Slide1

Sasaran Strategis Program Studi Ilmu Hukum

Pengukuran ketercapaian tujuan PS Ilmu Hukum diperlukan sejumlah sasaran strategis yang menggambarkan kondisi yang harus dicapai pada Tahun 2022. Sasaran dan strategis pencapaian sebagai berikut:

1. Sasaran dan strategi untuk mencapai T1.

Mewujudkan pendidikan dan proses pembelajaran yang berkualitas melalui pelayanan prima dalam upaya pengembangan ilmu hukum dengan mengintegrasikan kemajuan teknologi sehingga dapat menghasilkan lulusan (SDM) yang berdaya saing. Adapun Sasaran pencapaian T1 sebagai berikut:

S1.1. Menyelenggarakan proses pembelajaran dengan kurikulum berbasis KKNI sesuai SN-Dikti dengan pemanfaatan fasilitas teknologi informasi dalam bidang pengajaran.
S1.2. Peningkatan kuantitas dan kualitas jumlah dosen dengan jabatan akademik guru besar, Gelar Akademik doktor; serta bersertifikat profesi.
S1.3. Pengembangan kemampuan soft skill civitas akademik dan peningkatan jumlah mahasiswa penerima beasiswa.
S1.4. Terciptanya suasana akademik yang kondusif dan peningkatan pelayanan sistem informasi akademik dan pangkalan data di program studi yang terintegrasi dengan fakultas dan universitas.
S1.5. Pemanfaatan laboratorium sebagai sarana praktikum.
S1.6. Mewujudkan lingkungan kampus yang bersih, indah sejuk dan aman serta menyediakan sarana penunjang lainnya.

2. Sasaran untuk mencapai T2.

Menghasilkan penelitian unggulan dan pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu hukum dan profesional sebagai yuris yang berorientasi pada publikasi nasional dan internasional yang bereputasi serta perolehan HaKI. Adapun Sasaran pencapaian T2 adalah:

S2.1. Meningkatnya jumlah publikasi pada jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi.
S2.2. Pengembangan riset kerjasama dengan perguruan tinggi dan lembaga/instansi pemerintah dan swasta maupun riset kerjasama internasional.
S2.3. Perluasan jaringan dalam perolehan hibah riset kompetisi dan hibah pengabdian kepada masyarakat.
S2.4. Peningkatan kualitas dan kuantitas publikasi hasil penelitian dalam jurnal terakreditasi nasional maupun internasional bereputasi serta perolehan HaKI.
S2.5. Peningkatan kualitas pengelolaan jurnal ilmiah program studi Ilmu Hukum.

3. Sasaran untuk mencapai T3.

Mengoptimalkan potensi kreativitas mahasiswa di bidang kerohanian dan karakter, penalaran, olah raga, seni dan kewirausahaan, agar membangun atmosfer akademik yang kondusif, bersih, indah, sejuk dan aman. Selanjutnya sasaran pencapaian T3 adalah:

S3.1. Meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), penyelenggaraan dan mengikuti kegiatan seminar nasional.
S3.2. Peningkatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) baik dalam bidang penelitian, penerapan teknologi, pengabdian kepada masyarakat, dan lain-lain.
S3.3. Terlaksananya kegiatan kerohanian dan pembinaan karakter mahasiswa secara berkala.
S3.4. Terbentuknya kelompok wirausaha dan peningkatan prestasi mahasiswa dalam bidang seni dan olah raga.
S3.5. Masa tunggu lulusan yang relatif singkat dengan masa tunggu 3-6 bulan serta memotivasi Lulusan agar dapat melanjutkan Program Magister.

4. Sasaran untuk mencapai T4.

Meningkatkan sistem tata kelola, penjaminan mutu dan kualitas kerjasama yang berbasis pada teknologi informasi. Selanjutnya Sasaran pencapaian T4, yaitu:

S4.1. Mengoptimalkan Sistem Penjaminan Mutu akademik dan non akademik internal PS.
S4.2. Memaksimalkan unsur-unsur jaminan mutu di tingkat Program Studi dan penyelengaraan Audit internal mutu secara rutin.
S4.3. Membangun kerjasama dengan instansi/lembaga dalam negeri dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
S4.4. Peningkatan kualitas dan kualitas kerjasama di bidang penelitian dengan instansi/lembaga dalam negeri dan luar negeri.