Prodi Ilmu Komunikasi Gelar Kuliah Tamu “Teknik Komunikasi Penyiaran Digital”

IMG-20201019-WA0006
KENDARI – Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo mengadakan Kegiatan Kuliah Tamu dengan mengangkat “Teknik Komunikasi Penyiaran Digital”, Senin (19/10/2020).
Kegiatan Kuliah Tamu ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, La Tarifu, S.Pd., M.Si.

Kegiatan ini turut menghadirkan dua narasumber yaitu Sartika Sari Wardanhi, S.Sos., M.IKom dan Monika Wutun, S.Sos., M.Ikom.
Dimulai dengan sambutan-sambutan yang diberikan oleh Ketua Panitia, La Ode Herman, S.IP., M.Ikom,, dilanjutkan oleh Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi, Sumadi Dilla, S.Sos., M.Si, serta Dekan FISIP Universitas Halu Oleo, La Tarifu, S.Pd., M.Si, kegiatan Kuliah Tamu ini berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Dekan FISIP UHO, La Tarifu mengatakan, “besar harapan saya Jurusan Ilmu Komunikasi bisa bekerjasama lagi untuk menghadirkan dosen tamu dari Internasional”.
“Saya mengharapkan mahasiswa(i) Ilmu komunikasi dapat menerapkan pengetahuan keterampilan dalam mewujudkan mata kuliah praktikum di media baik secara lokal, nasional dan regional”, Ketua Panitia Kegiatan Kuliah Tamu, La Ode Herman, menambahkan.
Kegiatan ini berlangsung pukul 10.00- 11.40 WITA. Narasumber pertama, Sartika Sari Wardanhi, S.Sos., M.IKom, memaparkan materi dengan tema “Teknik Penyiaran Radio Digital”.

Dimulai dengan menjelaskan tentang Radio “Theatre of Mind”, perbandingan radio dulu dan Sekarang, karakteristik penyiaran radio, jenis-jenis media penyiaran, serta teknik dan kaidah siaran radio.

Dilanjutkan oleh Monika Wutun, S.Sos., M.Ikom sebagai pembicara kedua, dengan materi “Teknik Penyiaran Televisi Digital”. Dia memulai menjelaskan dengan runut mulai dari sejarah ide penyiaran televisi digital dimulai, bagaimana realitas kecendrungan konsumsi TV di dunia, bagaimana pelaksanaan penyiaran televisi digital di Indonesia, apa itu penyiaran televisi digital, jenis-jenis penyiaran televisi, sistem penyiaran televisi digital, kentungan dan kekurangan penyiaran televisi digital.

Tak lupa dijelaskan pula oleh narasumber apa sajakah kompetensi yang harus disiapkan oleh lulusan Ilmu Komunikasi, yang tentunya sangat berguna untuk bekal mahasiswa(i) Ilmu Komunikasi di masa yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *