FPIK UHO Mengadakan Kuliah Umum Dengan Pemateri Ass. Prof Nina Yasuda Dari Miyazaki University

FPIK UHO mengadakan kuliah umum dengan pemateri Ass. Prof. Nina Yasuda yang berasal dari Miyazaki University. Kuliah umum dilaksanakan pada hari senin, tanggal 22 Juli 2019, pukul 09.00-11.00 WITA, bertempat di Ruang Aula Gedung Susi Pudjiastuti Lantai 3 FPIK UHO. Kuliah umum dihadiri oleh Dekan FPIK, Para Wakil Dekan, Para Kajur/Koordinator Prodi, Para Kepala lab dan Kepala unit lab, para dosen lingkup FPIK, mahasiswa S1, S2 dan S3. Tema kuliah umum “Integrated approach to reveal relative importance of coral region in japan and an introduction of the applications of novel population genomic methods MIG seq to examine species boundaries in the ocean”

1 2 3 4 6

FPIK Mengadakan Pelatihan Improvement Tampilan Website Jurnal Elektronik Lingkup FPIK

Dalam rangka meningkatkan jurnal ilmiah nasional terakreditasi di Lingkup FPIK UHO, maka dilakukan kegiatan “Pelatihan Improvement Tampilan Website Jurnal Elektronik ” dengan dihadiri oleh para pengelola jurnal online yang berasal dari 7 program studi lingkup FPIK..Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada hari Rabu, Tanggal 17 Juli 2019, pukul 09.00 WITA-Selesai..bertempat di Lab Komputasi, SIG dan Pemodelan FPIK UHO

1 2 3 4 5

FPIK Mengadakan Kegiatan Lokakarya Kurikulum Tahun 2019

Kegiatan Lokakarya Kurikulum FPIK UHO tahun 2019 dengan tema “Peningkatan Kualitas Materi Pembelajaran Melalui Sumbang Saran Dari Stakeholder” dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal  : Selasa, 16 Juli 2019

Waktu            : 08.00 WITA -Selesai

Tempat           : Aula Lantai 3 Gedung Susipudjiastuti FPIK UHO

Kegiatan lokakarya dihadiri oleh stakeholder dan para alumni FPIK UHO.

1 2 3 4 5

Dosen FPIK UHO Mengembangkan Pemeliharaan Ikan Nila Organik Berbasis Teknologi Aquaponik moderen

Dosen FPIK melaksanakan program Kemenristekdikti skema PPUPIK (Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus) tahun 2019. Dosen FPIK tersebut terdiri atas La Ode Abdul Rajab Nadia, S.Pi., M.Si sebagai ketua, beranggotakan Wa Ode Piliana, S.Pi., M.Si; Rosmawati, S.Pi., M.Si; dan La Ode Muhamad Hazairin Nadia, S.Pi., M.Si.

Kegiatan ini sudah terlaksana sejak Maret 2019 yang dimulai dengan penataan kolam. Pada tanggal 8 Juli 2019 dilaksanakan kegiatan penebaran benih ikan merah larasati di kolam air tawar FPIK UHO. Kegiatan penebaran benih dihadiri pula oleh Wakil Rektor IV bidang perencanaan, pengembangan dan kerjasama UHO (Armid, S.Si., M.Si., M.Sc., DSC), pejabat lingkup FPIK, dosen dan mahasiswa FPIK UHO.

Dekan FPIK UHO (Prof La Sara) berharap program tersebut dapat memacu kreativitas dan inovasi dosen dan mahasiswa dalam memajukan FPIK UHO

1 2 3 4

Dekan FPIK UHO Lepas Mahasiswa KKN-PPM Tahun 2019

Dekan FPIK UHO Prof La Sara Melepas KKN-PPM Mahasiswa yang akan berangkat Kuliah Kerja Nyata Selama 30 hari di 2 kabupaten di Sulawesi Tenggara yaitu Kabupaten Konawe (Desa Toolowawo) dan Kabupaten Konawe Selatan (Desa Batujaya). Kegiatan Pelepasan dilaksanakan pada hari Sabtu, 6 Juli 2019 pukul 09.00 WITA bertempat di Halaman FPIK (Depan Gedung Susi Pudjiastuti).

Pelepasan KKN-PPM tahun 2019 ini mengusung 2 tajuk yaitu “Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Melalui Pengoptimalan Profit Unit Usaha Rumah Tangga Menuju Kemandirian Usaha dan Berdaya Saing Serta Berkelanjutan di Desa Toolawawo” dan “Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Melalui Penciptaan Matapencaharian Alternatif dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Keluarga dan Menuju Desa Wisata”. Kegiatan KKN-PPM di Desa Toolawawo Kab Konawe di ketuai oleh Nurdiana A., S.Pi., M., Si dengan beranggotakan Sarini yusuf., S.Pi., M.Si dan Dr. Naslina alimina., S.Pi., M.Si. Sedangkan kegiatan KKN-PPM di Desa Batujaya Kab Konsel diketuai oleh Ira., S.Kel., M.Si dengan anggota Ratna Diyah Palupi., ST., M.Si dan Haslianti., S.Pi., M.Si..

1 3 4

FPIK UHO mengadakan pelatihan Pemetaan dan pengolahan data Remote sensing

Kegiatan pelatihan dan pemetaan dan pengolahan data remote sensing dilaksanakan mulai hari kamis-minggu, 4 juli-7 juli 2019. Peserta pelatihan berjumlah 40 orang, terdiri atas perwakilan masing-masing program studi, baik yang berasal dari FPIK maupun yang berada di luar FPIK. Peserta yang berasal dari FPIK terdiri atas program studi manajemen sumberdaya perairan, ilmu kelautan, oseanografi, dan perikanan tangkap. Sedangkan yang berasal dari luar FPIK terdiri atas prodi kesmas, pend. biologi, dan biologi mipa.

Kegiatan pembukaan dihadiri oleh Dekan FPIK (bapak Prof La Sara) dan para unsur pimpinan FPIK

1_IMG-20190704-WA0011 2_IMG-20190704-WA0008 3_IMG-20190704-WA0010 4_IMG-20190704-WA0006

FPIK UHO Bekerjasama Dengan Lembaga Swadaya Masyarakat Internasional (RARE) Mengadakan Pelatihan Survei Rumah Tangga Perikanan

FPIK UHO bekerjasama dengan salah satu lembaga swadaya masyarkat internasional yaitu RARE mengadakan Pelatihan Survei Rumah Tangga Perikanan (Household Fisheries Surveys). Kegiatan pelatihan tersebut dibuka secara resmi oleh Dekan FPIK UHO, Prof La Sara, MS., Ph.D. Pelatiahn ini dinahkodai oleh RARE dan diikuti oleh 54 orang peserta enumerator, terdiri dari 13 orang Dosen FPIK UHO dan 41 orang mahasiswa/alumni FPIK UHO. Survei akan dilaksanakan di beberapa titik area of interest (AOI) yang tersebar di 49 desa 17 kecamatan, mencakup kabupaten wakatobi, buton utara, buton selatan, buton tengah, konawe utara dan konawe kepulauan. Menurut Dr. Naslina alimina yang merupakan penanggungjawab/coordinator kegiatan ini mengatakan bahwa” ini merupakan salah satu bentuk kegiatan yang hasil akhirnya adalah data riil tentang kondisi masyarakat yang sebagian besar maupun kecil sumber kehidupannya bergantung pada hasil tangkapan laut, karena data yang diperoleh tersebut merupakan hasil wawancara  langsung para enumerator dengan masyarakat nelayan  selaku responden.” lebih lanjut beliau mengatakan agar kegiatan survei semacam ini bisa terus dilakukan dalam rentang waktu tertentu agar data-data yang diperoleh dapat bermanfaat untuk pengambilan kebijakan dalam bidang perikanan yang tentunya harapannya ke depan adalah ke arah peningkatan kesejahteraan nelayan yang semakin lebih baik dan juga kelestarian sumberdaya yang berkelanjutan..

1 2 3

Dekan FPIK Menghadiri Rapat 3rd Join Coordinating Commitee (JCCI) (Indonesa-Jepang) Indonesia

Dekan FPIK UHO (Prof La Sara ) menghadiri rapat 3rd Joint Coordinating Committee Indonesia (JCCI) Indonesia-Jepang yang diselenggarakan bekerjasama dengan Japan International Coorporation Agency (JICA). Kegiatan dilaksanakan pada:

Hari/tanggal   : Kamis, 27 Juni 2019

Waktu            : 08.30-11.30

Tempat          : Ruang rapat Arwana, Gedung GMB II, Lantai 14 Kantor Kementrian Kelautan dan Perikanan

Salah satu hasil keputusan Core and Network System Indonesia Workshop adalah UHO ditetapkan sebagai koordinator pelaksanaan Riset Blue CARBON untuk wilayah Sulawesi. Ini merupakan tantangan baru bagi FPIK UHO pada level nasional untuk terlibat dalam riset strategis pada mangrove, seagrass dan coral reef. Hasil keputusan tersebut akan ditindaklanjuti setelah Dekan FPIK kembali dari kegiatan.

1 2 3 17