serta bagaimana saja upaya penanganan dalam pengadilan terkait pelanggaran Pilkada serentak tahun 2020,

Webinar ini diakhiri dengan sesi tanya jawab oleh peserta dan dijawab oleh para narasumber dan penutup oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Halu Oleo, Dr. Herman, S.H., LL.M.

Anda dapat menyaksikan kembali webinar nasional melalui kanal YouTube: Klinik Hukum UHO atau melalui video berikut:

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.