Informasi Pelaksanaan Survei Kepuasan

WhatsApp Image 2021-09-07 at 19.40.29

Dalam rangka mengetahui kepuasaan pengguna terhadap mahasiswa, alumni, mitra kerjasama, dan pengguna alumni maka dimohon kepada Bapak/Ibu Ketua Jurusan untuk mengarahkan pengisian Kuisioner agar mencapai 60% dari total populasi pada setiap kategori pada link berikut:

  1. http://siakadbeta.uho.ac.id/ (Pengisian kuisioner untuk mahasiswa).
  2. https://sipk.uho.ac.id/kuisioner-alumni/ (Pengisian kuisioner untuk alumni 5 tahun terakhir).
  3. http://sipk.uho.ac.id/kuisioner-mitra (Pengisian kuisioner untuk mitra kerjasama baik kerjasama bidang pendidikan, penelitian maupun pengabdian)
  4. http://sipk.uho.ac.id/kuisioner-pengguna-lulusan (Pengisian kuisioner untuk pengguna lulusan)

Pengisian kuisioner ini dilaksanakan pada tanggal 7-12 september 2021. Data hasil kuisioner akan dimanfaatkan untuk akreditasi institusi dan program studi. Untuk itu, partisipasi dari semua unsur dalam pengisian kuisioner ini sangat dibutuhkan demi perbaikan UHO kedepan.

SIDAFISIP Wujud Reformasi Birokrasi

SIDA (1)

Fakultas  Ilmu   Sosial   dan   Ilmu   Politik   sebagai   bagian  integral  dari Universitas Halu  Oleo  secara  umum bertujuan untuk menjadi fakultas yang maju  atau  unggul dalam membentuk SDM yang  profesional dan berkelanjutan sehingga  tercipta  kondisi  yang   mampu  mendorong  dihasilkannya  alumni- alumni yang berkualitas, menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan  memberikan bantuan keahlian dalam memecahkan masalah yang ada di masyarakat

Reformasi birokrasi FISIP UHO  adalah suatu gerakan untuk melakukan perubahan  mendasar, utamanya  terhadap  budaya  kerja    aparatur   (ASN) melalui   perubahan    sistem    penyelenggaraan  birokrasi pemerintahan  yang meliputi nilai-nilai, pengawasan, akuntabilitas, ketatalaksanaan, kelembagaan, sumberdaya ASN,  peraturan perundangan  dan   pelayanan  publik, sehingga nantinya  ASN  diharapkan  mampu  menjadi pelaku  perubahan, berinovasi, berefisiensi, efektifitas, produktivitas, transparansi, disiplin, dan  memiliki etos kerja pegawai.

Oleh karena itu, FISIP UHO melakukan pembenahan dan peningkatan  kualitas birokrasi dan  kualitas pelayanan publik salah  satunya dengan meluncurkan program Aplikasi SIDASIP (Sistem Informasi Data FISIP).  Melalui aplikasi  SIDA  dapat  mendorong  terselenggaranya tata kelola pemerintahan yang  baik (good governance).

Untuk mewujudkan tujuan reformasi birokrasi, dirumuskan sasaran reformasi birokrasi   yang  harus  dicapai adalah adalah: 1.  Birokrasi   yang   bersih   dan Akuntabel 2) Birokrasi  yang  kapabel 3) Pelayanan Publik  yang  prima. Untuk mewujudkan ketiga sasaran reformasi birokrasi sebagaimana disebutkan di atas, FISIP-UHO  mengikuti ketetapan irama  reformasi birokrasi sebagaimana yang diamanatkan dalam PermenPAN-RB Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Peta  Jalan (Road Map)  Reformasi Birokrasi   2020-2024  dan  Dokumen Peraturan  Menteri Kementerian Riset,  Teknologi,  Dan   Pendidikan  Tinggi   Republik  Indonesia Nomor 39 Tahun 2018 tentang Peta Jalan Reformasi Birokrasi  Kementerian Riset, Teknologi,  Dan  Pendidikan  Tinggi   Tahun  2015-2019,  yang   intinya pada  8 (delapan) area  perubahan birokrasi. Dalam pelaksanaanya, SIDAFISIP juga memiliki roadmap sebagai panduan. Roadmap SIDAFISIP dapat di dilhat disini

Tujuan Road   Map   Penggunaan  Aplikasi  SIDA   adalah  menciptakan birokrasi pemerintah  FISIP UHO   yang   berbasis  kinerja      (performance based bureaucracy) yang  berkarakter : 1) efisien,  efektif  dan  ekonomis;   2) difokuskan pada upaya untuk  mewujudkan outcomes (hasil);  3) menerapkan manajeman kinerja  yang  didukung dengan penerapan sistem  berbasis elektronik; 4) setiap individu  pegawai memiliki kontribusi yang  jelas  terhadap kinerja  organisasi. adapum Sasaran  Reformasi Birokrasi  FISIP-UHO  adalah birokrasi yang  bersih dan  akuntabel, birokrasi yang  efektif  dan  efisien,  dan  birokrasi yang  memiliki layanan public  yang berkualitas.

Melalui SIDAFISIP delapan area perubahaan reformasi birokrasi tergambar sebagai berikut : 1. Manajemen Perubahan : Mengubah  sistem,   pola  pikir   dan   budaya kerja menjadi lebih baik yang sesuai  dengan tujuan dan sasaran Reformasi Birokrasi, 2. Penataan Peraturan/Regulasi: Meningkatkan efektivitas pengelolaan peraturan/regulasi. 3. Penataan dan Penguatan Organisasi: Meningkatkan efisiensi dan  efektivitas organisasi di FISP-UHO secara proporsional sesuai dengan kebutuhan, sehingga organisasi menjadi tepat  fungsi  dan tepat  ukuran (rightsizing). 4. Penataan Tata Laksana : Meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem, proses, dan prosedur kerja. 5. Penataan Sumber  Daya   Manusia  :  Meningkatkan  profesionalisme  SDM aparatur di  FISIP-UHO  yang  didukung oleh  sistem  rekrutmen dan  promosi aparatur berbasis kompetensi, transparan. 6. Penguatan Akuntabilitas Kinerja; Meningkatkan kapasitas dan kapabilitas kinerja  birokrasi di FISIP-UHO. 7. Penguatan Pengawasan : Mewujudkan pemerintahan yang bersih dan  bebas KKN. 8. Peningkatan Kualitas  Pelayanan  Publik :  Memberikan  pelayanan  yang responsif dan berkualitas.

Rapat Pembahasan Dokumen, Instrumen dan Laporan Monev AMI

0_IMG20210823101301

Suasana rapat pembahasan dokumen AMI Fisip di aula Fisip UHO pada 23 agustus 2021

Menghadapi Audit Mutu Internal (AMI) dalam waktu dekat, Fisip UHO menyelenggarakan rapat untuk persiapan dokumen, instrumen dan laporan monev di aula fisip.

Rapat yang dilaksanakan pada 23 agustus ini dihadiri oleh seluruh pimpinan tingkat fakultas, para ketua jurusan, ketua program studi, kepala laboratorium lingkup Fisip UHO.

Melalui rapat ini disepakati pembagian tim dalam penyusunan dokumen serta instrumen dan laporan monev berdasarkan daftar tilik AMI  yakni daftar tilik pembelajaran, penelitian, pengabdian, dan tilik tambahan.

Rapat Persiapan Semester Ganjil 2021

0_IMG20210804105426

Bertempat di Aula Fisip, kegiatan rapat persiapan semester ganjil tahun 2021 dilaksanakan mulai pukul 10.00-12.00 wita.

Dihadiri oleh seluruh pejabat lingkup fisip baik ditingkat fakultas maupun jurusan/program studi.

Dibuka langsung oleh Dekan, Dr. La Tarifu, S.Pd.,M.Si didamping para wakil dekan, rapat membahas persiapan jurusan/prodi dalam menyambut semester ganjil yang akan dilaksanakan secara online dan offline.

INFORMASI PENTING : Saat Ini Pengurusan Bebas Pustaka dan Penyerahan Skripsi Dilakukan Secara Online

download (1)

Sejak agustus 2021, pengurusan bebas pustaka dan penyerahan skripsi di perpustakaan Fisip dilaksuanakan secara online.

Mahasiswa yang akan melakukan pengurusan bebas pustaka dan penyerahan skripsi untuk melakukan pengisian form melalui link : https;//bit.ly/RuangBaca_FISIPUHO.

Mahasiswa akan diarahkan untuk mengujungi website perpustakaan Fisip yang juga terkoneksi dengan website fakultas. Kedepan website ini akan terus dikembangka untuk berbagai keperluan mahasiswa di perpustakaan agar dilaksanakan secara online terlebih dimasa pandemi covid-19.

Berikut petunjuk pengurusan bebas pustaka dan penyerahan skripsi secara online :

  1. Bebas Pustaka Online
  2. Unggah Skripsi Online

Bagi mahasiswa yang kesulitan dalam pengurusan bebas pustaka dan penyerahan skripsi online dapat menghubungi pengelola perpustakaan Fisip melalui WA : 085394121332 (Wa Ode Lusianai).