SIDAFISIP Wujud Reformasi Birokrasi

SIDA (1)

Fakultas  Ilmu   Sosial   dan   Ilmu   Politik   sebagai   bagian  integral  dari Universitas Halu  Oleo  secara  umum bertujuan untuk menjadi fakultas yang maju  atau  unggul dalam membentuk SDM yang  profesional dan berkelanjutan sehingga  tercipta  kondisi  yang   mampu  mendorong  dihasilkannya  alumni- alumni yang berkualitas, menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan  memberikan bantuan keahlian dalam memecahkan masalah yang ada di masyarakat

Reformasi birokrasi FISIP UHO  adalah suatu gerakan untuk melakukan perubahan  mendasar, utamanya  terhadap  budaya  kerja    aparatur   (ASN) melalui   perubahan    sistem    penyelenggaraan  birokrasi pemerintahan  yang meliputi nilai-nilai, pengawasan, akuntabilitas, ketatalaksanaan, kelembagaan, sumberdaya ASN,  peraturan perundangan  dan   pelayanan  publik, sehingga nantinya  ASN  diharapkan  mampu  menjadi pelaku  perubahan, berinovasi, berefisiensi, efektifitas, produktivitas, transparansi, disiplin, dan  memiliki etos kerja pegawai.

Oleh karena itu, FISIP UHO melakukan pembenahan dan peningkatan  kualitas birokrasi dan  kualitas pelayanan publik salah  satunya dengan meluncurkan program Aplikasi SIDASIP (Sistem Informasi Data FISIP).  Melalui aplikasi  SIDA  dapat  mendorong  terselenggaranya tata kelola pemerintahan yang  baik (good governance).

Untuk mewujudkan tujuan reformasi birokrasi, dirumuskan sasaran reformasi birokrasi   yang  harus  dicapai adalah adalah: 1.  Birokrasi   yang   bersih   dan Akuntabel 2) Birokrasi  yang  kapabel 3) Pelayanan Publik  yang  prima. Untuk mewujudkan ketiga sasaran reformasi birokrasi sebagaimana disebutkan di atas, FISIP-UHO  mengikuti ketetapan irama  reformasi birokrasi sebagaimana yang diamanatkan dalam PermenPAN-RB Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Peta  Jalan (Road Map)  Reformasi Birokrasi   2020-2024  dan  Dokumen Peraturan  Menteri Kementerian Riset,  Teknologi,  Dan   Pendidikan  Tinggi   Republik  Indonesia Nomor 39 Tahun 2018 tentang Peta Jalan Reformasi Birokrasi  Kementerian Riset, Teknologi,  Dan  Pendidikan  Tinggi   Tahun  2015-2019,  yang   intinya pada  8 (delapan) area  perubahan birokrasi. Dalam pelaksanaanya, SIDAFISIP juga memiliki roadmap sebagai panduan. Roadmap SIDAFISIP dapat di dilhat disini

Tujuan Road   Map   Penggunaan  Aplikasi  SIDA   adalah  menciptakan birokrasi pemerintah  FISIP UHO   yang   berbasis  kinerja      (performance based bureaucracy) yang  berkarakter : 1) efisien,  efektif  dan  ekonomis;   2) difokuskan pada upaya untuk  mewujudkan outcomes (hasil);  3) menerapkan manajeman kinerja  yang  didukung dengan penerapan sistem  berbasis elektronik; 4) setiap individu  pegawai memiliki kontribusi yang  jelas  terhadap kinerja  organisasi. adapum Sasaran  Reformasi Birokrasi  FISIP-UHO  adalah birokrasi yang  bersih dan  akuntabel, birokrasi yang  efektif  dan  efisien,  dan  birokrasi yang  memiliki layanan public  yang berkualitas.

Melalui SIDAFISIP delapan area perubahaan reformasi birokrasi tergambar sebagai berikut : 1. Manajemen Perubahan : Mengubah  sistem,   pola  pikir   dan   budaya kerja menjadi lebih baik yang sesuai  dengan tujuan dan sasaran Reformasi Birokrasi, 2. Penataan Peraturan/Regulasi: Meningkatkan efektivitas pengelolaan peraturan/regulasi. 3. Penataan dan Penguatan Organisasi: Meningkatkan efisiensi dan  efektivitas organisasi di FISP-UHO secara proporsional sesuai dengan kebutuhan, sehingga organisasi menjadi tepat  fungsi  dan tepat  ukuran (rightsizing). 4. Penataan Tata Laksana : Meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem, proses, dan prosedur kerja. 5. Penataan Sumber  Daya   Manusia  :  Meningkatkan  profesionalisme  SDM aparatur di  FISIP-UHO  yang  didukung oleh  sistem  rekrutmen dan  promosi aparatur berbasis kompetensi, transparan. 6. Penguatan Akuntabilitas Kinerja; Meningkatkan kapasitas dan kapabilitas kinerja  birokrasi di FISIP-UHO. 7. Penguatan Pengawasan : Mewujudkan pemerintahan yang bersih dan  bebas KKN. 8. Peningkatan Kualitas  Pelayanan  Publik :  Memberikan  pelayanan  yang responsif dan berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *