Pemilihan Dekan FISIP PERIODE 2022-2026

PANITIA PEMILIHAN DEKAN FISIP PERIODE 2022-2026


Panitia Pemilihan Dekan


JADWAL TAHAPAN PEMILIHAN DEKAN FISIP PERIODE 2022-2026

JADWAL TAHAPAN PEMILIHAN (1)

NO. KEGIATAN WAKTU KETERANGAN
 

1.

RAPAT PEMBENTUKAN PANITIA PEMILIHAN DEKAN FISIP UHO PERIODE 2022-2026 12 APRIL 2022 FISIP UHO
 

2

PENETAPAN PANITIA OLEH DEKAN FISIP UHO 13 APRIL 2022 FISIP UHO
3 PENGESAHAN DAN PENETAPAN TATA TERTIB, TATA CARA DAN JADWAL TAHAPAN PEMILIHAN DEKAN FISIP UHO  

18 APRIL 2022

 

FISIP UHO

4.

 

PENGUMUMAN DAN SOSIALISASI PENDAFTARAN 18 – 21  APRIL 2022 MELAUI WEB DAN MEDSOS (WAG) DAN FLAYER
                TAHAP PENJARINGAN    
1. PENDAFTARAN BAKAL CALON DEKAN DAN PENETAPAN BAKAL CALON 19 – 27 APRIL 2022
a.      PENGAMBILAN DAN PENGUNDUHAN BERKAS PERSYARATAN (klik web berikut ) 19 – 20 APRIL2022 SEKRETARIAT PANITIA
b.      PENGEMBALIAN BERKAS KEPADA

PANITIA

21- 27 APRIL 2022 SEKRETARIAT PANITIA
2. VERIFIKASI ADMINISTRASI 27 APRIL 2022 SEKRETARIAT PANITIA
3. PERBAIKAN HASIL VERIFIKASI ADMINISTRASI 28 APRIL 2022 SEKRETARIAT PANITIA
a.      KONSULTASI KE DEKAN APABILA CALON KURANG DARI 3 ORANG* 28 APRIL FISIP UHO
b.      APABILA HASIL KONSULTASI KE DEKAN CALON TETAP TIDAK MEMUNGKINKAN LEBIH DARI 3 OARNG MAKA CALON BOLEH KURANG DARI 3 ORANG* 28 APRIL FISIP UHO
4. PENETAPAN DAN PENYAMPAIAN NAMA BAKAL CALON DEKAN KEPADA SENAT FISIP UHO 11 MEI  2022 RUANG RAPAT SENAT FISIP UHO
5. PENYAMPAIAN DOKUMEN VISI, MISI SERTA KELENGKAPAN ADMINISTRASI LAINNYA KEPADA REKTOR UHO 11 MEI  2022 RUANG RAPAT SENAT FISIP UHO
   

TAHAP PENYARINGAN

 

1. PENYAMPAIAN VISI, MISI OLEH BAKAL CALON DEKAN FISIP UHO 17 MEI 2022 RUANG RAPAT SENAT FISIP UHO
2. PEMUNGUTAN SUARA  OLEH ANGGOTA SENAT UNTUK MENDAPATKAN 2 (DUA) NAMA CALON DEKAN FISIP UHO 17 MEI 2022

(APABILA HANYA 1 CALON DEKAN MAKA SENAT DAPAT LANGSUNG MELAKUKAN PEMILIHAN DEKAN SESUAI TATA TERTIB PEMILIHAN SECARA MUSYAWARAH MUFAKAT)

 

RUANG RAPAT SENAT FISIP UHO

 

3. RAPAT SENAT FAKULTAS UNTUK PENYARINGAN CALON DEKAN PALING LAMBAT 1 (satu) MINGGU SETELAH PANITIA PEMILIHAN DEKAN MENYAMPAIKAN BAKAL CALON DEKAN 17 MEI 2022  

RUANG RAPAT SENAT FISIP UHO

4. PENYAMPAIAN  NAMA CALON DEKAN FISIP UHO KE REKTOR 17 MEI 2022 REKTORAT UHO
TAHAP PEMILIHAN DEKAN
1. RAPAT KHUSUS SENAT FAKULTAS SECARA TERTUTUP UNTUK  PEMILIHAN CALON DEKAN FISIP UHO PERIODE 2022-2026 20  MEI 2022 RUANG RAPAT SENAT FISIP UHO
2. PENETAPAN 1 (SATU) NAMA CALON DEKAN TERPILIH 20  MEI 2022  RUANG RAPAT SENAT FISIP UHO
3. PENYAMPAIAN NAMA CALON DEKAN TERPILIH OLEH KETUA SENAT KEPADA REKTOR UNIVERSITAS HALUOLEO 20  MEI 2022 REKTORAT UHO

Infographis Jadwal Tahapan Pemilihan dapat diunduh di sini


PERSYARATAN CALON DEKAN FISIP UHO PERIODE 2022-2026

Persyaratan Calon Dekan meliputi

  1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  2. Dosen pegawai negeri sipil;
  3. Berusia paling tinggi 61 (enam puluh satu) tahun pada saat ditetapkan oleh pejabat yang berwenang mengangkat.
  4. Memiliki pengalaman manajerial di lingkungan perguruan tinggi paling rendah sebagai Ketua Jurusan paling sedikit 2 (dua) tahun;
  5. Berpendidikan doktor (S3);
  6. Menduduki jabatan paling rendah Lektor Kepala;
  7. Bersedia dicalonkan menjadi Dekan yang dinyatakan secara tertulis;
  8. Memiliki setiap unsur daftar penilaian pelaksanaan pekerjaan (DP3) bernilai baik dalam 2 (dua) tahun terakhir;
  9. Tidak sedang menjalani tugas belajar lebih dari 6 (enam) bulan yang dinyatakan secara tertulis;
  10. Tidak pernah dipidana berdasarkan keputusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap karena melakukan perbuatan yang diancam pidana kurungan;
  11. Tidak merangkap jabatan di dalam atau di luar Universitas.

Persyaratan Kelengkapan Administrasi

  1. Fotocopy KTP.
  2. Fotocopy KARPEG.
  3. Fotocopy Ijazah S3.
  4. Fotocopy Dokumen pengalaman manajerial di lingkungan perguruan tinggi paling rendah Ketua Jurusan, paling sedikit 2 tahun.
  5. Fotocopy Surat Keputusan Jabatan fungsional terakhir paling rendah Lektor Kepala.
  6. Surat Pernyataan tertulis kesediaan menjadi Dekan FISIP. (Form Surat dapat diunduh di sini)
  7. Fotocopy DP3 atau SKP dalam 2 tahun terakhir (Tahun 2020 dan 2021).
  8. Surat Pernyataan tertulis tidak sedang menjalani tugas belajar lebih dari 6 bulan. (Form Surat dapat diunduh di sini)
  9. Surat Keterangan tidak pernah dipidana berdasarkan keputusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap karena melakukan perbuatan yang diancam pidana kurungan ( Keterangan Pengadilan Negeri Kendari).
  10. Surat Pernyataan tidak merangkap jabatan di luar Universitas. (Form Surat dapat diunduh di sini)
  11. Surat keterangan sehat jasmani dan rohani
  12. Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN)/Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) tahun terakhir; dan
  13. Dokumen Visi Misi dan Program Kerja Calon Dekan

Versi Pdf dapat diunduh di sini


Evaluasi Penyusunan Kurikulum Merdeka Belajar dan Penyempurnaan RPS

0_0_IMG20211109094058

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik menyelenggarakan evaluasi penyusunan kurikulum merdeka dan penyempurnaan RPS.

Kegiatan yang berlangsung pada hari selasa (09/11/2021), dibuka langsung oleh Dekan Fisip, Dr. La Tarifu, S.Pd.,M.Si.

Kegiatan yang berlangsung selama satu hari ini, dihadiri oleh seluruh unsur pimpinan lingkup fakultas, para ketua dan sekretaris jurusa, ketua program studi, dan para kepala laboratium.0_IMG20211109145911

Kegiatan ini dirangkaikan dengan launching aplikasi SIDA (Sistem Informasi Data Akademik).

SELEKSI PILMAPRES FISIP UHO 2022

WhatsApp Image 2022-03-09 at 2.08.08 PM (1)

Syarat Peserta :

  • Mahasiswa Aktif Program Sarjana dalam lingkup FISIP UHO maksimal semester VII dibuktikan dengan KHS/KRS terakhir.
  • Berusia tidak lebih dari 22 tahun pada tanggal 1 Januari 2022 yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau dokumen pendukung lain.
  • Belum pernah menjadi finalis Pilmapres Tingkat Nasional;
  • Memiliki kemampuan Berbahasa Inggris (Pasif/Aktif)
  • Menuliskan portofolio Capaian Unggulan (CU). Template pengisian portofolio CU dapat dilihat pada link di bawah
  • Menuliskan naskah gagasan kreatif (GK) untuk menyelesaikan masalah pembangunan yang berkaitan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) atau Revolusi Industri 4.0. Format/template penyusunan naskah GK dapat dilihat dalam link dibawah
  • Mengisi Form Pendaftaran Peserta pada laman dibawah dan mengunggah File Foto Peserta (berwarna) Format JPEG/PNG, dalam form pendaftaran
  • Semua berkas wajib dikumpulkan pada saat seleksi.

1. TEMPLATE CAPAIAN UNGGULAN (CU)

Keterangan Capaian Unggulan dapat dibaca di dalam template

click logo


2. TEMPLATE NASKAH GAGASAN KREATIF (GK)

Keterangan naskah GK dapat dibaca di dalam template

click logo


3. FORM PENDAFTARAN

click logo

MENINGKATKAN KUALITAS KARYA ILMIAH, DOSEN FISIP UHO GELAR UJI PLAGIARISME DAN TEKNIK PARAFRASE

WhatsApp Image 2021-09-24 at 19.17.26

Sabtu 25 september 2021, dosen FISIP UHO menggelar kegiatan pelatihan dengan tema teknik penulisan paraphrase dan pemahaman sistem kerja turnitin dalam upaya meningkatkan kualitas karya tulis ilmiah mahasiswa.

Pemateri kegiatan ini adalah salah satu dosen FISIP UHO yaitu Faturachman Alputra, S.IP.,M.A. dan didampingi oleh moderator, La Ode Herman Halika, S.IP., M.I.Kom. Selain memberikan pemahaman konsep dan teori, dilakukan juga praktik uji turnitin dan paraphrase karya tulis peserta.
Kegiatan ini sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat (PKM) dengan memperoleh dana hibah pengabdian internal Universitas Halu Oleo melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) yang beranggotakan; Wa Ode Lusianai, Fera Tri Susilawaty, Aryuni Salpiana Jabar, Hasriany Amin, dan Desy Liliana Husain.

IMG_0388
Sebagai bentuk kegiatan yang berbasis kemitraan, kegiatan ini diikuti oleh sejumlah mahasiswa perwakilan setiap program studi yang ada di FISIP UHO sebagai mitra PKM.

Bertempat di warkop diploma coffee, kegiatan yang berlangsung seahri ini diikuti dengan penuh antusias oleh peserta yang rata-rata sedang dalam masa penyusunan tugas akhir (skripsi)

Kurangnya pemahaman mitra akan sistem kerja turnitin serta metode pengutipan dengan teknik penulisan parafrase untuk menghindari plagiasi dan lolos turnitine menjadi dasar pelaksanaan program PKM ini.

Setelah mengikuti kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat melakukan paraphrase dan menghindari plagiasi sebagai bentuk integritas akademik dan menghasilkan karya tulis mahasiswa (skripsi) yang lebih berkualitas.

Informasi Pelaksanaan Survei Kepuasan

WhatsApp Image 2021-09-07 at 19.40.29

Dalam rangka mengetahui kepuasaan pengguna terhadap mahasiswa, alumni, mitra kerjasama, dan pengguna alumni maka dimohon kepada Bapak/Ibu Ketua Jurusan untuk mengarahkan pengisian Kuisioner agar mencapai 60% dari total populasi pada setiap kategori pada link berikut:

  1. http://siakadbeta.uho.ac.id/ (Pengisian kuisioner untuk mahasiswa).
  2. https://sipk.uho.ac.id/kuisioner-alumni/ (Pengisian kuisioner untuk alumni 5 tahun terakhir).
  3. http://sipk.uho.ac.id/kuisioner-mitra (Pengisian kuisioner untuk mitra kerjasama baik kerjasama bidang pendidikan, penelitian maupun pengabdian)
  4. http://sipk.uho.ac.id/kuisioner-pengguna-lulusan (Pengisian kuisioner untuk pengguna lulusan)

Pengisian kuisioner ini dilaksanakan pada tanggal 7-12 september 2021. Data hasil kuisioner akan dimanfaatkan untuk akreditasi institusi dan program studi. Untuk itu, partisipasi dari semua unsur dalam pengisian kuisioner ini sangat dibutuhkan demi perbaikan UHO kedepan.

SIDAFISIP Wujud Reformasi Birokrasi

SIDA (1)

Fakultas  Ilmu   Sosial   dan   Ilmu   Politik   sebagai   bagian  integral  dari Universitas Halu  Oleo  secara  umum bertujuan untuk menjadi fakultas yang maju  atau  unggul dalam membentuk SDM yang  profesional dan berkelanjutan sehingga  tercipta  kondisi  yang   mampu  mendorong  dihasilkannya  alumni- alumni yang berkualitas, menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan  memberikan bantuan keahlian dalam memecahkan masalah yang ada di masyarakat

Reformasi birokrasi FISIP UHO  adalah suatu gerakan untuk melakukan perubahan  mendasar, utamanya  terhadap  budaya  kerja    aparatur   (ASN) melalui   perubahan    sistem    penyelenggaraan  birokrasi pemerintahan  yang meliputi nilai-nilai, pengawasan, akuntabilitas, ketatalaksanaan, kelembagaan, sumberdaya ASN,  peraturan perundangan  dan   pelayanan  publik, sehingga nantinya  ASN  diharapkan  mampu  menjadi pelaku  perubahan, berinovasi, berefisiensi, efektifitas, produktivitas, transparansi, disiplin, dan  memiliki etos kerja pegawai.

Oleh karena itu, FISIP UHO melakukan pembenahan dan peningkatan  kualitas birokrasi dan  kualitas pelayanan publik salah  satunya dengan meluncurkan program Aplikasi SIDASIP (Sistem Informasi Data FISIP).  Melalui aplikasi  SIDA  dapat  mendorong  terselenggaranya tata kelola pemerintahan yang  baik (good governance).

Untuk mewujudkan tujuan reformasi birokrasi, dirumuskan sasaran reformasi birokrasi   yang  harus  dicapai adalah adalah: 1.  Birokrasi   yang   bersih   dan Akuntabel 2) Birokrasi  yang  kapabel 3) Pelayanan Publik  yang  prima. Untuk mewujudkan ketiga sasaran reformasi birokrasi sebagaimana disebutkan di atas, FISIP-UHO  mengikuti ketetapan irama  reformasi birokrasi sebagaimana yang diamanatkan dalam PermenPAN-RB Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Peta  Jalan (Road Map)  Reformasi Birokrasi   2020-2024  dan  Dokumen Peraturan  Menteri Kementerian Riset,  Teknologi,  Dan   Pendidikan  Tinggi   Republik  Indonesia Nomor 39 Tahun 2018 tentang Peta Jalan Reformasi Birokrasi  Kementerian Riset, Teknologi,  Dan  Pendidikan  Tinggi   Tahun  2015-2019,  yang   intinya pada  8 (delapan) area  perubahan birokrasi. Dalam pelaksanaanya, SIDAFISIP juga memiliki roadmap sebagai panduan. Roadmap SIDAFISIP dapat di dilhat disini

Tujuan Road   Map   Penggunaan  Aplikasi  SIDA   adalah  menciptakan birokrasi pemerintah  FISIP UHO   yang   berbasis  kinerja      (performance based bureaucracy) yang  berkarakter : 1) efisien,  efektif  dan  ekonomis;   2) difokuskan pada upaya untuk  mewujudkan outcomes (hasil);  3) menerapkan manajeman kinerja  yang  didukung dengan penerapan sistem  berbasis elektronik; 4) setiap individu  pegawai memiliki kontribusi yang  jelas  terhadap kinerja  organisasi. adapum Sasaran  Reformasi Birokrasi  FISIP-UHO  adalah birokrasi yang  bersih dan  akuntabel, birokrasi yang  efektif  dan  efisien,  dan  birokrasi yang  memiliki layanan public  yang berkualitas.

Melalui SIDAFISIP delapan area perubahaan reformasi birokrasi tergambar sebagai berikut : 1. Manajemen Perubahan : Mengubah  sistem,   pola  pikir   dan   budaya kerja menjadi lebih baik yang sesuai  dengan tujuan dan sasaran Reformasi Birokrasi, 2. Penataan Peraturan/Regulasi: Meningkatkan efektivitas pengelolaan peraturan/regulasi. 3. Penataan dan Penguatan Organisasi: Meningkatkan efisiensi dan  efektivitas organisasi di FISP-UHO secara proporsional sesuai dengan kebutuhan, sehingga organisasi menjadi tepat  fungsi  dan tepat  ukuran (rightsizing). 4. Penataan Tata Laksana : Meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem, proses, dan prosedur kerja. 5. Penataan Sumber  Daya   Manusia  :  Meningkatkan  profesionalisme  SDM aparatur di  FISIP-UHO  yang  didukung oleh  sistem  rekrutmen dan  promosi aparatur berbasis kompetensi, transparan. 6. Penguatan Akuntabilitas Kinerja; Meningkatkan kapasitas dan kapabilitas kinerja  birokrasi di FISIP-UHO. 7. Penguatan Pengawasan : Mewujudkan pemerintahan yang bersih dan  bebas KKN. 8. Peningkatan Kualitas  Pelayanan  Publik :  Memberikan  pelayanan  yang responsif dan berkualitas.