REFORMASI BIROKRASI

REFORMASI BIROKRASI

Dengan semangat reformasi birokrasi, FISIP meluncurkan aplikasi SIDAFISIP (Sistem Informasi Data Fisip) https://sidafisip.uho.ac.id/ yang merupakan one stop repository data dan  dapat menjadi layanan terpadu bagi civitas akademika Fisip.

SIDAFISIP adalah sistem informasi yang menyediakan data Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang mencakup data kepegawaian, data akademik, serta data kemahasiswaan dan alumni. SIDAFISIP juga merupakan aplikasi terintegrasi yang berfokus pada penataan tata laksana, penguatan akuntabilitas dan penguatan kualitas pelayanan publik. Diharapkan aplikasi ini dapat membantu pelayanan administrasi secara online dan dapat mendukung program pemerintah dalam mengurangi penyebaran COVID-19.

SIDA (1)

SIDAFISIP mengakomodir delapan area perubahaan reformasi birokrasi : 1). Manajemen Perubahan : Mengubah  sistem,   pola  pikir   dan   budaya kerja menjadi lebih baik yang sesuai  dengan tujuan dan sasaran Reformasi Birokrasi, 2). Penataan Peraturan/Regulasi: Meningkatkan efektivitas pengelolaan peraturan/regulasi. 3). Penataan dan Penguatan Organisasi: Meningkatkan efisiensi dan  efektivitas organisasi di FISP-UHO secara proporsional sesuai dengan kebutuhan, sehingga organisasi menjadi tepat  fungsi  dan tepat  ukuran (rightsizing). 4). Penataan Tata Laksana : Meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem, proses, dan prosedur kerja. 5). Penataan Sumber  Daya   Manusia  :  Meningkatkan  profesionalisme  SDM aparatur di  FISIP-UHO  yang  didukung oleh  sistem  rekrutmen dan  promosi aparatur berbasis kompetensi, transparan. 6). Penguatan Akuntabilitas Kinerja; Meningkatkan kapasitas dan kapabilitas kinerja  birokrasi di FISIP-UHO. 7). Penguatan Pengawasan : Mewujudkan pemerintahan yang bersih dan  bebas KKN. 8). Peningkatan Kualitas  Pelayanan  Publik :  Memberikan  pelayanan  yang responsif dan berkualitas.

⇔ SIDAFISIP

⇔ ROADMAP SIDAFISIP

⇔ SIDAFISIP Wujud Reformasi Birokrasi