Profil

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan diresmikan pada tanggal 19 Agustus tahun 1981 sesuai dengan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 37 tahun 1981 yang memiliki dua jurusan, yakni Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial dan Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menjadi bagian dari terbentuknya Universitas Halu Oleo (berstatus negeri) pada 1981. Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 39/DIKTI/KEP/1986 tanggal 21 Agustus 1986 menetapkan sejumlah program studi pada setiap jurusan dalam lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Pada tahun 1986 keluar Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 39/DIKTI/KEP/1986 tanggal 21 Agustus 1986 tentang penetapan  jumlah program studi pada setiap jurusan dalam lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Program studi (S1) yang ditetapkan berdasarkan surat keputusan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Jurusan llmu Pendidikan, Program Studi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan.
  2. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni
  3. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  4. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
  5. Jurusan Pendidikan Matematika dan llmu Pengetahuan Alam
  6. Program Studi Pendidikan Matematika
  7. Program Studi Pendidikan Biologi
  8. Jurusan Pendidikan llmu Pengetahuan Sosial; Program Studi Pendidikan Moral Pancasila dan Kewargaan Negara.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan kini mengelola 17 jurusan/program studi dan 1 Program Profesi Guru dengan 8.150 mahasiswa. Dosen fakultas ini berjumlah 290 orang (225 dosen tetap PNS dan 65 dosen tetap non-PNS) serta 30 tenaga administrasi, teknisi, laboran dan tenaga staf. Dosen FKIP yang berkualifikasi pendidikan doktor/S3 berjumlah 78 orang dan 213 orang berpendidikan master/magister.  Dosen PNS dengan jabatan fungsional guru besar 13 orang, lektor kepala 88 orang, lektor 95 dan asisten ahli 29 orang.

Visi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan; Pada tahun  2019 “Menjadi fakultas bermutu dengan layanan prima, menghasilkan insan cerdas komprehensif sebagai pendidik profesional, adaptif, dan berkarakter mulia sesuai karakteristik wilayah kepulauan”.

FKIP sejak tahun 2016 mengirimkan mahasiswa ke luar negeri untuk melaksanakan praktik mengajar di Negara Asia Tenggara dalam kegiatan Student Teacher Exchange in Southeast Asia (SEA-Teacher Project) yang bekerjasama dengan Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO).

Akreditasi Program Studi lingkup Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Jurusan/Program Studi/Program

Peringkat Akreditasi

Pendidikan Matematika

A

Pendidikan Biologi

B

Pendidikan Fisika

B

Pendidikan Kimia

B

Pendidikan Ekonomi

B

Pendidikan Sejarah

B

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

B

Pendidikan Geografi

B

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

B

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

B

Pendidikan Bahasa Indonesia

B

Pendidikan Bahasa Inggris

B

Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi

B

Bimbingan Konseling

C

Pendidikan Akuntansi

C

Psikologi

C

Ilmu Keolahragaan

C

Program Pendidikan Profesi Guru

Mengikuti Akreditasi Prodi Induk