Visi dan Misi

Visi PS Magister Kajian Budaya

Pada Tahun 2022: ―Menjadi Program Studi Magister yang unggul dalam memajukaan kebudayaan dan menghasilkan SDM berkarakter, cerdas, dan memiliki kompetensi dalam bidang kajian budaya dalam mendukung pembangunan di wilayah pesisir dan perdesaan‖.
Makna kata kunci Unggul, SDM berkarakter, cerdas, dan memiliki kompetensi adalah:
1) Unggul, berarti PS Magister Kajian Budaya diarahkan untuk menjadi Magister Sosial yang unggul dalam bidang kajian budaya guna mendukung pengembangan wilayah pesisir dan perdesaan, yang dijabarkan dalam empat profil lulusan yaitu: (1) Tenaga pendidik; (2) Konsultan/peneliti bidang kebudayaan; (3) Birokrasi; dan (4) Wirausaha. Termasuk kualitas karya ilmiah yang dihasilkan oleh sivitas akademika dalam berbagai kegiatan ilmiah dan kemasyarakatan ditingkat regional, nasional dan internasional.

2) SDM Berkarakter, artinya sivitas akademikanya yang mempunyai harga diri dan lulusan Program Studi Magister Kajian Budaya PPs-UHO yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki integritas, professional, religious, optimis, disiplin, inovatif, jujur, toleran dan bersemangat kebangsaan. Selanjutnya tingkat harkat kemanusiaan berpedoman pada keyakinan dasar nilai-nilai agama, nilai-nilai luhur dan menghargai eksistensi hak asasi manusia dengan prinsip kesetaraan dan keadilan.
3) Cerdas, meliputi: cerdas spiritual, cerdas emosional, cerdas sosial, cerdas intelektual, dan cerdas kinestetis. Artinya lulusan PS Magister Kajian Budaya diharapkan memiliki kecerdasan komprehensif meliputi kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasaan sosial dan kecerdasan spiritual serta kecerdasan kinestetik.
4) Kompetensi, artinya lulusan yang dihasilkan memiliki kemampuan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan dan implementasi ilmu pengetahuan dibidang kajian budaya. Rujukan standard kompetensi lulusan PS magister Kajian Budaya sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) berdasarkan Peraturan Presiden No. 8 tahun 2012, berdasarkan Permendikbud No. 49 Tahun 2014 dan Permenristedikti Nomor 44 Tahun 2015 yang meliputi sikap, pengetahuan, keterampilan umum dan keterampilan khusus.

 

Misi (M) Program Studi Magister Kajian Budaya adalah:
M1. Melaksanakan pendidikan yang bermutu, berdaya saing dan berbasis riset pada bidang kajian budaya dalam mendukung pembangunan wilayah pesisir dan perdesaan.
M2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pada bidang kajian budaya yang berorientasi pada publikasi jurnal nasional maupun internasional bereputasi serta perolehan HAKI.
M3. Mengembangkan potensi mahasiswa dibidang penalaran, seni budaya dan pariwisata serta peran mahasiswa dalam upaya memajukan kebudayaan untuk pengembangan budaya lokal sebagai tonggak kebudayaan nasional di era globalisasi.
M4. Meningkatkan kualitas sistem penjaminan mutu pendidikan dan sistem tata kelola PS magister kajian budaya yang berorientasi pada pelayanan prima.